Rahasia Cara Merawat Tanaman Mangga Agar Berbuah Lebat Sepanjang Tahun

Sponsored Links
.


Cara Membuat Tanaman Mangga Berbuah Lebat - Bagaimana caranya agar pohon mangga bisa berbuah lebat? Pohon mangga adalah pohon yang mudah ditanam. Perawatan pohon ini pun tidak begitu sulit. Sifatnya yang bandel terhadap hama dan penyakit juga membuat pohon ini kerap dijadikan sebagai penghias halaman rumah. Apalagi pohon mangga juga dapat menghasilkan buah yang berukuran besar dengan nilai ekonomis tinggi.
Cara Membuat Tanaman Mangga Berbuah Lebat
Cara Membuat Tanaman Mangga Berbuah Lebat
Tapi tahukah anda, jika dipelihara dengan metode yang tepat, pohon mangga dapat menghasilkan buah yang lebih lebat. Jika biasanya pohon yang anda miliki hanya berbuah sedikit, maka dengan memberikannya perlakuan khusus akan merangsang pohon tersebut untuk menghasilkan buah mangga yang banyak. Silahkan mencoba ketiga tips rekomendasi dari kami berikut ini :

1. Pemangkasan Cabang Pohon Selepas Pemanenan
Metode pertama yang bisa anda lakukan untuk memicu pohon mangga berbuah lebat adalah memangkas bagian cabang dan ranting pohonnya secara periodik. tujuan dari pemangkasan yaitu agar pohon tersebut memiliki bentuk yang proporsional dan dipenuhi cabang-cabang muda yang siap berproduksi. Pemangkasan dilakukan pada bagian cabang yang sudah tidak produktif, berusia tua, berpenyakit, dan tumbuh tidak normal. Pemangkasan sebaiknya dikerjakan setiap kali selesai masa panen pohon mangga.

2. Penaburan Kapur Pertanian atau Dolomit
Dolomit atau kapur pertanian berfungsi untuk meningkatkan tingkat keasaman tanah. Perlu diketahui, salah satu faktor penyebab rendahnya buah yang dihasilkan pohon mangga adalah sifat media tanamnya berubah menjadi asam dan tidak ideal. Untuk itu, supaya kondisi tanah menjadi normal kembali, cobalah menaburkan dolomit di sekeliling pokok batang utama. Dosis yang dianjurkan adalah 0,25 kg untuk setiap pohon atau sesuai dengan karakteristik media tanam yang digunakan. Hindari memberikan dolomit dalam jumlah yang besar karena malah akan mematikan pohon itu sendiri.

3. Pemberian Pupuk NPK Secara Rutin
Pohon mangga memerlukan nutrisi yang banyak untuk dapat menghasilkan buah-buah yang lebat. Di samping pupuk kompos, salah satu pupuk yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman sekaligus merangsangnya agar cepat berbuah adalah pupuk NPK. Pemberian pupuk ini biasanya dilakukan ketika 15 hari setelah penaburan dolomit dengan dosis sebanyak 0,25 kg/pohon. Jangan lupa, siramlah pohon mangga setiap 2 kali sehari agar penyerapan nutrisi pupuknya berlangsung lebih maksimal. Pemupukan ulang bisa dilakukan pada 2 bulan ke depan memakai dosis yang sama dan tanpa diawali dengan pengapuran.

Percayalah, ketiga metode di atas sangat efektif untuk memicu pohon mangga supaya mampu berbuah lebat.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive