Manfaat & Khasiat Daun Kelor Buat Kesehatan

Sponsored Links
.


Manfaat Daun Kelor - Ada sebuah pribahasa yang sering kita dengar mengatakan bahwa “dunia tak selebar daun kelor”? Itu karena daun ini memiliki ukuran yang kecil, tetapi jangan salah, dibalik ukuran nya yang kecil itu, daunnya memiliki sejuta manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Karena kandungannya yang melimpah, sehingga para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib, atau “Miracle Tree”.
Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kelor
Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter.[1] Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak.[1] Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.

Nama umum Indonesia: Kelor, limaran (Jawa) Inggris: Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu: kalor, merunggai, sajina Vietnam: Chùm ngây Thailand: ma-rum Pilipina: Malunggay

Penelitian pada manfaat daun kelor dimulai dari daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya, telah dimulai sejak tahun 1980, negara yang tradisi penduduknya menanam pohon kelor adalah somalia, etiopoa, sudan, karena pohon kelor merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai sayuran dan berfungsi untuk menjaga kesehatan, dan juga hasil dari tanaman ini di perjual belikan. Kegunaan lain dari daun kelor yaitu untuk menjaga tanah agar tidak longsor, air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat, hal ini telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. dan ketika musim kemarau datang, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya. baca juga manfaat daun sirsak.

Manfaat Daun Kelor

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang masih di dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi ini karena manfaat daun kelor sangat baik, karena ternyata mengandung:
  •     Diketahui bahwa mengandung Potasium Tiga kali lipat dari pada pisang.
  •     Juga mengandung Kalsium Empat kali lipat lebih banyak daripada susu.
  •     Dan juga di ketahui memiliki Vitamin C Tujuh kali lipat daripada jeruk.
  •     Mengandung Vitamin A Empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
  •     Juga memiliki Dua kali lipat protein dari pada susu.
Organisasi inilah yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree setelah melakukan penelitian dan mengetahui manfaat daun kelor lah yang berjasa sebagai penjaga kesehatan yang bisa didapatkan dengan harga murah selama 40 tahun pada negara-negara termiskin di dunia ini. dan berikut Khasiat daun kelor.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari daun kelor:
  • Menyehatkan kulit. Daun kelor mengandung vitamin c dan juga antioksidan yang sangat tinggi, kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Daun kelor yang dijadikan sebagai sayur dan dikonsumsi secara rutin dapat menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Daun kelor yang ditumbuk juga bisa dijadikan sebagai masker wajah yang bisa membuat kulit wajah semakin halus dan cantik.
  • Mengatasi Kulit Kering. Daun kelor adalah daun yang banyak mengandung vitamin B2. Vitamin B2 merupakan vitamin yang mampu menjaga kelembapan kulit. Karena itulah, orang yang kekurangan vitamin B2 kulitnya akan kering bahkan hingga pecah-pecah. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda mulai mencoba membiasakan diri mengkonsumsi olahan dari daun kelor secara rutin.
  • Mengatasi diabetes. Salah satu manfaat daun kelor yaitu dapat mengatasi diabetes. Manfaat daun kelor untuk diabetes dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Makan sayur daun kelor juga dapat mencegah penyakit gula darah atau diabetes.
  • Menjaga Kesehatan Mata. Daun kelor merupakan satu diantara banyak sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan inilah yang membuat daun kelor sangat ampuh dalam pencegahan penyakit mata. Mengkonsumsi daun kelor dapat membuat mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih. Daun kelor juga bisa menyembuhkan penyakit mata, caranya bisa dimakan langsung ataupun air rebusan daun kelor di basuhkan pada mata yang sakit setiap hari sampai sembuh.
  • Mencegah kanker. Antioksidan dalam daun kelor sangat tinggi, selain itu daun kelor mengandung potasium yang banyak. Salah satu manfaat dari daun kelor yaitu dapat mencegah kanker. Manfaat daun kelor untuk kanker yaitu dapat memperlambat bahkan menghentikan dan menghilangkan kanker yang ada dalam tubuh.
  • Mengobati rematik. Daun kelor juga sangat baik untuk mengobati rematik. Manfaat daun kelor untuk pengobatan rematik dapat mengurangi rasa sakit pada sendi dan dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi sehingga dapat menyembuhkan rematik atau asam urat. Daun kelor memang sudah sangat populer di mancanegara maupun di dalam negeri. Berbagai penyakit bisa diobati dengan daun kelor. Selain dapat mengobati berbagai penyakit, daun kelor juga sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.Manfaat daun kelor yang dikonsumsi setiap hari yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Selain itu, kelor juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai virus yang ada.
  • Mengatasi Pegal Linu. Manfaat daun kelor yang keempat adalah sebagai obat untuk mengatasi pegal linu. Dalam daun kelor, terdapat kandungan bernama pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks. Cara pengobatan pegal linu dengan daun kelor ini dapat anda lakukan dengan cara menghaluskannya kemudian membalutkannya diatas kulit bagian tubuh anda yang terasa pegal. Diamkan agar kandungan dalam daun kelor meresap. Tandanya adalah ketika anda sudah mulai merasa hangat. Jika sudah begitu, nikmati terlebih dahulu kemudian anda dapat membersihkannya setelah setengah atau satu jam setelah daun tadi bereaksi.
  • Mengobati Sariawan. Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan vitamin yan sangat ampuh dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan.
  • Menjaga Kesehatan Otak. Daun kelor kaya akan kandungan potasium. Menurut penelitian, potasium merupakan zat yang mampu memelihara kesehatan otak dan saraf sehingga keadaan keduanya dapat dikontrol kesehatannya. karena itulah, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan saraf dan otak konsumsilah daun kelor entah dalam bentuk sayur atau dalam bentuk olahan makanan yang lain.
  • Mencegah Osteoporosis. Kelor adalah tanaman dengan daun yang memiliki banyak kalsium. Kalsium inilah yang kemudian akan membuat tulang menjadi kuat dan mencegah terjadinya keropos tulang. Bahkan penelitian menyebtkan bahwa kalsium yang terkandung dalam daun kelor jumlahnya lebih banyak dibanding kalsium yang ada pada susu. Selain sebagai penguat tulang, dinegara-negara lain seperti Afrika dan India biasa memanfaatkan daun kelor sebagai obat diabetes dan mengobati tekanan darah tinggi.
Adapun Manfaat Kelor Secara Keseluruhan:
  • Akar. Sebagai obat dalam, air rebusan akar kelor dapat menyembuhkan rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, dan gonorrhoea. Akar tanaman kelor ini juga dikenal sebagai pelaruh air seni, pelaruh dahak atau obat batuk, peluruh haid, penambah nafsu makan dan pereda kejang. Tumbukan halus akar kelor dapat dibuat bedak untuk tapel perut pada bayi yang baru lahir, pencegah iritasi kulit, obat penyakit kulit, serta sebagai parem untuk bengkak-bengkak pada penyakit beri-beri dan untuk pengobatan kaki yang terasa pegal dan lemah.
  • Kulit Batang. Berdasarkan hasil riset, kulit batang kelor mujarap sebagai penawar racun ular dan kalajengking. Selain itu, mengoleskan ekstrak kulit batang ekor, dapat mengatasi pembengkakan, sariawan, dan karang gigi.
  • Buah. Buah kelor diketahui mengandung zat alkaloida morongiona yang bersifat merangsang pencernaan makanan. Buah kelor juga dapat dimasak menjadi sayur asam yang lezat.
  • Bunga. Air rebusan bunga kelor dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, flu dan cacingan.
  • Biji. Biji kelor dapat dipakai sebagai penjernih air. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik, obat-obatan, serta sumber minyak goreng nabati. Biji kelor yang telah kering mengandung 40 persen lemak tak jenuh sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif minyak sawit.
Cara Pengolahan Daun kelor untuk Kesehatan:
  • Alergi, untuk mengatasi alergi,ambil tiga gagang dan direbus, adas pulasari secukupnya, ditambah satu siung bawang merah, dan ditambahkan dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin.
  • Herpes, kurap dan luka bernanah, ambil tujuh gagang daun kelor lalu tumbuklah sampai halus kemudian diitempelkan pada bagian yang bermasalah, Manfaat Buah Daun.
  • Sakit mata, ambil tiga gagang lalu di tumbuk hingga halus dan ditambahkan air satu gelas, di aduk sampai merata, lalu diamkan sampai mengendap ampasnya untuk digunakan airnya untuk tetes mata.
Manfaat daun kelor
  • Manfaat daun kelor untuk Rematik, pegal linu, nyeri, ambillah dua gagang dan kapur sirih sebanyak setengah sendok makan lalu di tumbuk sampai halus, setelah halus gosok pada bagian tubuh yang sakit sebagai param.
  • Menghilangkan flek wajah, ambillah beberapa daun yang masih muda, tumbuk sampai sangat halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak.
Demikian ulasan mengenai manfaat daun kelor. Semoga dapat menjadi referensi obat kesehatan bagi anda. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun kelor juga memiliki rasa yang lezat dan nikmat.

Sumber:  dari berbagai sumber
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive