Loading...

Inilah Bahaya Mandi Pada Malam Hari!! Tolong Sebarkan Artikel Ini Kepada Yang lain Semoga Bermanfaat!!

Sponsored Links
Loading...
Loading...

Kerapkali kita memperoleh teguran dari orangtua atau orang-orang terdekat waktu kita mandi pada malam hari. Mereka katakan mandi malam-malam tidak baik untuk kesehatan. Kita dapat terserang berbagai jenis penyakit seperti reumatik serta lain sebagainya.

Lantas bagaimanakah bila lantaran aktivitas, kita mesti melakukannya?

Apakah benar apa yang mereka katakan itu? berikut adalah efek bahaya mandi malam hari untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Mandi malam mengakibatkan rematik

Reumatik yaitu penyakit autoimun, yakni penyakit yang terjadi pada peradangan persendian, hingga seorang yang terserang penyakit ini bakal merasakan nyeri pada sendi yang terkena.

Penyebab reumatik sendiri belum terlalu terang, menurut beberapa pakar kesehatan penyakit ini dikarenakan oleh kelainan genetik yang menyerang orang yang sudah bersia produktif.

Mengenai gejala reumatik tersebut yaitu seperti berikut :

Nyeri pada persendian
Ada warna kemerahan pada sendi
Daerah persendian terasa hangat waktu diraba
Sendi kaku waktu pagi hari
Menurunnya fungsi bagian persendian yang terkena

Penyakit ini termasuk tidak berbahaya, walau demikian bila ada gejala reumatik cepatlah menghubungi dokter. Apabila anda yaitu penderita reumatik sebaiknya bila sangat terpaksa mandi pada malam hari, gunakanlah air yang hangat. Lantaran air yang dingin bisa memperparah penyakit anda.

2. Mandi malam mengakibatkan penuaan dini

Mandi malam dapat mempercepat penuaan dini. Sebagian orang menyampaikan bahwa tubuh tidak kuat terima rangsangan air dingin waktu kita mandi malam, hal semacam ini menyebabkan metabolisme tubuh bertambah. Karenanya tubuh membutuhkan suplai kalori serta oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya.

3. Mandi Malam Menyebabkan Paru Paru Basah

Mandi malam dapat mengakibatkan paru-paru basah. Mitos ini dapat tidaklah benar. Paru-paru basah dikarenakan oleh infeksi virus serta bakteri yang datang dari udara. Penderita biasanya alami batuk berdahak, sulit bernafas, sampai badannya menggigil.

Mengenai beberapa gejala dari penyakit ini yaitu :

Pada manusia berumur di atas 65 tahun, suhu tubuh bakal lebih rendah dari suhu normal.
Penderita alami batuk berdahak
Merasa nyeri pada dada waktu bernafas serta batuk
Sesak nafas (asma)
Demam
Tingkat kelelahan yang tinggi
Pusing
Mual diikuti muntah-muntah
Diare
Penyakit ini tidak dapat sembuh dalam waktu yang lama. Gejala paru-paru basah ringan serupa dengan penderita flu serta batuk biasa.

4. Asam Urat
Bisa menyebabkan serangan asam urat. Penyakit ini sebenarnya terjadi lantaran banyak mengkonsumsi zat purin dalam tubuh kita hingga kandungan asam urat dalam tubuh bertambah. Serta hal itu bisa menyebabkan ginjal tidak dapat menampung maupun membuang zat itu.

Mengenai gejala penyakit ini yaitu :

Persendian merasa ngilu,
nyeri,
bengkak serta kemerahan.
Terlebih pada pagi serta malam hari. Frekuensinya sangatlah sering terjadi. Serta untuk yang telah parah, jadi waktu menggerakkan anggota badan bakal merasa sakit sekali. Biasanya penyakit ini menyerang sendi jari tangan, kaki, tumit, siku, dan pergelangan tangan. Bila anda alami penyakit ini, baiknya juga menghindari bahaya kopi.


Pencegahan

Langkah pencegahannya yaitu dengan menghindari makanan yang banyak terkandung zat purin seperti kacang-kacangan, jeroan, sea food, makanan dalam kaleng, serta makanan yang memiliki kandungan zat purin yang lain.

Jadi yang perlu digaris bawahi yaitu bahwa mandi malam tidaklah penyebab dari beragam jenis penyakit diatas.

5. Mandi malam mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu

Ketika anda mandi malam, jadi anda mesti berhati-hati lantaran dapat mengganggu metabolisme tubuh, kenapa dapat demikian? hal semacam ini karena saat malam hari, suhu tubuh cenderung telah mulai melemah serta memerlukan istirahat. Bila kita mandi serta pori-pori terbuka jadi air bakal masuk ke tubuh serta mengakibatkan masalah hormon tubuh.

6. Mandi malam mengakibatkan masuk angin

Malam hari yaitu waktunya tubuh beristirahat, mandi malam hari nyatanya beberapa juga dapat mengakibatkan tubuh masuk angin serta meriang. Terlebih bila suhu tubuh anda waktu mandi masih tetap tinggi serta panas.

7. Mandi malam dapat membuat demam

Terkait pori pori tubuh serta panas tubuh mulai bertambah pada malam hari, baiknya anda menghindarinya. Hal semacam ini dikarenakan bila tubuh “panas” kita disiram air dingin saat malam hari jadi pori pori yang sedang terbuka bakal membuat badan panas serta dingin seperti demam.

8. Mandi malam bisa beresiko pada nyeri otot

Banyak orang yang mandi malam hari rasakan nyeri otot, hal semacam ini disebabkan karena air dingin pada malam hari seperti merasuki tubuh lewat pori pori tubuh.

Apakah bahaya mandi malam ini cuma mitos?

Beberapa pakar kesehatan menyampaikan bahwa mitos perihal mandi malam bisa mengakibatkan reumatik itu yaitu tidak benar adanya. Beberapa pakar juga menyampaikan bahwa itu bukanlah fator paling utama pemicu penuaan dini, mungkin saja hal itu terjadi lantaran kondisi stress waktu bekerja, lantaran masalah penyakit, keturunan, serta faktor psikologis yang lain.

Tetapi apa pun itu sebaiknya kita hindari rutinitas di luar pola hidup kita ini.

Di balik bahayanya, nyatanya manfaat mandi malam juga cukup baik. Demikian sebaliknya, mandi saat malam hari malah bakal memberi dampak baik untuk tubuh kita seperti :

Bisa kembalikan kondisi fisik serta emosi. Sesudah melakukan aktivitas seharian, pasti tubuh bakal merasa capek serta kadang stress pun melanda. Dengan mandi jadi tubuh bakal kembali segar lantaran toksin-toksin di dalam tubuh dapat keluar.

Menghindar insomnia (masalah tidur). Bila selepas beraktifitas, tubuh kita bakal merasa lengket oleh keringat, serta itu dapat menyebabkan kita sulit untuk beristirahat pada malam hari. Dengan mandi, jadi rasa lengket di tubuh bakal hilang, serta kita dapat tidur dengan pulas tanpa ada masalah rasa gatal maupun lengket di tubuh.

Dengan mandi bisa memberi ketenangan.
Bisa turunkan tekanan darah. Untuk pasien tekanan darah tinggi disarankan untuk sering-sering mandi pada malam hari.

Di balik mitos-mitos yang ditemukan di kelompok masyarakat, baiknya kita lebih bijak dalam menyikapinya. Jangan sampai kita dianggap tidak ingin mendengarkan nasehat orang lain. Dampak bahaya mandi malam hari mungkin saja saja bisa menyerang diri kita sendiri.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...