Resep Obat Tradisional Sawan Pada Anak

Sponsored Links
.


Sawan adalah penyakit yang aneh dan unik yang cukup di kenal di jawa kususnya terlepas dari percaya atau tidak percaya yang jelas penyakit ini ada meskipun menurut medis tidak pernah ada yang mejelaskan tentang penyakit sawan ini.

Penyakit ini biasanya menimpa pada anak anak/balita tapi bisa juga menimpa pada orang dewasa namun jarang sekali,gejala sawan ini biasanya badan anak demam dengan tiba tiba dan tanpa sebab yang jelas,anak jadi rewel/nangis terus susah di tolong kadang membuat orang tua jadi bingung dan panik.

Di daerah madura yang paling terkenal/paling sering di jumpai sawan kambing biasanya kalau punya balita yang demam mendadak ibu si anak langsung di tanya habis makan apa bila ternyata habis makan makanan dengan bahan kambing langsung menduga kalau si anak terkena sawam kambing dan pengobatanya cukup unik yaitu;tulang kambing sisa di ambil kemudian di bakar sampai gosong lalu di campur dengan minyak.



Dan kebanyakan kalau mempunyai balita rewel biasanya si ibu di tanya habis makan apa misalkan makan rujak atau makanan lain yang pedas bisa berpengaruh pada asi ibu tadi,atau makan apa saja akan berpengaruh pada asi si ibu di yakini demikian.

Sawan yang kami ketahui di jawa antara lain sawan manten,ketika seorang ibu yang masih menyusui atau masih punya anak balita di ajak ke pesta perkawinan setelah pulang dari acara tersebut si anak tiba tiba rewel dan suhu badan meningkat/demam,ketika terjadi seperti ini orang tua jaman dulu langsung mengatakan si anak terkena sawan manten pengobatanya juga unik yaitu ;minta bunga bekas mempelai atau manten(bahasa jawa)lalu di ikatkan pada tali gendongan si anak.

Sawan sripah(tempat orang meninggal)untuk jenis ini biasanya orang yang sedang kena musibah/kesripahan biasanya sudah mempersiapkan penangkal sawan yang terbuat dari ramuan tradisional yang di tumbuk halus namanya singgul dan di taruh dalam piring diletakkan pada tempat masuk orang yang takziyah.

Dan tanpa ada pemberitahuan orang  orang yang datang  terutama ibu ibu langsung mengambil sedikit ramuan tersebut dan di oleskan pada dagu kiri dan kanan termasuk yang membawa anak balita agar anaknya tidak terkena sawan .

Ternyada selain sawan yang saya ulas di atas di warung penjual jamu jawa juga ada ramuan "jamu sawan kikir" ada juga "jamu sawan Tahun" mungkin masih ada lagi namun yang pernah dan sering saya dengan hanya itu,biasanya orang orang jaman dulu bila anaknya rewel langsung datang ke warung jamu dan di buatkan jamu atau di cekoki yaitu ramuan jamu di bungkus kain tipis dan di peras langsung ke mulut si anak .

Cekok untuk anak anak di jogja yang sangat terkenal adalah krekop di dekat pura wisata/THR ,di bagian timur sekitar kami jamu mbah ADI yang sekarang di teruskan puteranya dengan nama Saras Saliro Adi di dekat pasar sambilegi timur ringrod maguwo.

bagi yang muslim silahkan buka hadits ibnu maajah juz 3 bab 32-33-34 nomer hadits 3506 s/d 3511 tentang penyakit sawan dan cara mengobatinya yang terjadi pada jaman nabi Muhammad saw.

Demikian ulasan dari kami tentang penyakit sawan pada anak anak dan cara mengobatinya yang di lakukan oleh orang orang tua pendahulu kita semoga bermanfaat dan terima kasih.


Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive