PERLU ANDA KETAHUI,..(( CATAT DAN BACA )) " EMBOLI PARU " PENYEBAB DAN GEJALANYA DI TANDAI DENGAN NYERI DADA,..?!! BERIKUT PENJELASANNYA,..!!!

Sponsored Links
.




Salah satu tanda bahwa Anda terserang serangan jantung yakni, akan merasakan nyeri dibagian dada samping kiri. Tetapi ternyata, nyeri di bagian dada kiri ini tidak cuma tandanya dari serangan jantung saja, namun juga paru-paru.

Dr Cosphiadi Irawan, SpPD-KHOM, dari divisi Hematologi-Onkologi Medik Departemen Pengetahuan Penyakit Dalam FKUI-RSCM menerangkan, bahwa penyumbatan pembuluh darah di paru-paru manusia dikatakan sebagai “Emboli Paru”.

“Emboli paru adalah salah satu bentuk manifestasi dari masalah trombo emboli vena (Venous Thrombo Embolism – VTE). Sumbatan di paru itu akan menyebabkan rasa sesak, napas cepat, nyeri dada, sampai batuk darah, ” demikian tutur Dokter Irawan, pada Aktual. com, waktu didapati pada sesi diskusi ‘Waspada Darah Beku’ di Double Tree Hilton, Jakarta, Selasa (20/10).

Setelah itu, Dokter dari RSCM itu menuturkan, bahwa nyeri di dada disebabkan jantung hampir sama juga dengan rasa sakit pada paru-paru hanya durasi yang berbeda dan ini dapat dicek dengan EKG.

“Kalau penyumbatan pembuluh darah di jantung khas dengan nyeri dada yang menusuk ke belakang, durasi onset dapat lebih dari 30 menit, dan pergantian EKG waktu dicek dengan elektrokardiogram, ” jelas Dr Cosphiadi.

Hal sama juga disibakkan oleh Prof Dr dr Karmel Lidow Tambunan SpPD KHOM, Ketua Perhimpunan Trombosis Hemostasis Indonesia (PTIH) yang menyampaikan, permasalahan diatas dapat juga karena sebab pembekuan darah di vena sisi dalam yang dimaksud “Emboli Vena”.

“Emboli vena dapat karena bekuan darah vena dalam atau DVT (Deep Vein Thrombosis) yang biasanya sering terjadi di kaki. Bekuan darah yang terlepas dari vena kaki dapat masuk ke aliran darah dan pada akhirnya menyangkut di paru-paru, ” demikian ungkap Prof Karmel tutup perbincangan.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive