Loading...

Mulut Kamu Selalu Terasa Bau? Bisa Jadi “Penyebab Tak Terduganya” Adalah Ini! Cari Tahu Yuk!

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Kebanyakan orang bisa mengusir bau mulut dengan menggosok gigi atau berkumur dengan antiseptik dan obat kumur. Namun, ada pula yang memiliki nafas berbau yang kronis dan parah. Nafas yang bau memang dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri untuk bicara dengan orang lain.


Ternyata selama ini selalu memiliki nafas yang bau, segera periksakan ke dokter! Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah Batu Tonsil atau Tonsillolith. Batu tonsil ini dikenal pula sebagai batu amandel, batu yang terperangkap di belakang tenggorokan, tepatnya pada bagian amandel. Bagian tonsil ini biasanya memerangkap makanan, sel mati, dan bakteria. Dengan bantuan kalsium, akhirnya ia mengeras menjadi seperti batu.

Selain nafas berbau, batu tonsil juga bisa menyebabkan kesakitan dan infeksi di telinga. Semakin besar batu tersebut membesar, ia akan menjadi lebih bermasalah. Bayangkan jika ternyata batu tonsil ini sudah mengendap sekian lama di dalam mulutmu, akan seperti apa baunya?

Tapi tenang, ada dua cara yang bisa kita lakukan tanpa bantuan dokter. Pertama, jika kedudukan batu tonsil tak terlalu dalam, bisa membuangnya menggunakan sikat gigi atau cotton bud. Kedua, ada pula yang merekomendasikan berkumur dengan air garam sebagai cara mudah berikutnya.

Menggunakan sikat gigi atau cotton bud, tekan dengan lembut dan hati-hati, agar batu tersebut tanggal.

Jika terlalu dalam dan sakit, kamu bisa segera mengunjungi dokter dan berkonsultasi. Segera hilangkan nafas yang berbadu tersebut agak  lebih nyaman berkomunikasi, ya!

Menjaga kebersihan mulut itu wajib, rajinlah menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur atau air garam, terutama sebelum tidur. Atau berhenti merokok dan perbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan mulut!

Nah, tonton video di bawah ini untuk mengenal lebih lanjut tentang batu tonsil atau amandel:

Sumber: Erabaru 
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...