Loading...

Wow Tidak Disangka Ternyata Daun Genjer Memiliki Yang Luar Biasa Berikut Penjelasannya!!

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Genjer (limnocharis flava) adalah satu diantara type tumbuhan rawa yang banyak diketemukan diarea persawahan atau perairan dangkal seperti sungai atau kali. Tumbuhan itu kerapkali dikira sebagai tanaman hama lantaran khasiatnya yang sangatlah berguna untuk kesehatan badan manusia.

Banyak nama lain yang biasa dipakai untuk menyebutkan genjer. Dibeberapa daerah indonesia, umpamanya, orang sering mengonsumsi genjer dengan sebutan paku rawan walau penanaman itu sesungguhnya tak tepat lantaran genjer bukan merupakan anggota tumbuhan paku.





Diluar itu, tanaman genjer dikenal juga sebutan haleyo (Batak), eceng (Melayu), saber (Sunda), juga centongan (Jawa). Diluar negeri, genjer disebut dengan nama limnocharis, sawah-flower rush, sawah lettuce, velvetleaf, yellow bur-head, atau cebolla de chucho.

Manfaat :
Walau sering dianggap sepele serta memperoleh predikat sebagai “sayur orang miskin”, tetapi genjer nyatanya memiliki kandungan cukup banyak unsur gizi yang berguna untuk kesehatan, seperti kalori, vitamin B1, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, kardenolin, flavonoida, serta polifenol.

Genjer juga adalah satu diantara type tanaman yang kaya serat. Oleh karenanya, tak mengherankan bila genjer berguna untuk badan manusia selain dapat di proses sebagai bahan sayuran untuk menghasilkan masakan yang lezat.

Faedah genjer untuk kesehatan diantaranya, untuk menjadi lancar saluran pencernaan, menaikkan nafsu makan, meremajakan beberapa sel badan, menghasilkan cadangan energi, memperkuat tulang, mencegah kanker kolon, mencegah sembelit, dan bisa mengurangi kemungkinan penyakit kanker dan jantung.

Olahan
Genjer yaitu type tanaman yang senantiasa tumbuh di selama tahun. Itulah penyebab, genjer sangatlah gampang diketemukan serta sering dimasak untuk konsumsi sehari-hari. Satu diantara hasil olahannya yaitu Tumis Sayur Genjer. Di bawah ini cara membuatnya :

Tumis Sayur Genjer
Bahan serta Bumbu :
200 gr genjer dipotong-potong
5 butir bawang merah, irislah tipis
3 siung bawang putih, irislah tipis
2 lembar daun salam
2 sendok makan ebi, seduh, memarkan, serta sangrai
3 buah cabai merah, potong-potong
3/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
2 buah tomat, potong-potong
50 cc air
1/2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan minyak untuk menumis

Langkah Membuat :
Panas kan minyak untuk menumis.
Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, tomat, serta cabai merah. Aduk rata sampai harum.
Lalu masukan ebi yang sudah disangrai serta aduk lagi sampai merata
Masukan genjer, garam, gula pasir, serta kecap manis. Aduk sampai genjer layu.
Kemudian, tuangkan air serta biarlah sampai meresap.
Angkat serta genjer siap dihidangkan dengan nasi putih hangat.


Semoga Bermanfaat...
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...