Inilah 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

Sponsored Links
.
Inilah 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi. Gigi adalah salah satu bagian yang penting pada tubuh. Fungsi gigi adalah untuk menguyah dan menghaluskan makanan sebelum di telan. Jika gigi tidak dirawat maka kekuatan gigi juga akan berkurang dan lama kelamaan gigi anda akan rusak. 

Inilah 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi
Untuk sebagian orang di dunia, menyikat gigi adalah hal yang wajib dikarenakan hal itu sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi mereka, tapi tidak banyak orang yang melakukan kesalahan dalam penerapanya. Berikut ini adalah  inilah kesalahan sering dilakukan saat sikat gigi.


Kesalahan Menyikat Gigi

  1. Memilih sikat gigi yang kasar
    Sikat gigi yang kasar bisa mengakibatkan gusi bengkak jika anda terlalu cepat saat menyikat gigi. Hal ini sering disepelekan oleh sebagian orang, padahal pemilihan dalam sikat gigi adalah hal yang utama untuk menjaga gigi dan gusi anda tetap sehat, pilihlah sikat gigi yang bulu sikatnya lembut.
      
  2. Menyikat gigi dengan kasar
    Kebiasaan kasar dalam menyikat gigi ini bisa menyebabkan erosi enamel gigi dan membuat gusi anda terluka, sikatlah dengan santai dan tidak tergesa-gesa.
      
  3. Menyikat gigi yang tergesa-gesa
    Hal ini adalah kesalahan yang sering dilakukan saat menyikat gigi oleh sebagian orang, yaitu menyikat gigi dalam waktu sebentar atau hanya dalam beberapa detik saja tidak cukup untuk membuat kotoran yang tertempel pada dinding gigi itu hilang, sikatlah gigi minimal 2 menit secara merata dan santai saja.
      
  4. Menyikat gigi yang tidak beraturan 
    Menyikat gigi juga butuh teknik, banyak orang yang salah dalam menyikat gigi. Berikut ini adalah teknik yang benar. 
    - Sejajarkan sikat gigi anda pada sudut 45 derajat ke garis gusi.
    - Sikatlah secara bolak-balik di sekitar gigi Anda.
    - Kemudian sikat secara vertical atau sirkuler di sekitar permukaan luar dan bagian dalam  serta bagian gigi geraham Anda.
    - Lalu, sikat lidah anda untuk menghilangkan bakteri dan mencegah bau mulut.
    - Yang terakhir bersihkan mulut anda hingga benar-benar bersih
      
  5. Menyikat gigi setelah makan
    Menyikat gigi setalah makan itu memang wajar, tapi itu kurang baik dalam menyehatkan gigi maupun makanan yang sudah kita makan, karena hal ini menyebabkan kadar asam yang ada dalam mulut tidak seimbang, jadi sebaiknya tunggu kurang lebih 30 menit untuk menyikat gigi setelah makan.
      
  6. Menyikat gigi yang terlalu sering
    Hal ini bisa menyebabkan percepatan erosi dari enamel gigi serta bisa menimbulkan resesi garis gusi, ada kalanya sikatlah pagi dan malam saja.
      
  7. Berkumur setelah menyikat gigi
    Pasti hal ini sangat sering yang dilakukan oleh anda, berkumur setelah menyikat gigi bisa menghilangkan fungsi pasta gigi tersebut, alangkah baiknya berkumurlah 30menit sesudah menyikat gigi.
      
  8. Tidak mencuci sikat gigi
    Kesalahan dilakukan saat menyikat gigi bahkan bisa menyebabkan anda terkena penyakit mulut akibat kurang menjaga kebersihan sikat gigi anda. Sebaiknya, cucilah sikat gigi anda setelah menyikat gigi. Disisi lain, bisa menghindarkan anda dari kuman yang tertempel di sekitar sikat gigi.
      
  9. Tidak mengganti sikat gigi
    Sikat gigi yang baik untuk digunakan adalah yang bulu sikatnya tidak kasar dan rusak, gantilah sikat gigi lama anda dengan yang baru setelah 3 bulan pemakaian, karena dengan hal ini anda bisa terhindar dari kuman yang berbahaya dari sikat gigi lama anda.
      
  10. Sikat gigi malam
    Kebiasaan ini kerap sekali di lupakan bahkan disepelekan, padahal sikat gigi malam adalah yang paling berpengaruh pada kesehatan gigi anda. Menyikat gigi sebelum tidur bisa mencegah kerusakan gigi anda. Karena pada dasarnya kuman akibat sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat pada waktu malam saat anda tidur, maka sikat gigilah sebelum tidur!
Itulah Inilah 10 kesalahan yang sering dilakukan saat menyikat gigi, semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat dan tetaplah menjaga kesehatan gigi anda ya. 
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive