Loading...

Janganlah Kalian Menghiraukan Rasa Asamnya Yang Pekat, Mari Kita Lihat Menfaat Asam Jawa. Dari Mulai Untuk Kecantiakan Sampai Untuk Obat Batuk. Mari Kita Sebarkan Artikel Ini KeTeman Dan Saudara Kita Diluarsana. Semoga Bermanfaat

Sponsored Links
Loading...
Loading...

Janganlah Kalian Menghiraukan Rasa Asamnya Yang Pekat, Mari Kita Lihat Menfaat Asam Jawa. Dari Mulai Untuk Kecantiakan Sampai Untuk Obat Batuk. Mari Kita Sebarkan Artikel Ini KeTeman Dan Saudara Kita Diluarsana. Semoga Bermanfaat


 Selain digunakan juga sebagai bumbu dapur, asam jawa juga biasa dipakai juga sebagai obat tradisional. Salah satunya untuk mengobati bisul, jerawat, sisa luka, gatal-gatal, nyeri haid, sariawan, batuk, campak, dan sebagainya. Bagian yang dipakai untuk obat tradisional yaitu buah serta daunnya.

► Obat Bisul Tradisional


Asam kawak (daging buah asam matang yang telah diolah serta warnanya hitam, bukanlah coklat) sebesar telur burung puyuh, di rendam dalam 1 gelas air hingga mengembang, 5 iris temulawak yang dicuci dulu saat sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semuan dididihkan hingga airnya tinggal setengah. Diminum 1x satu hari hingga sembuh. Untuk ditempelkan : asam kawak sebesar telur burung puyuh, sedikit garam serta sedikit minyak dicampur serta dilumatkan. Tempelkan ke bisul.

► Obat Jerawat Tradisional


Sediakan 12 helai daun sambiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, 1 1sendok teh adas, 10 helai daun jintan, seluruhnya dicuci. Lumatkan dengan asam kawak sebesar telur burung puyuh. Beri 1 2/2 g elas air, saring serta ampasnya diperas dengan kain. Minum 3x satu hari. Untuk obat luar : asam jawa di beri air bersih, diremas-remas, disaring serta airnya digunakan untuk mencuri muka menjelang tidur malam.

► Gatal berbentuk titik-titik merah bergelembung air


Delapan irislah temulawak yang dicuci dahulu saat sebelum diiris serta gula aren di rebus dengan satu gelas air, hingga airnya tinggal setengah. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, aduk hingga asam keluar sarinya. Saring. Minum 1x satu hari hingga sembuh.

► Gatal pada bekas luka yang telah kering


Langkah I : asam kawak dilembapkan dengan air bersih yang telah matang, lantas digosokkan ke bekas luka yang gatal.

Langkah II : 1 sendok makan penuh daun asam, sepotong empu kunyit, dicuci, dilumatkan, ditempel ke bekas luka yang gatal.

► Nyeri haid pada gadis remaja


Langkah I 
: 10 irislah temulawak yang dicuci dahulu saat sebelum diiris, gula aren untuk melakukan perbaikan rasa, di rebus dengan satu gelas air hingga airnya tinggal setengah. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh. Aduk hingga asamnya mengembang. Kerap, Diminum 1x satu hari selama satu minggu saat sebelum haid.

► Langkah II 
: Asam kawak sebesar telur burung puyuh, 10 irislah kunyit segar yang dicuci dahulu sebelum diiris. Seduh dengan 1/2 gelas air. Tutup serta biarlah hingga hangat kuku. Saring. Ramuan ini untuk sekali minum. Kerjakan setiap pagi serta sore. Catatan : Ramuan asam kawak janganlah diminum oleh wanita hamil.

► Haid bau anyir


Asam kawak sebesar telur burung puyuh digabung dengan 10 iris temulawak yang dicuci dulu saat sebelum diiris serta irisan gula aren. Seduh dengan satu gelas air. Aduk rata. Setelah dingin disaring. Diminum 1x satu hari selama haid.

► Batuk kering


Siapkan 2 gelas daun asam, 2 gelas daun saga, 5 cm kayu manis Cina dicuci, di rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 2 gelas. Diminum siang hari, juga sebagai pengganti air minum biasa. Ulangilah selama beberapa hari.

► Menyembuhkan Sariawan


Ambillah 1 cangkir daun asam muda, sepotong kunyit 5 cm. Semua dicuci, kunyit diiris. Rebus dengan 4 gelas air hingga airnya tinggal 1/2. Agar rasanya agak enak, bisa ditambahkan gula aren waktu merebus. Saring. Minum pagi serta sore. Ulangi selama beberapa hari.

► Menyembuhkan Keputihan


Asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas dicuci, kunyit 5 cm dicuci, dikupas, sedikit gula aren. Daun asam serta kunyit dilumatkan, diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Masukkan asam serta gula. Aduk-aduk hingga gula larut. Peras dengan kain. Diminum mendekati tidur malam sehari-hari.

► Obat Campak


Siapkan 1 gelas daun asam, 3 rimpang kunyit segar dicuci, diiris, sedikit garam serta gula aren. Semua di rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 1/2. Diminum pagi serta sore. Ulangilah seperlunya.

► Borok (luka berair serta bernanah, gatal, serta pedih)


Biji-biji asam dicuci, dikupas, dilumatkan. Tempelkan pada borok.

Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...