Loading...

Wanita Banyak Yang Belum Tahu !! Bagaimana Cara Membaca Hasil USG?

Sponsored Links
Loading...
Loading...

Bagaimana Cara Membaca Hasil USG?

Saat kunjungan ke dokter kandungan, pasti Anda dan suami senang sekali jika ditunjukkan gambar janin Anda di rahim melalui USG. Dokter pun akan mencetak hasil USG tersebut dan memberikannya pada Anda. Kemudian, Anda lihat lagi dan memerhatikan dengan jelas gambar janin Anda tersebut sambil menebak-nebak apa yang sedang dilakukannya. Namun, apakah Anda sudah melihatnya dengan benar? Apa yang Anda lihat? Nah, banyak ibu yang mungkin masih bingung bagaimana cara membaca hasil USG. Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan berikut ini.

Yang perlu Anda tahu saat membaca hasil USG

USG atau ultrasonografi adalah pemeriksaan yang penting dilakukan saat hamil. Melalui USG, dokter dan ibu hamil dapat mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Tidak hanya untuk melihat jenis kelamin bayi, tetapi juga bisa melihat pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Untuk bisa membaca hasil USG, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Warna

Saat Anda melihat hasil USG, yang Anda lihat pasti hanya warna hitam, abu-abu, dan sedikit warna putih. Kemudian, Anda menebak-nebak mana bagian-bagian tubuh dari bayi Anda. Sebenarnya,  apa sih arti dari masing-masing warna tersebut?
Perlu Anda ingat:
  • Warna hitam mengartikan cairan
  • Warna abu-abu adalah jaringan
  • Warna putih adalah tulang
Warna abu-abu yang biasanya mendominasi area sekitar gambar USG adalah jaringan rahim Anda. Kemudian Anda bisa melihat warna hitam di dalamnya, itu adalah cairan ketuban yang mengelilingi bayi Anda. Dan, siapa yang ada di tengah yang dikelilingi oleh warna hitam pada gambar? Ya, itu adalah bayi Anda. Jadi, sekarang Anda jangan bingung lagi saat melihat hasil USG. Sekarang, Anda sudah bisa dengan mudah mengetahui di mana letak bayi Anda.

Orientasi

Nah, saat Anda membaca hasil USG, jangan hanya memerhatikan warnanya saja untuk menemukan di mana letak bayi Anda dan ia sedang apa. Namun, perhatikan juga orientasi gambar. Dengan mengetahui orientasi gambar, Anda dapat membaca hasil USG lebih baik.
Perlu Anda ingat:
  • Dalam gambar vertikal, kepala bayi akan berada di sebelah kiri
  • Dalam gambar horizontal, kepala bayi akan berada di bagian atas gambar
Hal ini penting untuk melihat posisi kepala bayi, apakah kepala bayi sudah di bawah atau dalam posisi sungsang? Untuk melihat kepala bayi sedang menghadap ke kanan atau ke kiri, Anda dapat mencari tulang belakang bayi.

Apa yang bisa Anda ketahui dari hasil USG?

Sekarang, Anda sudah mengetahui bagaimana cara membaca hasil USG melalui warna dan orientasi. Setelah itu, apa saja informasi yang bisa Anda dapatkan dari hasil USG tersebut?

1. Mengetahui karakteristik bayi Anda

Pada awal Anda melakukan USG (sekitar usia kehamilan 6-10 minggu), Anda dapat melihat calon bayi Anda masih dalam bentuk seperti gumpalan kecil. Kemudian pada usia kehamilan 12 minggu, Anda sudah bisa mulai melihat kepalanya. Pada usia 20 minggu kehamilan, Anda mulai bisa melihat jantung janin, mata, hidung, kaki, tulang belakang, dan jenis kelamin. Gambar bayi yang bisa Anda lihat juga tergantung dari sudut tembakan dari transduser USG (alat yang dipakai untuk mengambil gambar USG).

2. Mengetahui jenis kelamin bayi

Ini biasanya hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan ketika mereka melakukan USG. Ya, mengetahui jenis kelamin bayi. Untuk mengetahui jenis kelamin bayi, Anda biasanya disarankan untuk melakukan USG pada usia kehamilan 18-22 minggu. Sampai usia 14 minggu kehamilan, biasanya bayi laki-laki dan perempuan belum bisa dibedakan pada USG.
Sejumlah faktor turut menentukan kemudahan untuk mengetahui jenis kelamin bayi, seperti posisi bayi dan usia bayi. Terkadang agak sulit bagi dokter untuk menentukan jenis kelamin bayi karena kaki bayi menghalangi. Anda harus menunggu bayi pada posisi yang tepat untuk mengetahui jenis kelaminnya.
Untuk mengetahui bayi laki-laki, dokter biasanya akan mencari tanda seperti penyu, ujung penis biasanya mengintip dari balik testis. Sedangkan, untuk mengetahui bayi perempuan, biasanya dokter akan mencari tanda seperti hamburger karena klitoris berada di antara bibir vagina (labia).
Menentukan jenis kelamin bayi melalui USG mempunyai keakuratan yang tinggi. Namun, kesalahan dalam menentukan jenis kelamin juga bisa terjadi. Ini tergantung dari kejelasan gambar dan kemampuan dokter dalam menafsirkan gambar tersebut. Memang, USG tidak dirancang khusus untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Utamanya, USG ditujukan untuk tujuan medis, seperti untuk mengetahui perkembangan bayi dalam kandungan, kondisi plasenta, dan kondisi tali pusar bayi.

3. Mengetahui kelainan bayi dalam rahim

Saat melakukan USG, dokter dapat mengambil ukuran tubuh janin sehingga dokter mengetahui apakah calon bayi Anda tumbuh dengan baik di dalam rahim. Melalui USG, dokter juga bisa melihat apakah bayi Anda mengalami kelainan struktural, seperti kelainan jantung bawaan, bibir sumbing dan celah langit-langit, spina bifida, tanda-tanda Down syndrome, dan lainnya. Kelainan pada plasenta juga dapat ditemukan melalui USG. Jika ditemukan kelainan pada janin Anda, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan tes lebih lanjut, seperti amniosentesis dan CVS untuk memeriksa kelainan kromosom pada bayi.
Sumber : https://hellosehat.com
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...

Blog Archive