PENTING UNTUK DIBACA !! Mari Kita Menganal Apa Itu Karang Gigi Dan Cara Mencegah Karang Gigi Dibawah Ini Secara Sederhana. Mohon Sebarkan Artikel Ini Kepada Yang Lain

Sponsored Links
.

PENTING UNTUK DIBACA !! Mari Kita Menganal Apa Itu Karang Gigi Dan Cara Mencegah Karang Gigi Dibawah Ini Secara Sederhana. Mohon Sebarkan Artikel Ini Kepada Yang Lain

 Kita seluruhnya pasti tahu, juga sering mendengar, bahwa sikat gigi serta dental floss sangatlah penting untuk mencegah pembentukan karang gigi. Namun tahukah anda apakah itu karang gigi? serta kenapa karang gigi bisa menyebabkan masalah untuk kesehatan gigi serta mulut?

Simak selalu artikel ini untuk mengetahui lebih jauh.
Apakah itu karang gigi?


Karang gigi (kalkulus gigi) yaitu deposit yang terbentuk dari plak pada gigi. Biasanya karang gigi bakal menyerupai kerak yang keras, menempel serta menyelimuti beberapa ruang pada gigi.

Karang gigi cukup mudah dikenali pada gigi, lantaran warnanya yang kuning sampai cokelat. Bahkan juga bisa menghitam bila di pengaruhi oleh kebiasaan seperti merokok serta minum kopi.

Bagaimana karang gigi terbentuk?
Meskipun anda sangatlah menjaga kebersihan gigi serta mulut, tetap harus ada bakteri di mulut anda. Bakteri itu bakal bercampur dengan protein serta sisa-sisa makanan, membuat lapisan yang menempel di gigi, yang disebut plak gigi (plaque).

Plak gigi yaitu awal mula dari banyak permasalahan gigi serta gusi, yang dapat mengarah pada rusaknya gigi, gigi berlubang, gusi bengkak serta bernanah, serta bau mulut. Tetapi bila anda rajin membersihkan plak gigi, anda dapat mencegah rusaknya gigi yang permanen.

Demikian sebaliknya, permasalahan itu bakal semakin memburuk bila plak gigi dilewatkan, yang lama kelamaan bakal mengeras serta membentuk karang gigi. Walaupun terbentuknya sangatlah lambat, sedikit setiap hari, tetapi hanya dokter gigi yang dapat mengangkat karang gigi yang melekat di gigi anda.

Karang gigi yang menempel bakal makin menyulitkan anda membersihkan gigi. Sikat gigi serta floss tidak cukup untuk membersihkan karang gigi yang melekat di gigi anda.

Bila karang gigi terbentuk di garis gusi, jadi bakterinya dapat menginfeksi gusi anda, membuatnya iritasi serta bengkak, yang dapat mengarah pada banyak masalah pada gusi anda.

Tips Mengontrol serta Mencegah Karang Gigi


Karang gigi melekat dengan sangatlah kuat pada gigi, hingga proses pengangkatan karang gigi mesti dilakukan oleh dokter/pakar gigi profesional. Tetapi ada banyak hal yang bisa anda kerjakan untuk mengontrol serta mencegah pembentukan karang gigi.

Sikat gigi dengan cara rutin

Sikatlah gigi anda sekurang-kurangnya 2 x dalam satu hari. Gunakan sikat gigi dengan sikat yang lembut serta cukup kecil untuk menjangkau sela-sela gigi serta mencapai bagian terdalam dari gigi anda. Kerjakan sikat gigi selama 2 menit setiap kalinya, untuk menghilangkan plak serta mencegah pembentukan karang gigi.

Gunakan pasta gigi dengan fluoride

Kandungan fluoride pada pasta gigi bakal menolong mencegah plak gigi mengeras serta jadi karang gigi. Di samping itu, fluoride penting juga untuk melakukan perbaikan kerusakan enamel gigi. Lebih jauh lagi, sebagian produk juga ada yang memiliki kandungan triclosan, yang dapat membantu melawan bakteri yang ada pada plak gigi.

Gunakan dental floss secara reguler

Dental floss yaitu benang gigi yang dipakai untuk membersihkan sela-sela gigi. Meskipun anda rajin menyikat gigi, dental floss yaitu hanya satu langkah untuk bersihkan plak di sela-sela gigi anda serta mencegah pembentukan karang gigi ditempat itu.

Bila anda tidak punya kebiasaan melakukan flossing, jadi gambar dari drg. Dio Nella berikut bisa anda jadikan panduan.

Janganlah merokok

Beragam studi menunjukkan bahwa orang yang merokok atau memakai produk tembakau yang lain, cenderung mengalami permasalahan karang gigi. Merokok bahkan juga dapat mendatangkan banyak permasalahan lain yang lebih serius untuk gigi serta mulut.

Perhatikan makanan yang anda konsumsi

Bakteri di mulut bakal semakin ‘subur’ bila anda konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak gula. Waktu bakteri bertemu dengan jenis makanan ini, bakal membuahkan zat asam berbahaya yang bisa mengakibatkan kerusakan enamel gigi, membentuk plak, serta meningkatkan resiko terbentuknya karang gigi.

Batasi konsumsi makanan, termasuk juga cemilan, yang terlalu manis. Juga sebagai gantinya, pastikan makanan yang lebih sehat seperti sayuran serta buah-buahan segar. Anda tidak mesti menghindari ‘makanan manis’ sama sekali, tetapi janganlah terlalu berlebih, serta imbangi dengan minum air putih setelahnya. Bila perlu, bersihkan gigi anda dengan menyikat gigi.

Datang ke dokter gigi

Terakhir, tetapi yang paling penting, periksakan gigi anda ke dokter gigi secara berkala. Disarankan untuk memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Bersihkan karang gigi yang melekat cuma aman bila dilakukan oleh dokter/ahli kesehatan gigi profesional dengan peralatan yang memanglah khusus untuk menghancurkan serta mengangkat karang gigi.

Selain untuk membersihkan karang gigi yang terlanjur terbentuk di gigi, dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi, gusi serta mulut anda secara keseluruhan, memberikannya saran, sampai memberi perawatan/pengobatan bila diperlukan.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive