Loading...

Penting Inilah Pertolongan Pertama Mengatasi Ban Bocor Akibat Tertusuk Paku di Tengah Perjalanan!

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Sobat Neo semuanya, jika anda seorang pengguna sepeda motor, pernahkah anda mengalami kejadian dimana ban sepeda motor yang anda kendarai, tiba-tiba bocor ditengah perjalanan. Sebagai pengguna sepeda motor, saya sangat yakin kalo anda pasti pernah mengalami kejadian seperti itu, karena hampir semua pengguna sepeda motor pasti pernah merasakannya.

Betul apa betul ...? Jawabanya pasti betul, hehehe

Sebagai pengguna sepeda motor, jika anda mengalami kejadian seperti itu, pasti yang terlintas dipikirann anda saat itu adalah mencari bengkel tambal ban terdekat, agar segera mendapatkan pertolongan. Namun sebelum membawanya ke bengkel tambal ban terdekat, sebaiknya anda coba beberapa tips berikut ini.

Meski tips-tips berikut ini adalah tips sederhana, akan tetapi dengan anda melakukannya, paling tidak bisa meminimalisir kerusakan, yang bisa terjadi saat sepeda motor tersebut dibawa ke bengkel tambal ban terdekat.

Baiklah sobat semuanya, berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang sebaiknya anda lakukan apabila ban sepeda motor yang anda kendarai tiba-tiba bocor ditengah perjalanan.

1. Memeriksa Ban

Jika ban sepeda motor yang anda kendaraai tiba-tiba bocor, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa ban tersebut untuk memastikan apakah bocornya disebabkan karena terkena paku atau benda-benda tajam lainnya.

Apabila bocornya memang karena terkena paku atau benda-benda tajam lainnya, sebelum dibawa ke bengkel tambal ban terdekat, jika sepeda motor anda menggunakan ban dalam, maka sebaiknya cabutlah terlebih dulu paku atau benda-benda tajam yang mengenai ban sepeda motor anda.

Sebab jika paku tersebut tidak lansung dicabut bisa mengakibatkan ban sepeda motor anda bocor dibeberapa bagian, bahkan bisa saja ban tadi tidak bisa digunakan lagi. Namun jika anda menggunakan ban tubeless sebaiknya biarkan saja pakunya, dan jangan dicabut dulu sebelum anda sampai ke bengkel tambal ban terdekat.

2. Buka Baut Penahan Pentil

Jika sepeda motor anda menggunakan ban dalam, langkah kedua yang harus dilakukan sebelum dibawa ke bengkel tambal ban terdekat yaitu buka terlebih dulu baut penahan pentilnya kemudian masukan pentilnya kedalam velg.

Hal ini bertujuan agar ban dalam sepeda motor anda tidak jebol pada bagian pentilnya, karena saat ban tidak ada tekanan anginnya, ban tersebut menjadi tidak span dengan velgnya.

Jika sepeda motor tadi dijalankan, maka ban luarnya akan ikut berputar, dan ban dalamnya menjadi tertarik karena perputaran tersebut, sehingga akan mengakibatkan jebol dibagian pentilnya, apabila baut pentilnya tidak dikendorkan atau dibuka terlebih dulu.

3. Tuntun Dengan Pelan

Saat anda membawa sepeda motor anda ke bengkel tambal ban terdekat sebaiknya jangan dinaiki, akan tetapi tuntunlah dengan pelan. Sebab jika sepeda motor anda tetap dinaiki saat dibawa ke bengkel tambal ban terdekat, hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada ban bahkan bisa juga mengakibatkan kerusakan pada velgnya.

Bila Anda memakai ban tubeless, mungkin saja dapat lebih enjoy. Lantaran bila tertusuk paku, ban ini lebih kuat dibanding ban yang memakai ban dalam. Bila ban tubeless terserang paku, umumnya pakunya bakal menancap terus dan ban baru kempes beberapa waktu secara perlahan.

Namun, tetap saja, ban bakal bocor saat itu juga apabila paku yang menancap dan juga merobek ban. Ban bakal kempes saat itu juga juga. Meskipun sebenarnya, tidak hanya sulit, perbaikan ban tubeless jauh lebih mahal.

Anda bisa menambal sendiri ban tubeless yang bocor lewat cara yang lebih enteng tanpa mesti ribet-ribet membawa kendaraan ke bengkel dan membayar mahal karenanya. Panduan di bawah ini cuma perlu waktu kurang lebih 20-30 menit untuk dipraktikkan.

Yang dibutuhkan :
1. Tang untuk mencabut paku atau benda lain yang mengakibatkan bocor.
2. Tusukan besi, cairan panas, karet tambalan sisipan.
3. Pisau
4. Penghalus kebocoran

Cara menambal :
1. Check ban yang bocor kemudian cari pemicu kebocorannya. Apakah dikarenakan paku atau benda lain.

2. Pakai tang untuk mencabut benda yang menancap di ban, seperti paku. Cabut dengan hati-hati supaya kebocoran tidak jadi semakin besar.
3. Masukkan penghalus ke lubang yang bocor. Tarik-keluar di lubang itu selama berkali-kali supaya lubang yang bocor itu jadi halus serta cukup besar untuk disisipkan karet tambalan. Jika sudah, biarlah penghalus melekat didalam ban.

4. Lepaskan penghalus secara perlahan serta pakai cairan panas perekat untuk merekatkan sisi yang bolong itu. Berikan sebanyak dua hingga tiga kali sampai cairannya rata.

5. Masukkan karet tambalan sisipan yang sudah diolesi sedikit cairan perekat ke lubang itu dengan memakai tusukan. Tekan kuat-kuat sampai muncul sisi yang menonjol. Yakinkan bahwa pemasangan karet sisipan itu dikerjakan dengan benar serta tak ada kebocoran dibagian itu.

6. Cabut tusukan serta biarlah selama beberapa waktu sampai karet sisipan itu melekat dengan prima.

7. Pompa ban dan potong bagian lebih karet sisipan yang menonjol dengan gunting.

8. Periksakan ke bengkel bila masih tetap bocor.

Yang perlu di perhatikan :

1. Senantiasa pakai sarung tangan pelindung saat memakai benda tajam seperti pisau, tusukan, dan penghalus.

2. Memakai alat penghalus bisa menolong dalam menghaluskan ban, namun tak membuat ban Anda jadi aus serta mengakibatkan kebocoran yang semakin banyak.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tips sederhana saat ban sepeda motor tiba-tiba bocor ditengah perjalanan, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...