Loading...

Binahong si Tanaman Ajaib Obat Segala Macam Penyakit

Sponsored Links
Loading...
Loading...

Manfaat Binahong - Binahong, ketika mendengar nama itu saya merasa asing. Kata itu saya dengar pas saya pulang kampung bersama istri dan anak – anak, kebetulan anak saya terluka karena jatuh saat bermain. Ibu saya waktu itu menyuruh saya untuk memberikan daun binahong ke bagian yang luka tersebut. Dan waktu itu saya nurut aja dan Alhamdulillah luka anak sayapun esoknya udah mengering. Kemudian ketika pulang, saya dibawain umbi binahong tersebut oleh ibu saya dan sesampai di rumah, umbi tersebut saya tanam. Hal ini terjadi sekitar 4 tahun yang lalu dan sekarang ibu dan bapak saya sudah meninggal tahun 2010 yang lalu. Semoga amal kebaikannya diterima Allah Subhanahu Wa Ta’alaa dan semoga Allah menyayangi mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil. Amien.
Manfaat Binahong
Manfaat Binahong
Kembali ke binahong, tanaman ini kembali saya lirik ketika saya sakit wasir/ambeien. Kejadiannyapun juga secara tidak terduga. Saat itu ketika sakit saya sudah mulai menyiksa, saya mulai mencari cari obat untuk penyakit saya ini. Saya memang tidak ke rumah sakit karena saya takut kalau dioperasi seperti teman teman saya yang lain, karena katanya sakit sekali. Dan ketika saya coba searhing di google, ternyata saya dapatkan begitu banyak manfaat tumbuhan ini termasuk untuk mengobati wasir yang saya derita. Saya sempat geleng geleng kepala, ternyata obat yang selama ini saya cari ada di samping rumah dan sudah tahunan saya abaikan. Singkat cerita, sayapun segera mengkonsumsi daun binahong tersebut selama beberapa hari, dan hasilnya wasir yang sangat menyiksa saya saat buang air besar sudah sirna. Alhamdulillah. Makanya ketika tetangga saya ada yang bercerita kalau istrinya kena ambeien parah, segera saya sarankan juga untuk mengkonsumsi binahong ini. Begitu juga ketika adik ipar saya kena maag akut segera saya suruh istri saya untuk membuat juice binahong yang saya campur apukat untuk menghilangkan bau binahong yang kurang sedap, hasilnya pada hari ke 3 adik saya sudah sembuh total.

Akhirnya karena mengingat khasiat dari tumbuhan tersebut dan banyaknya teman yang pada mengeluh karena terkena wasir/ambeien, saya bawalah beberapa umbi binahong tersebut dan saya tanam di belakang kantor saya. Dan Alhamdulillah sekarang sudah besar dan merambat kemana- mana, teman – teman juga sudah banyak yang mengambil manfaat dari tanaman yang saya tanam ini. Dan kami di kantor kalau sarapan pagi, daun binahong menjadi sayuran wajib untuk campuran bikin Indomie.

Untuk menghilangkan rasa penasaran bagi pembaca, di bawah ini saya sertakan juga apa itu binahong dan manfaat tanaman ini yang saya ambil dari beberapa website (yang saya sudah lupa juga sumbernya darimana dan saya juga minta maaf karena tidak menyebutkan sumbernya), siapa tahu bisa bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan.

Binahong adalah tanaman merambat yang panjangnya bisa mencapai 5 meter, berbatang lunak dan berdaun tebal yang di dalamnya mengandung lendir. Di daratanChina tanaman ini dikenal dengan nama “Dheng San Chi dan sudah dikenal selama ribuan tahun sebagai tanaman yang berkhasiat luar biasa untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, sehingga tanaman ini sudah lama dikonsumsi olah bangsa China, Korea dan Taiwan.

Khasiat tanaman binahong antara lain :

1. Menyembuhkan luka dalam dan luar
  • Baru Operasi
  • Thipus
  • Radang Usus
  • Luka Bacok, Memar terpukul, Kena Api (Besi Panas)
  • Maag
  • Wasir (Ambeien)
2. Pembengkakan Jantung, Pembengkakan Lever
3. Memulihkan Kondisi Tubuh (Lemah setelah sembuh dari sakit)
4. Rhematik, Nyeri Otot, Asam Urat
5. Mencegah Strooke
6. Sesak Napas
7. Disentri
8. Kencing Manis (Diabetes)
9. Radang Usus Besar
10. Keputihan
11. Kelemahan Laki-laki
12. Menyuburkan Kandungan
13. Kerusakan Ginjal


CONTOH PENGGUNAAN (RESEP SEDERHANA)
A. UMBI (RHIZOMA)
1). Umbi direbus bersama Daun Sirih Temu Rose dengan jumlah selalu
ganjil (7,9,11) untuk penyembuhan :
  • Pembengkakan Jantung
  • Pembengkakan Lever
  • Kencing Manis
  • Kerusakn Ginjal
  • Radang Usus Besar
2). Umbi dicuci kemudian direbus, disaring dan langsung diminum
(tiga gelas/hari) untuk penyembuhan :
  • Baru Operasi, maag, Thypus Desentri, Kesegaran Jasmani (ditambah telor dan Madu),
  • Mencegah Strooke, Asam urat, sakit Pinggang (ditambah telor dan madu)
BEBERAPA KHASIAT DAUN AJAIB (BINAHONG)
Beberapa lembar daun ini dikunyah hingga halus atau dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya atau lebih mudah (diblender) daun ajaib ini mempunyai khasiat sebagai berikut :

KATEGORI PENYAKIT BERAT
  • Batuk / Muntah darah : 10 lembar daun ini diminum setiap hari
  • Paru-paru berlubang : 10 lembar setiap hari
  • Kencing manis : 11 lembar / hari
  • Sesak napas / bengek : 7 lembar setiap hari
  • Borok akut yang menahun : 12 lembar setiap hari
  • Patah tulang : 10-20 lembar setiap hari
  • Darah rendah : 8 lembar setiap hari
  • Radang ginjal : 7 lembar setiap hari
  • Segala macam gatal-gatal/ eksim kulit : 9 lembar setiap hari
  • Gegar otak ringan atau berat : 10 – 15 lembar setiap hari
  • Gejala liver : 10 lembar setiap hari
Untuk katagori penyakit berat tersebut dibutuhkan waktu penyembuhan 1 hingga 6 bulan diusahakan agar bersabar minum obat ini setiap hari.

KATEGORI PENYAKIT RINGAN
  • Disentri atau buang air besar : 10 lembar daun ini diminum setiap hari
  • Ambeien hingga berdarah : 16 lembar setiap hari
  • Hidung mimisan (berdarah) : 4 lembar setiap hari
  • Habis bedah operasi : 20 lembar setiap hari
  • Luka baker 10 lembar setiap hari
  • Luka akibat kecelakaan/benda tajam : 10 lembar setiap hari
  • Jerawat : 8 lembar setiap hari
  • Usus bengkak : 3 lembar setiaphari
  • Gusi berdarah : 4 lembar setiap hari
  • Kurang nafsu makan : 5 lembar setiap hari
  • Habis bersalin / melahirkan : 7 lembar setiap hari diminum samapai 10 hari
  • Melancarkan haid : 3 lembar setiap hari diminum selama masa haid
  • Menjaga stamina tubuh agar tetap sehat : 1 lembar setiap hari selamanya
  • Penghangat badan : 5 lembar setiap hari
  • Lemah syahwat : 3 lembar setiap hari atau 10 lembar setiap hari dicampur dengan madu
Untuk kategori penyakit ringan tersebut dibutuhkan pengobatan hanya beberapa hari atau minggu. Untuk anak-anak cukup berikan separuh takaran orang dewasa.

B. DAUN
  • Daun dipipis dengan laos untuk penyembuhan Rhematik
  • Daun bersama kunci pepet kemudian direbus untuk cebok untuk mengatasi penyakit keputihan.
C. BATANG
Untuk mengatasi kelemahan laki-laki
  • Diambil getahnya dioleskan pada penis
  • Direbus bersama kencur (tiga gelas menjadi satu gelas) diminum tiap malam selama satu minggu.

D. BUNGA
Bunga direbus dengan air (satu gelas menjadi seperempat gelas) diminum bermanfaat untuk menyuburkan kandungan.

E. DAUN DAN BATANG ( UNTUK PEMAKAIAN LUAR / BOROK)
Daun dan Batang ditumbuk halus, kemudian dioleskan (bobok) bagian yang sakit untuk menyembuhkan:
  • Memar terpukul
  • Luka bacok
  • Terkena api/Besi panas
  • Rheumatik
  • Pegal linu
  • Nyeri otot
  • Menghaluskan kulit
F. KATEGORI PENYAKIT BERAT KANKER/TUMOR/GINJAL/DLL
  • Daun Binahong : 7 lembar
  • Umbi Binahong : 9 buah
  • Kapologo : 7 buah
  • Kulit daun salam 3 iris
  • Mahkota Dewa 9 iris direbus
  • Direbus dengan 3 gelas air.

Secara empiris berbagai macam manfaat tanaman ini sudah banyak yang mengakui, akan tetapi secara ilmiah belum karena memang belum ada atau hanya sedikit yang sudah melakukan penelitian mengenai manfaat tanaman binahong ini. Tetapi melihat pengalaman beberapa orang yang sudah menggunakan tanaman ini untuk pengobatan, tidak ada salahnya kalau kita mencoba. Sumber : dari berbagai sumber
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...