Wow, Manfaat dan Khasiat Bunga Kantil / Cempaka Putih Untuk Kesehatan

Sponsored Links
.

Bunga kantil umum tumbuh juga sebagai pagar atau tanaman hias depan rumah saja, atau umumnya hidup liar. Bunga kantil bisa tumbuh hingga ketinggian 1. 600 meter diatas permukaan laut. Penyebaran tumbuhan ini dari Asia tropis hingga ke pulau-pulau di Pasifik. Bunga kantil memiliki nama latin Michelia alba masih tetap berkerabat dekat dengan bunga jeumpa (cempaka kuning). Bunga kantil memiliki sebagian nama daerah seperti : kantil (Jawa), cempaka bodas (Sunda), campaka (Madura), jeumpa gadeng (Aceh), campaka putieh (Minangkabau), sampaka mopusi (Mongondow), bunga eja kebo (Makasar), bunga eja mapute (Bugis), capaka bobudo (Ternate), capaka bobulo (Tidore).

Dengan cara medis, bunga, batang, daun kantil (Michelia alba) memiliki kandungan alkaloid mikelarbina serta liriodenina yang memiliki manfaat juga sebagai ekspektoran serta diuretik. Karena kandungan yang dimilikinya, kantil diakui bisa jadi obat alternatif untuk beragam penyakit seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostata, infeksi saluran kemih, serta susah kencing. 

Sayangnya manfaat yang dimiliki oleh bunga cempaka putih ini belum tereksplorasi dengan cara optimal. Hingga walau sekarang ini mulai ada yang berupaya membudidayakan tanaman ini namun pemanfaatannya semakin banyak untuk acara-acara spiritual serta kebiasaan. 

Memerhatikan mitos serta kandungan medis yang mengikuti fauna jati diri propinsi Jawa Tengah ini, saat ini bergantung pada semasing kita. Apakah lebih meyakini tanaman ini juga sebagai rumah kuntilanak atau malah mengerti manfaat medis juga sebagai obat alternatif yang sangat berguna. 

Manfaat Bunga Kantil 
Untuk penggunaan luar, bunga di rebus dengan airnya digunakan untuk mandi. Sedangkan penggunaan dalam : 15-30 gram daun atau bunga kering, di rebus lalu airnya diminum. 

Menangani permasalahan bau tubuh serta ketiak 
Caranya : Ambillah bunga kantil, daun sirih masing-masing seperlunya di rebus dengan air seperlunya lalu airnya dipakai untuk mandi sesudah airnya hangat. 

Menangani sinusitis 
Caranya : 30 gram bunga kantil kering, 30 gram daun mint/menthol, 15 gram jahe, 2 batang daun bawang putih di rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc air, lalu airnya diminum untuk 2 kali satu hari masing-masing 200 cc. 

Menyembuhkan permasalahan vertigo (kepala pusing) 
Caranya : 5-7 kuntum bunga cempaka putih kering di rebus dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc, lalu airnya diminum pada saat hangat. 4. 

Menyembuhkan perut kembung 
Caranya : 5 kuntum bunga kantil, 5 gram kulit jeruk keprok atau jeruk mandarin kering, 3 butir kapulaga, 15 gram jahe di rebus dengan 700 cc air sampai tersisa 300 cc, lalu disaring serta diminum pada saat hangat. 

Menyembuhkan permasalahan keputihan 
Caranya : 30 grambunga kantil kering, 60 gr jali (di rendam dulu sampai lembut), 15 gr kulit delima kering di rebus dengan air seperlunya serta air rebusannya diminum pada saat hangat sedang jalinya dikonsumsi. 

radang Saluran pernafasan 
Caranya : 15 gram daun kantil, 15 gram pahap (umbi bunga lili), 5 gram kulit jeruk mandarin kering di rebus dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc lalu airnya diminum pada saat hangat ; atau 15 gram " bunga cempaka " putih kering ditambahkan air secukupnya lalu ditim, lalu airnya ditambahkan madu seperlunya serta diminum pada saat hangat. Kerjakan dengan teratur. 

dada merasa penuh/begah 
ambillah 15 gram bunga kantil kering di rebus dengan 500 cc air sampai tersisa 300 cc, lalu airnya diminum pada saat hangat. 

Untuk pembesaran prostat 
Caranya : 30 gram daun " cempaka " putih kering, 30 gram daun kumis kucing fresh, serta 30 gram daun sendok fresh di rebus dengan air 700 cc sampai tersisa 300 cc, lalu airnya diminum pada saat hangat. 

Menangani permasalahan bau tubuh 
Caranya : 30 gram " bunga cempaka " putih, gula batu secukupnya di rebus dengan air sesuai kebutuhan, airnya diminum. 

Menyembuhkan batuk rejan, batuk berdahak 
Caranya : 5-7 kuntum " bunga cempaka " putih, 10 gram jahe, 10 gram kulit jeruk mandarin kering di rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, tambahkan madu secukupnya serta diminum. Lakukan 2 x satu hari masing-masing 150 cc
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive