15 Cara Mengatasi Stress Super Ampuh

Sponsored Links
.
Cara Mengatasi Stress Super Ampuh - Stres merupakan suatu kondisi yang melibatkan beban rohani seseorang ketika berhadapan dengan berbagai persoalan hidup. Dengan datangnya beban rohani ini, orang tersebut harus bertindak, menyesuaikan, serta mengontrol segala sesuatunya agar seimbang. Karena stres termasuk reaksi yang normal akibat adanya tekanan hidup, maka setiap orang mulai dari yang dewasa, remaja, hingga anak-anakpun pasti akan mengalaminya.
Cara Mengatasi Stress Super Ampuh
Cara Mengatasi Stress Super Ampuh

Proses Terjadinya Stress
Pada dasarnya stres bisa terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi. Tujuan pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapinya.

Penyebab Stress
Cara Menghilangkan StressKetika tubuh mendapatkan energi untuk menghadapi suatu persoalan, sebenarnya keadaan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Namun pada zaman sekarang, tekanan hidup banyak berdatangan dari berbagai aspek yang sifatnya sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Sehingga, stres secara terus-menerus bisa saja terjadi dan membuat tubuh menjadi lelah. Akibatnya seseorang akan sulit berpikir jernih, hingga akan menyebabkan interaksi sosial, kualitas hidup, dan kesehatan orang tersebut akan mengalami kesulitan pula. Oleh karena itu, mengetahui cara menangani stres adalah hal penting, agar tubuh selalu memberikan respon yang baik pada banyak situasi yang datang. Adapun cara mengatasi stres adalah sebagai berikut:
1. Melakukan Hobi

Cara mengatasi stress berat dengan melakukan hobi yang ingin anda lakukan adalah cara paling mudah. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatakan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan. Pada umumnya, hobi terbagi menjadi beberapa macam diantaranya:
  • Mengoleksi, yakni seperti kegemaran mengumpulkan perangko (filateli), barang antik, buku, dll.
  • Membuat, yakni seperti kegemaran membuat makanan (memasak), tulisan (menulis), gambar (melukis atau menggambar), ilustrasi, dll.
  • Memperbaiki, yakni seperti kegemaran merangkai bunga, menjahit atau merajut, otomotif, dll.
  • Bermain, yakni seperti kegemaran bermain catur, sepak bola, menunggang kuda, dll.
  • Pendidikan, yakni seperti membaca, mengajar, belajar bahasa asing, dll.

2. Komunikasi
Melakukan komunikasi atau berbicara hingga berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres. Selain itu, bercerita kepada teman memungkinkan seseorang untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup lebih rentan mengalami stres daripada orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai permasalahannya dengan orang lain.

3. Meditasi
Melakukan meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stres karena dapat membersihkan pikiran hingga mampu membuat seseorang untuk berkonsentrasi. Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, hingga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin. Bahkan, melakukan meditasi ampuh untuk membantu proses penyembuhan ketika sedang mengalami sakit. Adapun cara melakukan meditasi yang baik adalah:
  • Fokus terhadap pernapasan dengan melakukannya secara perlahan agar pernapasan mudah diatur.
  • Melakukan pemanasan seperti “stretching” yang bisa dilakukan sambil berbaring atau duduk.
  • Memfokuskan pikiran pada satu hal seperti irama nafas, detak jantung atau figur Sang Pencipta dengan tujuan untuk menghilangkan stres, relaksasi ataupun menenangkan pikiran.
  • Meditasi sebaiknya dilakukan sebelum melakukan aktifitas di pagi hari karena secara psikologis, meditasi di pagi hari ini sangat efektif untuk mengurangi cemas, takut, dan khawatir.
  • Mencoba berbagai eksperimen dalam bermeditasi sehingga akan menemukan teknik meditasi yang paling nyaman untuk dilakukan.
  • Bermeditasi sebaiknya dilakukan di tempat khusus yang memungkinkan untuk melakukan konsentrasi penuh.
  • Mendengarkan musik meditasi berupa instrumental, nyanyian ataupun suara alam agar dapat menjadi lebih rileks.
  • Disiplin dalam bermeditasi adalah hal yang baik dilakukan agar membuahkan manfaat kepada tubuh baik itu secara psikologis maupun fisik.

4. Mandi Atau Berendam
Memanfaatkan air dengan mandi atau berendam memiliki efek yang baik untuk mengatasi stres sebab ampuh untuk penyembuhan hingga penenangan diri. Stimulus dari suasana ini, mampu mengingatkan tubuh dan pikiran seseorang kepada suasana saat berada di rahim sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Agar lebih efektif, mandi atau berendam dilakukan menggunakan air hangat di bathub.

Info tentang mandi yang dapat membantu anda :
  • Akibat jarang mandi : stress, bau, penyakit kulit, daya tahan tubuh menurun
  • Akibat tidak mandi : stress, susah tidur
  • Bahaya mandi malam : rematik, gangguan metabolisme tubuh

5. Pemijatan
Pemijatan sangat baik dilakukan untuk relaksasi dan menormalkan tekanan darah. Karena dengan pemijatan, kualitas tidur seseorang akan lebih baik sehingga stres yang dirasakan semakin berkurang. Manfaat pemijatan ini telah banyak diteliti oleh para ahli. Menurut beberapa penelitian, pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan. Bahkan, penelitian menemukan bahwa hormon stres bisa berkurang hingga 53% setelah dibuktikan dengan studi terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stres. Adapun terapi pemijatan yang bisa mengurangi stres antara lain:
  • Pemijatan dengan menekan perut diantara daerah pusar dan tulang dada bagian bawah dapat meredakan kecemasan.
  • Pemijatan dengan menekan tulang selangka bisa meredakan kecemasan.
  • Pemijatan dengan menekan area pantat ampuh untuk meredakan frustasi.
  • Pemijatan dengan menekan daerah antara alis dan tulang dada dapat meredakan kemarahan.

6. Berteriak
Berteriak lepas dengan suara lantang merupakan cara yang baik dilakukan untuk mengatasi stres. Saat mengalami stres, seseorang pasti merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati. Oleh karena itu, melepaskan perasaan tidak mengenakkan itu bisa dilakukan dengan berteriak yang tentu saja dilakukan di tempat yang luas dan sepi agar tidak mengganggu orang lain seperti di tepi pantai atau diatas tebing. Berteriak dapat dilakukan beberapa kali agar seseorang menjadi lebih rileks.

7. Olahraga
Olahraga ternyata mampu meredakan emosi negatif seperti stres pada diri seseorang. Hal ini dapat terjadi karena olahraga mampu melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa senang. Bahkan, Mental Health Foundation yang merupaka organisasi kesehatan non-profit di Inggris sudah membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi. Beberapa olahraga yang ampuh untuk meredakan stres itu diantaranya:
  • Berenang, dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang. Emosi positif ini bisa bertambah besar apabila turut mengajak orang-orang terdekat untuk berenang bersama, sambil menikmati permainan voli air atau yang lainnya. Bahkan, berenang juga sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.
  • Menari, merupakan hal yang sangat efektif untuk membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik. Kegiatan ini bisa dilakukan sesuka hati dengan memilih musik dan tarian yang diminati. Namun jika bingung, tarian salsa bisa menjadi pilihan karena tarian tersebut merupakan tarian favorit yang ampuh untuk melepaskan stres.
  • Olahraga outdoor, juga bisa menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin menghilangkan stresnya. Sebab, olahraga ini mampu memacu adrenalin sehingga sangat cocok untuk melepaskan stres. Adapun jenis-jenis olahraga outdoor ini diantaranya adalah bungee jumping, surfing, jumping rope, naik gunung hingga panjat tebing.
  • Jalan sehat, mampu memberikan waktu baik kepada seseorang untuk merasakan ketenangan. Jalan sehat yang dilakukan secara rutin ampuh untuk menjernihkan pikiran dan menjadikannya lebih rileks dari sebelumnya sehingga mood seseorang menjadi lebih baik.
  • Lompat tali, ternyata mampu menjadi olahraga alternatif yang dapat menimbulkan perasaan senang. Hal ini terjadi karena lompat tali merupakan olahraga intens yang mampu melepaskan hormon endorphin untuk memberikan perasaan senang.

8. Rekreasi/Berlibur
Melakukan rekreasi merupakan cara yang baik untuk dilakukan untuk menghindari lingkungan negatif. Oleh karena itu, rekreasi juga merupakan kegiatan yang sangat efektif untuk mengatasi stres. Rekreasi bisa dilakukan bersama keluarga agar lebih menyenangkan. Selain itu, jalan-jalan juga ampuh untuk menghilangkan stres sebab dengan melakukan hal ini, seseorang merasa memiliki suasana hati yang rileks.

9. Seks
Melakukan seks atau berhubungan intim terhadap pasangan, ternyata efektif untuk mengurangi stres. Sebab, seks dapat menyeimbangkan kesehatan emosi dengan kesehatan mental sehingga sangat baik untuk menghilangkan stres. Bahkan, berhubungan seks dapat mengeluarkan endorfin sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan dan segar. Selain itu, seks ternyata juga memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan seperti:
  • Dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  • Mampu memperbaiki tonus otot sehingga dapat membuat bagian tersebut bekerja lebih baik.
  • Dapat membakar kalori hingga 420 kalori setiap melakukan aktifitas seks.
  • Menguatkan sistem imun karena seks memproduksi senyawa kimia yang ampuh untuk melawan virus.
  • Menjaga kesehatan jantung sehingga tidak rentan terhadap penyakit jantung.

10. Aromaterapi

Aroma memiliki efek yang sangat mempengaruhi emosi manusia sebab indra penciuman merupakan indra yang berhubungan dengan sistem limbik sebagai pusat kendali emosional dalam otak manusia. Oleh karena itu, aromaterapi bisa menjadi salah satu terapi yang dapat merangsang emosi manusia. Adapun beberapa jenis aromaterapi yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:
  • Lavender, merupakan aroma yang jika dihirup mampu membantu memperlambat aktivitas otak yang awalnya cepat karena pengaruh stres. Dengan aktifitas yang lambat ini, tentu seseorang bisa merasa santai dan tenang sehingga stres bisa hilang.
  • Melati, merupakan aromaterapi yang ampuh untuk menenangkan saraf yang tegang. Selain itu, minyak melati dapat mengatur kadar stres, kecemasan hingga rasa gembira yang berlebihan.
  • Mawar dan germanium, memiliki aroma bunga yang mampu menghilangkan kecemasan karena minyak ini mampu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks.
  • Minyak bergamot, merupakan aromaterapi yang berasal dari kulit buah jeruk mentah sehingga minyak ini memiliki aroma khas seperti buah jeruk. Aromaterapi ini dapat membantu hipotalamus pada otak menjadi lebih tenang, sehingga minyak bergamot ini sangat dianjurkan untuk meredakan stres serta kecmasan yang berlebihan.
  • Ylang-ylang, juga merupakan aromaterapi yang dapat menghilangkan stres. Caranya dengan mencampurkan minyak bergamot dengan minyak ini untuk mendapatkan aroma yang diinginkan.

 11. Tertawa
Tertawa ternyata membawa efek yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Menurut beberapa penelitian, tertawa 5 hingga 10 menit dapat merangsang endorphine, serotonin dan metanonin untuk keluar. Dimana ketiga zat ini memberikan manfaat yang baik untuk otak sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Bahkan, tertawa ini dapat menyembuhkan seseorang yang mengalami gangguan mental stres berat. Selain menghilangkan stres, tertawa juga memiliki manfaat lain seperti:
  • Dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh.
  • Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mampu mencegah penyakit jantung.

12. Musik
Penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan University of Maryland School of Medicine mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit selama 30 menit mampu melepaskan zat endorphin untuk mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit. Hal ini juga semakin baik sebab tubuh menjadi selaras dengan suara musik yang didengarkan. Akibatnya, relaksasi menjadi meningkat, otot-otot tidak tegang, detak jantung melambat, dan energipun meningkatkan sesuai dengan irama.

13. Tidur
Tidur merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan stres yang dapat meningkatkan produktivitas. Disamping itu, beristirahat atau tidur minimal selama 8 jam yang dilakukan setiap hari mampu meremajakan tubuh untuk beraktifitas di hari selanjutnya. Selain mengatasi stres, ternyata tidur juga memiliki manfat lain seperti yang dikutip dari Times of India berikut ini:
  • Dapat memperbaiki tubuh, karena tidur mampu menghasilkan molekul protein tambahan yang efektif untuk menguatkan tubuh beserta sistem imunnta dalam melawan infeksi agar tetap sehat.
  • Membuat seseorang menjadi bersemangat, karena kadar tidur yang terbatas membuat seseorang mudah mengalami depresi dan cemas.
  • Memperbaiki kualitas hidup jika dilakukan secara konsisten pada malam hari.
  • Meningkatkan memori, karena kurang tidur bisa menyebabkan masalah terhadap memori. Oleh karena itu, bahaya akibat tidur larut malam harus anda pertimbangkan agar tidak stress.

14. Berpikir Positif
Berpikir positif merupakan cara yang dapat mengurangi stres sebab dengan melakukan hal ini, maka seseorang bisa menerima beban yang diberikan karena memiliki sudut pandang yang baik terhadap beban itu. Sudut pandang yang dimaksud adalah pemikiran yang menyadari bahwa beban yang dialami merupakan ujian yang diberikan oleh Sang Pencipta dan dengan begitu, maka seseorang akan yakin bahwa dibalik kesulitan yang menimpa dirinya, tersimpan hikmah yang luar bisa jika berhasil melewati tantangan hidup itu.

15. Makanan Sehat
Cara menghilangkan stress yang terakhir super ampuh adalah dngan makanan. Makanan yang mengandung vitamin B, omega 3, asam folat, magnesium dan vitamin C merupakan makanan yang dapat meredakan stres. Selain itu, makanan yang mengandung antioksidan juga baik untuk dikonsumsi karena mampu memperlancar fungsi memori. Adapun beberapa makanan dan minuman sehat yang mampu meredakan stres adalah:
  • Makanan yang mengandung vitamin B: Buah alpukat, buah pisang, ikan salmon, ikan tuna, ikan sardin, yoghurt dan susu.
  • Makanan mengandung asam folat: Oatmeal, jeruk atau asparagus.
  • Makanan mengandung magnesium: Kacang almond, tofu dan sayur bayam.
  • Makanan mengandung vitamin C: Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi atau jambu biji.
  • Minuman air putih, dikonsumsi 2 liter per hari.
  • Minuman teh herbal atau teh rasa buah.

Cara menghilangkan stress secara alami sebenarnya cukup mudah bukan, semoga dapat membantu anda menghilangkan beban stress secara cepat.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive