Jangan Salah; Coba Tebak Mana Yang Lebih Sehat, Makan Pakai Tangan Atau Pakai Sendok Dan Garpu? Ternyata Banyak Yang Belum Tau Dan Banyak Yang Salah

Sponsored Links
.
Di masa serba moderen ini, biasanya beberapa orang berasumsi makan dengan memakai tangan disebutkan kurang bersih. Terlebih bila ada disituasi resmi seperti acara-acara pesta pernikahan atau semacamnya, jadi pastinya mereka akan jadi fokus perhatian, bahkan juga banyak dari mereka mengatakannya kampungan atau kurang gaul.

Walau sebenarnya makan dengan memakai tangan lebih sehat di banding dengan harus memakai sendok atau garpu. Ini sudah dibuktikan melalui penemuan oleh beberapa pakar di bagian kedokteran, lewat website healthierwayoflife. com, dijelaskan sebagian faedah makan memakai tangan tanpa ada sendok atau garpu, salah satunya yaitu seperti berikut.

Mana Lebih Sehat, Makan Gunakan Tangan Atau Gunakan Sendok Serta Garpu?

Menghindar Diabetes Type 2 

Beberapa orang yang makan dengan cepat memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes type 2. Biasanya, bila Anda memakai garpu serta pisau jadi Anda makan lebih cepat dari pada makan dengan tangan.

Kenyataannya, Anda dapat k3ny4ng cuma dengan meny4ntap sepotong irisan makanan saat makan dengan tangan Anda. Sesaat bila makan memakai garpu, anda mungkin mengambil 5 - 6 potong sekaligus.

Tingkatkan Kemampuan System P3nc3rnaan 

Hal semacam ini mungkin saja terdengar aneh, tetapi riset dalam pengetahuan kedokteran menunjukkan kalau, makan dengan jari-jari tangan dapat tingkatkan kemampuan system p3nc3rnaan.

Saat Anda membersihkan tangan dengan sabun, semuanya bakteri j4h4t akan hilang, sedangkan bakteri baik tetaplah ada di tangan, yang dapat begitu sehat untuk u.s.u.s Anda.

Diluar itu, makan dengan jari-jari tangan dapat kirim tanda ke otak tentang makanan yang Anda makan, apakah itu padat atau lembut, panas atau dingin, hingga dapat lebih menyiapkan system p3nc3rnaan untuk mengolah makanan itu.

Menghindar Makan Sangat Banyak 

Mereka yang makan dengan jari tangan mempunyai berat tubuh yang ideal lantaran mereka tidak makan sangat banyak.

Makan dengan memakai jari tangan begitu baik untuk dikerjakan, terlebih oleh anak-anak, Lantaran beberapa orang yang makan sembari lakukan suatu hal yang lain, seperti melihat TV, akan makan semakin banyak dari pada mereka yang konsentrasi makan.

Pada saat anda makan memakai jari-jari tangan, pasti anda tidak bisa lakukan kegiatan lain lantaran tangan Anda tidak bersih lantaran repot mengambil makanan.

Oleh karenanya, Anda cuma akan terlalu fokus pada kegiatan makan serta Anda akan tahu berapakah banyak makanan yang Anda makan serta kapan waktunya untuk berhenti.

Hikmah Sunnah Makan Dengan Tangan 

Itulah kenapa sudah jauh terlebih dulu mulai sejak penemuan kesehatan ini diketemukan, Rasulullah SAW sudah mencontohkannya pada umatnya seperti yang dijelaskan dalam satu hadist.

Diriwayatkan dari Ka'ab bin Malik, dari bapaknya, beliau menyampaikan ; " Rasulullah makan dengan memakai tiga jari tangan kanan serta m3njil4ti jari-jari itu sebelumnya dibikin bersih. " (HR Muslim)

Tiga jari yang disebut yaitu, jari tengah, jari telunjuk, serta jempol, lantaran hal itu tunjukkan tidak r.a.k.u.s serta ketawadhu’an. Tetapi hal semacam ini cuma berlaku untuk makanan yang dapat dikonsumsi dengan memakai tiga jari. (Syarah Riyadhus shalihin Juz VII hal 243)

Mengenai makanan yg tidak dapat dikonsumsi dengan memakai tiga jari, jadi diijinkan untuk memakai lebih dari tiga jari, umpamanya nasi.

Yaitu satu kebodohan bila sunnah Nabi yang satu ini kita tinggalkan, Lantaran riset dalam pengetahuan kedokteran menunjukkan kalau dalam tangan, ada satu enz!m RNAse yang dapat m3ngik4t bakteri, hingga tingkat aktivitasnya begitu rendah saat masuk berbarengan makanan ke saluran p3nc3rnaan badan..

Maksud paling utama enz!m RNAse ini yaitu untuk m3ndegr4d4si RNA, hingga yang tinggal dari satu s3l hidup yaitu DNA-nya. Enz!m ini senantiasa ada pada jari-jari serta telapak tangan manusia, hingga sistem penyuapan makanan kedalam saluran p3nc3rnaan akan mengikutkan enz!m yang dapat m3ngik4t s3l bakteri supaya aktivitasnya tidak optimal.

Demikian makanan masuk ke saluran p3nc3rnaan, jadi enz!m ini akan turut m3ngik4t gerakan bakteri sampai ke saluran pembuangan. Demikian sebaliknya, bila manusia makan memakai alat penghubung seperti sendok, jadi tidak ada yang dapat men4han laju kegiatan bakteri yang terdapat, baik di makanan atau alat makan tersebut.

Nah, saat ini sudah jelas mana lebih sehatkan. Jangan sampai berasumsi bila dimasa Nabi belum ada namanya sendok serta garpu, janganlah salah beberapa raja-raja yang hidup dizaman Beliau sudah memakai beberapa bahan yang terbuat dari emas serta perak dalam soal makanan. Jadi tidak sepatutnya kita katakan demikian, bila kita memang sungguh-sungguh menyukai Rasulullah sudah semestinya kita ikuti ajaran beliau.

Wallahu 'alam.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive