Pernah Menemukan Benjolan Seperti Ini di Tangan atau Kaki? Sebelum Terlambat Tangani Dengan Cara Ini

Sponsored Links
.


Apakah Anda mendadak rasakan benjolan di pergelangan tangan? Mungkin saja saja benjolan ini yakni ganglion cysts atau kista kantong sendi.

Gumpalan ganglion yakni tipe massa yang menonjol dan nampak di tangan serta dapat tumbuh di bagian atas, samping, atau bawah pergelangan tangan. Gumpalan ganglion bisa pula nampak di ujung persendian jari-jari hingga di bagian bawah jari-jari dalam bermacam ukuran.

Kadang-kadang, ganglion dapat tumbuh makin besar jika pergelangan tangan terus-menerus beraktivitas. Demikian sebaliknya, semakin sedikit aktivitas pergelangan tangan, benjolan ganglion dapat juga semakin mengecil.

Ganglion dapat keluar dari persendian dan berbentuk sama balon. Segi dalam dari balon menggumpal itu terasa tak tidak tebal, licin, cair, dan sama cairan yang melubrikasi persendian.

Ganglion biasanya berlangsung pada orang yang berusia 15 – 40 th. dan biasanya dihadapi wanita atau pesenam. Ganglion yang tumbuh di ujung sendi jari disebut kista mucous yang nampak lantaran artritis pada sendi jari-jari. Tetapi, kista mucous ini biasanya nampak pada orang yang berusia 40 – 70 th..

Gejala
Normalnya, ganglion tak mengakibatkan sinyal tanda apa pun. Namun saat gumpalan cairannya menekan saraf-saraf, dapat nampak rasa sakit, geli, dan lemah otot.

Walaupun demikian, sinyal tanda kista ganglion umumnya yakni :

Benjolan yang menjadi membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari
Bulat, kenyal, dan halus
Di isi cairan
Ukuran tergantung pada tingkat aktivitas sendi, jadi makin besar waktu sering menggerakkan sendi yang diserang dan tumbuh lebih kecil waktu sendi banyak diistirahatkan
Biasanya tak sakit, walaupun dalam beberapa permasalahan kista dapat menyebabkan desakan pada saraf dekat sendi, yang dapat menyebabkan rasa sakit, kekurangan, atau mati rasa.
Langkah meyakinkan memiliki resiko tidaknya ganglion bisa lewat kontrol foto rontgen pergelangan tangan yang dapat memperlihatkan susunan tulang, kesempatan ada artritis, maupun tumor tulang. Kontrol ini biasanya ditunjang MRI atau USG supaya jaringan lunak seperti ganglion bisa terlihat lebih jelas.

Pengobatan
Hadirnya tonjolan akibat kista ganglion dapat hilang dengan sendirinya tidak ada memerlukan pengobatan.

Walaupun itu apabila hadirnya kista ganglion kenyataannya mengganggu atau menyakitkan, makan ia juga memerlukan perawatan dan pengobatan.

Beberapa pilihan pengobatan kista ganglion yang dapat direferensikan, salah satunya :

1. Imobilisasi
Lantaran aktivitas sendi dapat bikin kista ganglion tumbuh makin besar, dokter dapat merekomendasikan memakai balutan atau pembebat pada pergelangan tangan untuk imobilisasi daerah itu.

Hal semacam itu dapat membantu daerah yang diserang untuk beristirahat, sampai dapat membantu mengecilkan kista. Waktu kista menyusut, jadi dapat kurangi desakan pada saraf, sampai dapat singkirkan rasa sakit.

2. Aspirasi
Dalam input, dokter bakal menguras cairan dari kista. Untuk mengerjakannya, dokter bakal kerjakan prosedur anestesi lokal. Lantas, dokter menusuk kista dengan jarum dan mengambil cairan dari dalam kista dengan jarum suntik.

Dokter mungkin saja saja mereferensikan suntikan steroid ke kista yang kosong setelah input. Setelah input, beberapa 60 persen dari kista ganglion masih tetap dapat kambuh. Apabila kista kambuh, input dapat diulang.

Namun, dalam beberapa permasalahan dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat kista itu.

3. Operasi
Apabila memiliki rasa sakit yang utama atau kesulitan dengan gerakan sendi, atau apabila pengobatan yang lain tak bekerja, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat kista ganglion.

Dalam biasanya permasalahan, dokter kerjakan operasi pada pasien tidak ada membutuhkan rawat inap. Sampai setelah operasi pasien dapat selekasnya pulang.

Sumber : info-kesehatan01. blogspot. co. id
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive