Loading...

SUNGGUH MERUGI JIKA KALIAN TIDAK COBA INI,!!! MULAI DARI HIPERTENSI, RADANG PERNAFASAN HINGGA DIABETES TERSEMBUHKAN BERKAT TANAMAN LIDAH MERTUA INI...!!! ((TOLONG BAGIKAN))

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Tanaman lidah mertua tak asing lagi untuk kita semua. Karena tanaman itu sering kali menjadi tanaman hias serta sangat banyak dikembang biakan. Selain mempunyai bentuk serta warna yang indah, lidah mertua ini dapat mudah sekali tumbuh sehingga banyak ditanam.

Tanaman lidah mertua atau nama yang lain bunga sanseveria (Sansevieria Trispasciata Prain) adalah tanaman yang berasal dari benua Afrika tropis. Tanaman itu cocok ditanam didaerah dengan ketinggian 1-1000 meter di atas permukaan laut. Biasanya tanaman itu ditanam untuk tanaman hias atau pagar rumah.

Hasil gambar untuk tanaman lidah mertua

Tanaman lidah mertua mempunyai akar rimpang yang menjalar hingga sangatlah kokoh. Lidah mertua juga termasuk kedalam tanaman terna menahun. Daun lidah mertua termasuk kedalam daun tunggal dengan struktur keras, permukaan licin, berkumpul sebagai roset akar serta kaku. ujung daun runcing sementara pangkalnya menyempit. Tepi daun berwarna kuning sementara permukaan serta belakang daun berwarna hijau garis garis yang bergelombang. Bunganya sendiri termasuk kedalam bunga majemuk yang akan mekar saat malam hari.

Kandungan Tanaman Lidah Mertua :
Kardenolin
Abamagenin
Zat aktif pregnane glikosid,
Polifenol
Saponin.

Kelebihan tanaman lidah mertua di banding tanaman hias yang lain :
Mudah dirawat
Memiliki tingkat penyerapatan tinggi pada pulusi
Menghasilkan zat O2 tanpa membuahkan zat CO2 hingga cocok ditanam di dalam rumah

Bagian yang digunakan :
Daun, Batang serta akar.

Nama daerah tanaman lidah mertua :
• Jawa : Pancing Towo
• Melayu : Lidah Jin
• Sumatera : Letah Menyawak
• Madura : Mandafika

Berikut manfaat tanaman lidah mertua untuk kesehatan beserta cara penggunaannya :

1. Batuk
Bahan : Daun lidah mertua 25 gram
Langkahnya : Bersihkan daun lidah mertua dengan cara dicuci hingga bersih. Daun lidah mertua itu setelah itu di rebus dengan 3 gelas air. Bila air rebusan daun lidah mertua itu tersisa 1 gelas, angkat serta saring. Minumlah air rebusan daun lidah mertua itu dengan teratur sehari 2 kali dengan aturan minum ½ gelas setiap kali minum.

2. Penyubur rambut
Bahan : Daun lidah mertua secukupnya
Langkahnya : Cuci bersih daun lidah mertua seperlunya. Haluskan daun lidah mertua itu dengan cara ditumbuk. Basahi rambut lalu oleskan daun lidah mertua itu pada rambut hingga kulit kepala dengan cara merata sembari dipijat perlahan. Biarkan beberapa lama lalu bersihkan dengan air serta sampo. Lakukan dengan cara rutin serta teratur.

3. Influenza
Bahan : Daun lidah mertua segar 30 gram
Langkahnya : Cuci terlebih dulu daun lidah mertua hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Angkat, saring lalu minum sehari 2 kali saat telah dingin. Perlu di perhatikan setiap kali minum ½ gelas serta lakukan dengan teratur.

4. Diabetes
Bahan : 25 gr daun lidah mertua segar
Langkahnya : Cuci bersih daun lidah mertua supaya terlepas dari kuman serta bakteri. Rebuslah daun lidah mertua itu dengan air sebanyak 3 gelas. Biarkan air rebusan itu sampai tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring serta dinginkan. Minumlah ramuan daun lidah mertua pagi serta sore hari ½ gelas setiap kali minum. Lakukan dengan teratur.

5. Bisul
Bahan : daun lidah mertua
Langkahnya : Siapkan daun lidah mertua seperlunya lalu dicuci terlebih dulu. Tumbuk hingga halus daun lidah mertua itu. Tempelkan pada bisul dengan cara merata kecuali bagian matanya. Ulangilah bila telah kering dengan ramuan yang baru.

6. Hipertensi
Bahan : Akar lidah mertua kering 25 gram
Langkahnya : Akar lidah mertua yang telah dikeringkan dicuci terlebih dulu sebelum di rebus. Bila telah bersih lalu di rebus dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan itu sampai menjadi 1 gelas. Angkat, saring serta dinginkan. Minumlah air rebusan akar lidah mertua itu 2 kali sehari ½ gelas setiap kali minum. Kerjakan dengan teratur.

7. Radang saluran pernafasan
Bahan : Akar lidah mertua secukupnya
Langkahnya : Keringkan akar lidah mertua kering sebanyak 27 gr. Kemudian akar mertua itu dicuci bersih. Rebuslah dengan air sebanyak 3 gelas. Angkat bila air rebusannya tersisa 1 gelas lalu saring. Setelah dingin air rebusan itu diminum 2 kali sehari yakni saat pagi serta sore hari masing masing ½ gelas setiap kali minum.

8. Diare
Bahan : Akar lidah mertua secukupnya
Langkahnya : Akar lidah mertua kering di rebus sebanyak 27 gr dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan itu menjadi 1 gelas. Angkat, saring serta dinginkan. Minumlah air rebusan akar lidah mertua itu 2 kali sehari yakni pagi serta sore hari dengan teratur masing masing ½ gelas setiap kali minum.

9. Keseleo
Bahan : Daun lidah mertua secukupnya
Langkahnya : Cuci bersih daun lidah mertua seperlunya. Kemudian daun lidah mertua itu dihaluskan dengan cara digiling atau ditumbuk. Oleskan pada daerah yang keseleo dengan cara merata lalu dibalut menggunakan kain agar tak terlepas.

10. Radang usus
Bahan : 25 gr akar lidah mertua kering
Langkahnya : Rebus akar lidah mertua kering yang telah dicuci bersih dengan 3 gelas air. Bila air rebusannya tersisa 1 gelas lalu angkat serta saring. Minumlah dengan teratur air rebusan itu pagi serta sore hari masing masing ½ gelas setiap kali minum.

Itulah artikel yang dapat di sampaikan tentang Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk kesehatan. Semoga artikel kesempatan ini membantu dalam mencari tanaman obat tradisional. Bila ingin memanfaatkan ramuan dari tanaman lidah mertua terutama penggunaan dalam, alangkah baiknya bila berkonsultasi terlebih dulu ke dokter.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...