Loading...

Pola Hidup Sehat Jasmani dan Rohani yang Wajib Kita Tahu

Sponsored Links
Loading...
Loading...


Hidup Sehat - Di antara kalian semua, siapa yang tidak ingin memiliki tubuh  sehat dan kuat ??? Setiap orang pasti ingin punya tubuh  sehat dan kuat, agar tubuh sehat dan kuat di perlukan melakukan pola hidup yang sehat. Apa maksud pola hidup sehat ??  Perilaku apa yang sesuai pola hidup sehat ??  Hal apa yang memengaruhinya pola hidup sehat ?? Bagaimana menjalankan  dalam kehidupan ?? Agar  bisa memahami tentang  pola hidup sehat,  maka saya sarankan hendaknya membaca tulisan materi ini dengan cermat sampai selesai !! Sekarang coba dibaca dan dipahami tentang materi dibawah ini :
Pola Hidup Sehat Jasmani dan Rohani secara Teratur
Macam Macam Pola Hidup Sehat
1.    Hakikat Hidup Sehat
Seperti yang dikatakan ibu menteri kesehatan (2012:72) hidup sehat merupakan  hidup yang tanpa gangguan meliputi permasalahan kesehatan baik berupa penyakit2 fisik ( tubuh) maupun non fisik (kondisi jiwa, pikiran dan hati).Perilaku yang sehat merupakan tindakan yang dilakukan oleh individu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, seperti tindakan mencegah  penyakit, tindakan merawat kebersihan diri, dan tindakan menjaga kebugaran melalui olahraga teratur dan makan makanan bergizi. Kebiasaan perilaku hidup sehat hendaknya dilakukan sebagai upaya mendapatkan hidup sehat. Secara sederhana dapat dibilang hidup sehat sebagai hidup dengan cara yang sehat agar mendapat kesejahteraan badan,jiwa yang produktif secara sosial, agama dan ekonomi. Pola hidup sehat sebagai perilaku proaktiff  dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan hidup, mencegah risiko dan melindungi diri dari ancaman berbagai macam penyakit, serta berperan aktif dalam kegiatan kesehatan masyarakat.

Kesehatan itu penting dalam kebahagiaan hidup.Seseorang yang mampu  menikmati kebahagiaan dalam hidup  merupakan syarat bagi seseorang yang mempunyai kesehatan jasamani dan rohani. Hidup sehat menjadi cara seseorang yang mempunyai Pola hidup sehat demi menuju kebahagiaan hidup. Coba bayangkan jika kita punya segudang harta dan kekayaan serta  dikelilingi orang-orang tercinta di sekitar kita, namun kita dalam kondisi stress atau sakit di rumah sakit, bagaimanakah ? apakah kita meras bahagia secara sempurna. Oleh sebab itu, mari  kita biasakan hidup sehat. Salah satu resep kebahagiaan yang ajib adalah apabila kita bisa menjalani kebiasaan hidup dalam kondisi sehat walafiat.
Pola Hidup Sehat Jasmani dan Rohani secara Teratur

2.    Hakikat Pola Hidup Sehat

Sehat sampai meninggal merupakan suatu keinginan semua orang hidup, Upaya menjaga kesehatan tidak akan mencapai keberhasilan jika tidak ada perubahan  dalam sikap mental dan perilaku. Penyakit saai ini bersumber dari pola hidup yang tidak teratur dan salah. Bila kita mempunyai aktivitas pola hidup yang sehat dan benar maka semua penyakit akan jauh dari kita. Manusia adalah keutuhan jasmani dan rohani yang berhubungan dan tidak bisa dipisahkan, atau bisa dikatakan sesuatu yang memengaruhi juga mempengaruhi fisik tubuh.

Kondisi rohani  berpengaruhi pada kondisi jasmani dan kondisi jasmani berpengaruh pada kondisi rohani. kebahagian dan canda tawa yang penuh kesenangan serta kebahagiaan mampu menghasilkan suatu perubahan yang baik dan  besar dalam sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya dengan kebahagiaan dan kegembiraan kita mampu melawan penyakit . Karena kerja sama antara pikiran dan tubuh yang sangat erat. Pola hidup sehat yang kita harapkan yaitu melakukan segala upaya untuk menentukan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup sehat dan selalu menghindari kebiasaan yang buruk yang mengganggu kesehatan kita. Kesehatan bukan segalanya, namun segalanya tanpa kesehatan tidak berarti apa apa (nihil). Bahkan sehat merupakan investi masa depan yang baik dan merupakan  hak dan kewajiban setiap manusia. Seperti yang dikatakan Kontler  pada tahun 2002,  pola hidup sehat merupakan hidup yang dijalani dengan pola yang lebih fokus kepada hal yang berhubungan dengan kesehatan, baik itu berupa makan minum, berpikir bahkan gaya hidup menuju hidup yang sehat, baik secara jasmani maupun rohani. Lebih lanjut Kotler berkata: pola hidup sehat merupakan gambaran dari aktivitas yang di dukung oleh hasrat (keinginan) dan minat dan bagaimana kondisi pikiran menjalaninya dalam bercakap dengan lingkungan. baca juga Cara dan Langkah untuk Mencapai Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat saat ini dan selamanya merupakan suatu gaya hidup dengan memperhatikan serta menimbang faktor-faktor tertentu yang mampu memengaruhi kesehatan seperti makanan dan olahraga. Pola hidup sehat menyangkut aturan yang berlaku untuk mencapai antara kesehatan jasmani dan rohani. Pola-pola hidup sehat baik secara jasmani maupun rohani antara lain sebagai berikut.

a.    Pola Meraih Kesehatan Jasmani
Arti sehat menurut WHO (World Health Organization /Organisasi Kesehatan dunia) adalah segala bentuk kesehatan badan, rohani/ jiwa/mental dan bukan hanya keadaan  ketika bebas dari penyakit, kelemahan-kelemahan ataupun cacat. Sehat menurut  UUK (Undang-Undang Kesehatan) adalah keadaan sejahtera meliputi kesejahteraan badan, jiwa dan sosial yang membuat seseorang untuk hidup produktif secara sosial, budaya dan ekonomi. Kesehatan jasmani dapat kita peroleh dengan baik jika kita mampu menerapkan atau mempratekkan pola hidup sehat secara baik dan benar. Berikut  tips dalam meraih kesehatan jasmani antara lain yaitu.
  1. Pola Makan yang Sehat dan Terartur. Tubuh akan terpengaruh oleh makanan yang dikonsumsi, makan makanan yang sehat harus mengandung jumlah gizi yang seimbang. Hendaknya kita harus memeriksa label makanan2 dan minuman2 yang kita beli baik meliputi kandungan gizi maupun tanggal kedaluarsa, juga bagaimana makanan tersebut harus dimasak. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui segala sesuatunya tentang makanan.
  2. Minum Air Secukupnya. Minumlah air putih secukupnya, kurang lebiah antara enam sampai delapan gelas air perhari. Minum air lebih banyak setelah kita melakukan aktivitas jasmani /fisik berat seperti olahraga. Minum air yang cukup akan memberikan bantuan kepada tubuh menggantikan air yang hilang dan membersihkan tubuh dari racun yang memtikan atau tidak . Minum air mineral yang banyak sangat dianjurkan, tetapi lebih baik hindari konsumsi minuman2 yang mengandung soda dan kafein maupun alkohol.
  3. Berolahraga yang secukupnya. Olahraga yang teraturr dan terukur akan mampu membuat keadaan jasmani kita selalu tetap terjaga. Selain itu, dengan olahraga juga mampu membantu mengatasi ketegangan dan kekakuan mental kita. Selain itu, dengan olahraga teratur akan mampu memperlancar sirkulasi peredaran darah, memperkuat otot-otot, dan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Olahraga yang mudah, murah dan ramah dapat kita lakukan  dengan berjalan dengan cepat, jogging atau bersepeda dan jalan santai.
  4. Hindari Kebiasaan Buruk yang selalu merugikan. Selain harus menjalankan kebiasaan kehidupan yang baik, kita juga hendaknya menjauhkan kebiasaan buruk, seperti memakan makanan2 yang kurang bergizi, jajan sembarangan tempat, merokok dan hati2 dengan menyalahgunakan narkoba,nikotin dan lain sebgainya.
b.    Pola Meraih Kesehatan Rohani
Orang yang mempunyai rohaninya sehat adalah orang yang selalu bersyukur, bahagia atas nikmat yang diterimanya, merasa cukup terhadap pemberian, sabar, ikhlas senang tatkala temannya mendapatkan nikmat yang lebih baik,  susah tatkala melihat temannya  sedih da nada masalah, selalu berusaha agar orang lain bahagia, tawakal/pasrah dan mau menerima apa adanya/qona’ah. Penjelasan  adalah tanda-tanda seseorang mengalami keadaan sehat rohani. Penyakit rohani bisa dialami banyak orang, baik orang kaya, miskin, pejabat, rakyat biasa, orang pintar dan bodoh. Penyakit rohani lebih berbahaya dari pada penyakit fisik atau jasmani. Karena Penyakit rohani juga berdampak pada orang lain. Orang yang mengidap penyakit rohani, misal dengki,  hasut, maka orang2 yang dekatnya, seperti teman, tetangga, dan masyarakat sekitar akan terkena dampaknya.

Dari sekian informasi mengenai beberapa tulisan dari blog tips cara cantik alami serta penjelasan diatas adalah referensi yang bermanfaat bisa anda share pada teman teman anda. Dapatkan tips lainnya yang juga sudah ditulis pada judul lain, silakan anda cari tips hidup sehat dan cantik. Dapatkan juga berbagai kumpulan informasi yang lengkap disini disertai dengan gambar yang sederhana sehingga kalian mungkin bisa menemukan solusinya dengan cepat dan tepat.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...