Loading...

Amazing Banget..!!! Daun Kiambang (Apu-apu) Obati Demam, Kencing Bernanah dan Gatal-gatal di kulit

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Tanaman yang biasa didapati di kolam-kolam ikan atau di rawa-rawa ini dimaksud Daun apu-apu atau Kiapu atau Kiambang dalam bhs Sunda. Mempunyai nama ilmiah Pistia stratiotes L, tanaman ini hidup mengambang di permukaan air sedang akarnya menjuntai kebawah dibawah permukaan air. Umumnya selain sebagai tanaman hias di kolam ikan, tanaman ini banyak seringkali juga dipakai sebagai obat yang berguna untuk menangani bermacam penyakit. 

Apu-apu atau Kiambang
Tanaman yang terasa pedas ini berbentuk sejuk, bermanfaat antirematik, antiradang, peluruh keringat (diaforetik), serta peluruh kencing (diuretik). Mempunyai kandungan Kimia seperti flavonoid, tanin, dan polifenol. 


Umumnya bagian yang Dipakai untuk penyembuhan yaitu daun tanpa akar. Baiknya yang dipakai daun yang masih segar atau bisa pula yang sudah dikeringkan. 

Berikut adalah sebagian khasiat obat dari Apu-apu : 

1. Menyembuhkan flu, demam, batuk rejan, 
2. Menangani keluhan pegal linu (reumatism), bengkak terbentur (memar), 
3. Mengempiskan bengkak (edema), menyembuhkan kencing terasa nyeri (disuria), 
4. Obat sakkit kencing nanah, 
5. Obat gatal lantaran alergi (urtikaria), gatal-gatal (pruritus), 
6. Bisa membantu ketika sakit disentri 
7. Menangani penyakit kulit seperti bisul 

Langkah Penggunaan 

Sebagai obat yang diminum, daun Apu-apu yang masih segar sejumlah 10-15 g. 

Sedang untuk penggunaan luar, bisa dipakai untuk menyembuhkan eksim, panu serta radang kulit yang bernanah. Yakni dengan Cara, haluskan herba apu-apu dengan blender atau ditumbuk, lantas peras airnya. Air perasan di pakai untuk mengompres. Bisa pula dengan merebus daun segar. Setelah dingin, air dipakai untuk membersihkan bagian yang sakit. 

Daun Apu-apu dapat juga dipakai untuk membantu pada keadaan Demam. Daun Apu-apu segar sejumlah 15 lembar dicuci bersih, lalu di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih yakni kurang lebih 15 menit. Dinginkan lantas selanjutnya saring serta bagi untuk 2 x minum pada saat pagi dan sore. 

Perlu di perhatikan, Wanita yang sedang hamil dilarang meminum rebusan apu-apu. Bagian akar sedikit toksik atau beracun sebaiknya bersihkan akarnya dengan seksama sebelum memakainya. 

Demikian khasiat daun apu-apu untuk pengobatan penyakit, mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...