Loading...

Setelah Baca Ini Kamu Bakal Langsung Meluncur Buat Bersih-bersih Kompor dan Peralatan yang Berketak di Dapur ! Dijamin Bersih Kayak Baru Beli..!!

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Merawat kompor gas secara teratur membawa banyak manfaat selain menjaga dapur dan makanan tetap bersih. Kompor yang bersih juga bisa mencegah bau tak sedap sisa makanan dan masakan gosong yang tercecer.


Selain itu, kompor yang bersih terawat juga mampu menyebar panas secara lebih merata di dasar peralatan masak sehingga menghemat bahan bakar dan membantu menjaga keawetan panci. Kompor yang bersih juga baik untuk keselamatan di dapur karena tidak ada ceceran makanan yang berisiko tersambar api ketika kompor menyala.

Perawatan kompor gas tidaklah sesulit atau selama yang dibayangkan asalkan Anda menggunakan produk pembersih yang tepat dan membersihkan kompor gas Anda secara rutin. Secara garis besar, ada tiga bagian kompor gas yang perlu dibersihkan, yaitu bagian ring, bagian tungku api, dan permukaan kompor.

Tips merawat kompor gas
Pastikan kompor dalam kondisi dingin sebelum Anda mulai membersihkannya. Berikut ini cara membersihkan ring pada kompor gas:

  • Umumnya, ring yang berupa kerangka tatakan panci pada kompor gas bisa dilepas dari unit kompor sehingga Anda tinggal membersihkannya secara terpisah. Jika ring menyatu dengan unit kompor gas, baca buku manual kompor tersebut untuk mengetahui cara melepas ring tanpa merusaknya.
  • Rendam ring di dalam larutan sabun cuci piring cair, seperti Sunlight, dan air hangat hingga kotoran yang menempel lepas. Gunakan spons atau sikat cuci piring untuk mengangkat kotoran dan lemak yang melekat.
  • Angkat ring dari air rendaman dan bilas dengan air biasa, lalu keringkan sambil menunggu bagian-bagian lain pada kompor dibersihkan.


Cara membersihkan bagian tungku api:

Hindari penggunaan larutan sabun dan air pada tungku api kompor gas. Jika bagian ini basah berlebihan dan terlalu lembap, api berisiko tidak menyala sempurna.

Gunakan produk pembersih khusus untuk dapur yang berupa krim, seperti Cif Cream, untuk membersihkan tungku api pada kompor gas. Ikuti aturan pakai pada kemasan produk krim. Oleskan krim pada tungku api, lalu gosok dengan spons cuci piring atau lap. Gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit. Biarkan krim selama beberapa saat pada kotoran yang melekat erat sebelum menggosoknya.

Anda tidak perlu membilas tungku api yang telah dibersihkan dengan krim pembersih.

Cara membersihkan permukaan kompor gas:

  • Singkirkan sebanyak mungkin kotoran padat yang tidak menempel pada permukaan kompor.
  • Untuk bagian ini Anda bisa memakai pembersih dapur berupa cairan, seperti Cif Serba Guna. Semprotkan cairan pembersih langsung pada permukaan kompor, lalu seka dengan lap atau spons cuci piring untuk mengangkat kotoran yang menempel.
  • Pastikan permukaan kompor diseka hingga bersih dan tidak ada bercak-bercak sisa cairan pembersih tertinggal.
  • Permukaan kompor yang telah dibersihkan tidak perlu dibilas dengan air.


Langkah-langkah kunci:
  • Lepas ring kompor gas dan cuci secara terpisah
  • Gunakan krim pembersih dapur untuk membersihkan bagian tungku api kompor gas agar tidak membuatnya terlalu lembap
  • Gunakan semprotan pembersih dapur pada permukaan kompor tanpa perlu dibilas dengan air


Rekomendasi kamiBagian ring kompor gas bisa dibersihkan dengan cara mencucinya dengan sabun cuci piring cair. Bagian tungku api sebaiknya dibersihkan dengan pembersih berbentuk krim dan permukaan kompor gas sebaiknya dibersihkan dengan cairan pembersih dapur, seperti Cif atau vixal.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...