Segudang Manfaat Batang Sereh untuk Diet dan Kesehatan

Sponsored Links
.

Manfaat Sereh untuk Diet dan Kesehatan - Tumbuhan sejenis rerumputan yang banyak di gunakan sebagai bahan baku dapur untuk menyedapkan makanan yang di masak. Nama ilmiah dari sereh adalah cymbopogon citratus. Tumbuhan – tumbuhan ini mudah hidup dan berkembang biak di tanah yang gembur. Sereh tumbuh dengan subur di daerah tropis terutama pulau Jawa. Tanah yang cocok untuk sereh adalah tanah yang memiliki curah hujan cukup teratur karena tanaman ini tidak bisa hidup di daerah yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan khusus.


Segudang Manfaat Batang Sereh untuk Diet dan Kesehatan
Segudang Manfaat Batang Sereh untuk Diet dan Kesehatan
Tentang Diet
Diet banyak dilakukan oleh kaum wanita yang memang memiliki berat badan yang berlebih dan melebihi berat badan normal. Diet aman untuk dilakukan selama kebutuhan nutrisi untuk tubuh tetap bisa terpenuhi sebagaimana mestinya agar tidak menganggu sistem kerja organ – organ tubuh. Ini karena organ tubuh membutuhkan nutrisi untuk dapat bekerja dengan baik.

Banyak faktor yang membuat kaum wanita memilih menjalankan diet karena untuk mengutamakan penampilan fisik. Penampilan merupakan hal utama bagi wanita untuk meningkatkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri membantu wanita untuk tampil lebih baik dan segar saat berurusan dengan orang luar.

Banyak cara yang dilakukan oleh kaum wanita untuk untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bisa dikatakan tampil sempurna sehingga semua mata hanya tertuju padanya, karena memang pada dasarnya sifat wanita senang dengan rayuan dan pujian dari orang – orang terdekat dan tersayang mereka. Untuk melakukan diet pada saat sekarang banyak solusi yang ditawarkan oleh produsen – produsen untuk menarik minat kaum wanita membeli produknya. Namun produk seperti ini kadang tidak sehat untuk kesehatan dalam jangka lama dan juga bisa membuat ketergangantunga. Bisa jadi saat mengonsumsinya tubuh memang langsing namun begitu di hentikan berat badan akan naik kembali bahkan bisa lebih berat dari pada sebelumnya.
Kaum wanita harus pintar dalam memilih produk yang digunakan untuk berdiet. Dan yang paling dianjurkan adalah menggunakan bahan – bahan alami yang bersumber pada alam. Salah satu bahan alami tersebut adalah dengan memanfaatkan rebusan daun sereh. Daun sereh dapat menurunkan berat badan karena kandungan yang terdapat pada daun tersebut. Selain dari faktor internal untuk diet faktor eksternal yang mempengaruhi kesuksesan dari program diet. Berikut ini faktor eksternal untuk diet adalah :

1. Aktivitas fisik

Aktifitas fisik harus dilakukan dalam menjalankan program diet ini karena beraktifitas fisik dapat membantu membakar kalori berlebih yang masuk kedalam tubuh. Berikut ini aktifitas olahraga yang banyak membakar kalori adalah
Aktivitas                  50 kg (kkal/jam)     70 kg (kkal/jam)
Bersepeda 10 km/jam          165                           240
Bersepeda 20 km/jam          270                           410
Berlari 9 km/jam                 440                           660
Berlari 16 km/jam               850                          1.280
Berenang 23 m/menit          185                           275
Berjalan 3 km/jam               160                           240

2. Nutrisi dalam tubuh
Saat memakan makanan yang perlu diperhatikan adalah nutrisi yang terkandung di dalam makanan. Nutrisi makanan yang dimakan diharuskan tidak boleh melebihi aktifitas fisik yang dilakukan sehari – hari. Usahakan agar nutrisi yang masuk lebih kurang dari yang dibutuhkan tubuh agar nutrisi yang ada sebelumnya dapat dibakar secara maksimal untuk menurunkan berat badan.

Cara pengolahan sereh
Manfaat daun serai tidak hanya digunakan untuk bumbu penyedap masakan tapi tanaman ini juga digunakan untuk program diet. Sereh dijadikan untuk diet karena telah dipercaya sejak dahulu oleh para orang tua. Berikut ini cara pengolahan sereh yang telah diolah sebelumnya untuk diet antara lain adalah :

1. Bumbu masakan
Gunakan sereh sebagai bumbu untuk masakan karena kalori pada sereh yang berjumlah 66 kalori, sehingga tidak menaikkan berat badan anda dengan mudah dan cepat. Apalagi sereh sudah banyak dimanfaatkan sebagai manfaat rempah – rempah untuk kesehatan sejak zaman dahulu.

2. Teh sereh
Sereh juga sudah banyak yang diolah untuk dijadikan sebagai minuman diet yaitu teh sereh. Teh sereh ini mengandung zat yang berfungsi sebagai diuretik dan detoksifikasi yang mana manfaatnya adalah untuk menormalkan keseimbangan air dalam tubuh dan menghilangkan kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Air dipercaya mampu mengeluarkan zat – zat racun yang ada di dalam tubuh sehingga menjadikan tubuh langsing dan sehat selalu.

3. Ekstrak sereh
Ekstrak sereh merupakan aplikasi sereh yang telah diolah menjadi produksi untuk kemudian di jual ke masyarakat. Ekstrak sereh ini memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan pencernaan makanan sehingga semua kalori terpakai dan sistem pencernaan berjalan dengan baik.
Kandungan sereh
Sereh merupakan bahan alami yang dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan lebih aman tanpa efek samping, karena itu banyak kaum wanita yang memilih menggunakan sereh yang telah diolah untuk diet. Cara ini dapat membantu menurunkan berat badan secara bertahap dengan proses yang memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan

Tanaman sereh mengandung minyak atsiri dan sitrat berikut ini pengertiannya :
  • Minyak atsiri adalah minyak dari sereh yang mudah menguap dan memiliki aroma yang khas.
  • Sitrat adalah asam organik yang terdapat pada daun sereh.
Manfaat Sereh untuk Kesehatan Lainnya

Manfaat sereh untuk kesehatan lainnya antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Anti kanker. Sereh berfungsi sebagai anti kanker dan mengobati kanker yang telah menyerang jaringan tubuh. Penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat sereh sebagai anti kanker dan terdapat fakta bahwa sereh menghambat perteumbuhan sel kanker pada fase awal dan selanjutnya.
  2. Insomnia. Gejalan insomnia dapat disebabkan karena stress sehingga mata sulit untuk terlelap. Akibat dari insomnia banyak terasa di siang hari seperti pusing karena tidur yang untuk mengistirahatkan tubuh tidak dapat terpenuhi dengan cukup. Manfaat sereh dapat digunakan untuk mengatasi insomnia.
  3. Pernafasan. Gangguan pada saluran pernafasan dapat dicegah dan diobati dengan memanfaatkan rebusan sereh. Gangguan pada saluran pernafasan antara lain asma dan sesak nafas. Baca juga : (Manfaat aerosol)
  4. Kolesterol. Kolesterol dapat diturunkan dengan menggunakan manfaat rebusan sereh. Kolesterol yang tinggi di sebabkan karena lemak tak jenuh yang terendap di saluran darah. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung untuk itu kadar kolesterol harus di jaga setiap hari untuk kesehatan jangka panjang.
  5. Sistem pencernaan. Manfaat rebusan sereh lainnya adalah sistem pencernaan dalam tubuh. Sistem pencernaan yang baik bagus untuk menyerap nutrisi yang terdapat di dalam tubuh sehingga dapat disebarkan ke seluruh tubuh. Akibatnya fungsi organ – organ dapat bekerja dengan baik melaksanakan tugasnya.
Manfaat rebusan sereh untuk kesehatan ini juga harus diatur untuk jadwal minumnya, karena jika berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive