Mengalami Beberapa Gejala Ini, Mungkin Anda Terkena Penyakit Kolesterol

Sponsored Links
.


Ciri-Ciri Terkena Penyakit Kolesterol – Kolesterol adalah lemak yang berada di dalam tubuh manusia, yang diproduksi oleh organ hati. Terdapat dua jenis kolesterol yakni LDL dan HDL. Kedua jenis kolesterol tersebut berbeda. Angka normal kolesterol dalam tubuh adalah di bawah 200 mg/dl. Sehingga jika kolesterol Anda mencapai atau melebihi 240 mg/dl, maka Anda memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung atau pun stroke.
Ciri-Ciri Terkena Penyakit Kolesterol
Ciri-Ciri Terkena Penyakit Kolesterol
Tips Kesehatan, Cara mengetahui kadar kolesterol, ciri-ciri kolesterol, cara mengetahui terkena kolesterol, gejala-gejala penyakit kolesterol,

LDL (Low Density Lipoprotein) atau biasa disebut dengan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan terjadinya pengendapan pada pembuluh darah arteri. Pengendapan tersebut dapat memicu beberapa penyakit seperti stroke atau pun penyakit jantung.

Sedangkan HDL (High Density Lipoprotein) atau biasa disebut kolesterol baik tidak menyebabkan pengendapan pada arteri dan justru berfungsi sebagai pelindung pembuluh darah dari adanya Aterosklerosis atau terbentuknya plak-plak yang mengendap pada dinding pembuluh darah serta menghindari serangan penyakit jantung koroner.

Ciri-ciri Penyakit Kolesterol
Bagi beberapa orang yang mengalami kolesterol tinggi, kadang tidak merasakan atau pun menunjukkan gejala atau ciri-ciri khusus. Namun ada beberapa ciri-ciri pada orang yang memiliki atau terkena kolesterol tinggi. Berikut beberapa ciri-cirinya :
  • Merasakan rasa pegal, berat atau sakit pada bagian tengkuk, bagian pundak hingga bagian kepala belakang.
  • Penderita kolesterol tinggi juga akan lebih sering mengalami rasa sakit di kepala seperti pusing-pusing.
  • Penderita akan lebih sering merasa mengantuk.
  • Menjadi mudah lelah atau letih.
  • Mengalami pembengkakan pada bagian kaki.
  • Beberapa orang merasakan gejala mulai munculnya benjolan yang biasa disebut anthomas berwarna merah yang diakibatkan karena Anda mengalami lonjakan kolesterol atau kolesterol tinggi.
Rasa berat, pegal atau sakit di bagian kepala belakang, tengkuk hingga pundak tersebut diakibatkan karena telah terjadi hambatan suplai darah dan oksigen pada bagian-bagian yang mengalami rasa sakit. Penyumbatan tersebut terjadi karena sudah terjadi penumpukan plak-plak dari LDL pada pembuluh darah.

Jika Anda sudah mulai sering sakit kepala, hal tersebut menandakan bahwa mulai terjadi peningkatan kolesterol dalam tubuh Anda. Peningkatan tersebut akan menyebabkan terjadinya pengerasan pada pembuluh darah dan berdampak pada terhambatnya suplai darah yang menuju ke otak.

Anda menjadi lebih mudah mengantuk. Hal tersebut diakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah bahkan kolesterol yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan tertutupnya pembuluh darah. Penyumbatan pada pembuluh darah tersebut akan berpengaruh pada proses suplai oksigen ke otak. Jika hjal tersebut terjadi maka akibatnya Anda menjadi lebih sering mengantuk.

Beberapa gejala atau ciri-ciri tersebut di atas akan lebih sering Anda rasakan terlebih jika sudah mencapai usia 30 tahun ke atas. Jika beberapa gejala atau ciri tersebut di atas mulai sering Anda rasakan, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau cek laboratorium secara lebih terperinci.

Untuk lebih akurat Anda harus mengetahui berapa kadar kolesterol dalam tubuh Anda, dengan cara tes laboratorium. Jika terbukti tinggi maka Anda harus segera menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Beberapa cara untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran namun jangan dimasak dengan campuran santan, jika Anda ingin minum susu maka minumlah susu tanpa lemak, jika Anda ingin memakan telur makanlah bagian putih telurnya saja. Anda dapat menurunkan kolesterol dengan merubah pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat lagi.

Nah, demikian beberapa informasi mengenai koleseterol serta ciri-ciri penyakit kolesterol tersebut. Semoga informasi tersebut di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive