Loading...

Ketahui Bahayanya Sebelum Terlambat! 15 “Hal Ini” Ternyata “Tanda-tanda Kanker” Pada Wanita!

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Kanker, sebuah penyakit mengerikan yang banyak sekali memakan korban. Sayangnya, gejala-gejala awal indikasi kanker memang sulit diketahui sehingga terkadang penderita kanker terlambat untuk diobati. Kanker baru terdeteksi setelah berkembang pada stadium tertentu, sering kali mendekati stadium akhir.

Nah, Pisers (Pasti Seru-ers) khususnya kaum perempuan yang sering mengalami perubahan mendadak pada tubuh, harus sering waspada ya! Menurut Robyn Andersen, PhD, dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, kunci untuk mengurangi risiko terkena kanker adalah dengan memperhatikan sesuatu yang berbeda dari tubuh. Perhatikan 15 tanda di bawah ini untuk deteksi gejala kanker dari awal yuk!


Waspadai benjolan di bawah permukaan kulit meskipun bukan berarti kanker, terutama jika terdapat di area payudara

Umumnya benjolan tidak biasa yang tumbuh di bawah permukaan kulit, merupakan tanda-tanda umum seseorang terkena kanker. Meskipun tidak selalu berarti kanker, namun kita perlu waspada jika benjolan tersebut tumbuh di area payudara. Apalagi jika kulit payudaramu berkerut atau ruam, puting susu tertarik ke dalam, bengkak, nyeri saat ditekan, atau berwarna kemerahan, segera periksa ke dokter!


Perut kembung dalam jangka waktu yang lama


Hampir setiap perempuan mengalami kembung, terutama saat menstruasi. Namun jika Pisers (Pasti Seru-ers) merasakan perut kembung selama beberapa minggu dan tidak kunjung sembuh, Pisers (Pasti Seru-ers) perlu waspada, nih! Rasa kembung aneh disertai perut membesar sehingga sering merasa kenyang dan kesulitan makan patut diwaspadai sebagai gejala kanker rahim. Jika ternyata gejala ini tidak membaik seiring berjalannya waktu, disertai dengan penurunan berat badan dan pendarahan dari organ intim, segera konsultasikan ke dokter!


Waspada jika sering mendapat siklus menstruasi yang nggak teratur, terlebih jika ada pendarahan di luar menstruasi


Meskipun kerap dianggap hal biasa karena banyak perempuan yang mengalaminya, baiknya Pisers (Pasti Seru-ers) mulai memerhatikan gejala tidak normal ini. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan karena beberapa hal seperti kelelahan, pola makan, termasuk gejala kanker rahim. Terlebih jika sering mengalami pendarahan di luar menstruasi, aliran darah yang terlampau deras dan menjadi parah dari bulan ke bulan, atau rasa nyeri yang kerap dialami di area panggul. Gejala ini berbahaya, segera konsultasikan ke dokter ya!

Batukmu berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh juga? Patut dicurigai alasannya


Batuk yang normal akan sembuh dalam waktu 2-3 minggu. Jika Pisers (Pasti Seru-ers) mengalami batuk yang tidak disertai pilek atau alergi seperti hidung tersumbat selama lebih dari 3 minggu, bisa jadi merupakan gejala awal kanker paru-paru. Terlebih jika mengalami batuk berdarah. Beberapa pasien kanker paru-paru mengaku mengalami nyeri di bagian dada yang meluas ke bahu atau ke bawah lengan.


Kram perut yang disertai mual-mual dan depresi sering terjadi padamu? Segera waspadai


Jika (Pasti Seru-ers) mengalami kram di perut yang terus menerus atau tiba-tiba mual sepanjang waktu disertai depresi yang tidak kunjung membaik, segera temui dokter. Bisa jadi ini akibat sesuatu yang sederhana seperti bisul, tapi juga bisa menjadi gejala awal kanker esofagus, hati, pankreas atau kolorektal (usus besar).


Demam yang tidak kunjung menurun padahal badanmu biasanya baik-baik saja juga harus diwaspadai



Perhatikan gejala seperti demam, flu, atau sakit lain yang tidak kunjung hilang, hal ini bisa menjadi tanda awal leukimia atau kanker sel darah yang memburuk. Leukimia memicu tubuh untuk memproduksi sel darah putih yang belum matang atau abnormal sehingga akan mengurangi kemampuan melawan infeksi tubuh dengan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Makanya, jika biasanya tubuh sehat, namun tiba-tiba terkena demam yang lebih sering, waspada ya!


Merasa Kesulitan menelan dan merasa ada sesuatu yang janggal tersangkut di kerongkongan bisa termasuk gejala kanker


Masalah menelan sesekali memang tidak perlu dikhawatirkan. Tapi jika kerap terjadi apalagi disertai dengan muntah dan penurunan berat badan, dokter mungkin akan menduga apakah ada kemungkinan serangan kanker tenggorokan atau perut. Jika mengalami gejala ini selama berminggu-minggu dan tidak segera membaik, segera periksa ke dokter ya!


Memar-memar yang muncul tanpa alasan jelas pada kulit bisa jadi bahaya


Mungkin kebanyakan perempuan pernah sesekali menemukan memar pada kulit saat bangun tidur. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, bisa jadi penyebabnya adalah karena benturan yang tidak disadari selama tidur. Tapi jika memar-memar ini bermunculan setiap saat, terutama di tempat-tempat yang tidak lazim seperti di telapak tangan atau jari, perlu dikhawatirkan. Memar yang tidak biasa terjadi ini bisa jadi tanda leukimia yang merusak kemampuan darah untuk membawa oksigen dan bekuan darah.


Jangan senang dulu jika berat badan turun secara drastis, hal ini tidak wajar lho


Kehilangan berat badan atau perubahan nafsu makan yang tidak biasa perlu diwaspadai sebagai gejala kanker. Apalagi jika Pisers (Pasti Seru-ers) adalah orang dengan selera makan yang normal dan tidak melakukan program diet tertentu untuk menurunkan berat badan. Penurunan bobot secara drastis ini berkaitan dengan kanker usus besar atau kanker organ pencernaan lainnya.


Kelelahan yang terjadi sepanjang waktu


Setiap orang pasti pernah mengalami kelelahan usai beraktivitas. Namun biasanya akan merasa normal dan fit kembali setelah cukup istirahat. Jika Pisers (Pasti Seru-ers) merasa lelah setiap hari selama lebih dari sebulan, atau mengalami sesak napas padahal sebelumnya tidak pernah mengalaminya, segera temui dokter. Leukemia dan limfoma pada umumnya menyebabkan kelelahan yang terus-menerus.


Sakit kepala yang berlebihan disertai muntah yang tidak normal


Jika Pisers (Pasti Seru-ers) rentan terhadap migrain dan tidak pernah sakit kepala sebelumnya, namun tiba-tiba merasa membutuhkan ibuprofen setiap hari karena sakit kepala hebat disertai muntah, hal ini bisa menjadi gejala tumor otak. Tumor otak menyebabkan rasa sakit di bagian kepala dengan menekan saraf.


Air seni atau feses yang berdarah


Memang, kotoran berdarah seringkali disebabkan karena wasir atau susah buang air besar, tapi bisa juga merupakan gejala kanker usus besar. Sedangkan urin yang berdarah biasanya merupakan tanda awal kanker kandung kemih atau ginjal. Jangan sepelekan hal ini ya!


Bintik atau tahi lalat yang tidak biasa tumbuh di kulit, bisa jadi itu adalah gejala kanker kulit berbahaya


Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya namun paling sulit untuk dikenali gejalanya. Jika melihat ada bintik atau tahi lalat yang makin gelap, besar, atau menjadi timbul pada kulitmu, segera konsultasikan ke dokter. Perubahan kulit melanoma lebih mudah dikenali jika bintik-bintik tersebut seringkali tidak beraturan berbentuk berlawanan dengan warna bulat, secara signifikan lebih gelap, atau bahkan dua warna yang berbeda dalam satu titik. Melanoma bersifat tidak invasif dan mudah disembuhkan, asalkan gejalanya diketahui lebih awal.

Bercak putih atau merah di sekitar mulut yang lama tidak hilang menyerupai sariawan




Jika Pisers (Pasti Seru-ers) melihat ada luka yang tidak kunjung sembuh, rasa sakit yang menempel di sekitar mulut, seperti bercak putih atau merah pada gusi atau lidah, pembengkakan atau mati rasa pada rahang, bisa jadi merupakan gejala kanker mulut. Jika luka ini bertahan lebih dari dua minggu, (Pasti Seru-ers) disarankan untuk menemui dokter.


Benjolan yang berhubungan dengan kanker kelenjar getah bening



Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang bisa membantu melawan infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, atau lainnya. Kelenjar ini akan membengkak jika terkena infeksi. Namun, jika kamu menemukan benjolan di area belakang telinga, berlanjut ke bawah ke sisi leher dan ke bawah garis rahang maupun di ketiak, waspada gejala kanker kelenjar getah bening lho!


Itu dia sederet tanda-tanda yang bisa jadi termasuk sebagai gejala awal kanker yang biasa terjadi pada kaum perempuan, Pisers (Pasti Seru-ers)! Jika Pisers (Pasti Seru-ers) ternyata mengalami salah satu tanda yang tidak biasa di atas, segera periksakan ke dokter sebagai pencegahan semenjak dini ya!




Sumber: Hipwee

Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...