Berbagai Tanaman Obat Herbal dan Khasiatnya Beserta Gambarnya

Sponsored Links
.
Kali ini Admin akan mengurai tema tentang Tanaman obat dan khasiatnya beserta gambarnya. Tanaman obat adalah berbagai jenis tanaman yang memiliki fungsi, khasiat untuk mengobati suatu penyakit, maupun menjaga atau mencegah tubuh dari berbagai penyakit. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis tanaman obat yang dapat kita manfaatkan. Tanaman obat ini tentunya memiliki banyak jenis dan manfaat yang berbeda-beda. Mulai dari mengobati penyakit yang terbilang ringan hingga penyakit yang berat. Tanaman obat juga bisa kita manfaatkan untuk keperluan sehari-hari, seperti sebagai bumbu untuk memasak. Tanaman obat merupakan jenis tanaman yang cukup mudah untuk dikembangbiakkan, bahkan anda bisa menanamnya sendiri, karena tidak harus di lahan yang luas. Ada dapat menanamnya di lahan sederhana seperti di halaman rumah atau pekarangan rumah.

Berikut adalah beberapa tanaman obat dan khasiatnya beserta gambarnya :

1. Temulawak

tanaman obat dan khasiatnya
Tanaman obat yang satu ini memiliki nama Latin Curcumamaxanthorrhiza. Temulawak memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan, mengobati Hepatitis B, kurang darat atau anemia juga mengurangi jerawat. Selain itu sebagai antioksidan, anti keracunan empedu atau anti radang dan mencegah kanker hati.

2. Tongkat bumi atau pasak ali
tanaman obat dan khasiatnya
Tongkat bumi atau disebut juga pasak ali ini sangat baik untuk pria, karena mampu memperbaiki kadar testosteron serta bisa menambah gairah sexual. Tanaman obat yang banyak tumbuh di daerah Kalimantan ini juga mengatasi masalah ejakulasi dini. Saat ini banyak obat herbal dari bahan tanaman obat yang memiliki nama Latin Eurycoma Longifolia Jack.

3. Lengkuas

tanaman obat dan khasiatnya
Tanaman obat dan khasiatnya yang juga perlu anda ketahui yaitu Lengkuas. Lengkuas tidak hanya dijadikan sebagai penyedap rasa dari masakan, tapi juga mampu mengobati berbagai penyakit seperti tumor, limfa, sakit kepala, rematik radang juga diare. Dalam bahasa Latin lengkuas adalah Alpina Purpurata. Bagi anda yang memiliki masalah panu, bisa diatasi dengan lengkuas. Anda cukup mengirisnya miring lalu dipukul secara perlahan, dan gosokan berulang-ulang pada area yang ditumbuhi panu.

4. Mengkudu

tanaman obat dan khasiatnya
Mengkudu dalam bahasa Latin adalah Morinda Citrifolia. Tanaman yang satu ini juga termasuk dalam tanaman obat, karena memiliki banyak khasiat. Mengkudu dapat mencegah maupun mengobati penyakit kronis, salah satunya yakni jantung koroner.

Caranya, blender buah mengkudu kemudian saring dan air dari sari mengkudu yang sudah disaring campur dengan sedikit madu. Minum racikan tersebut sebanyak 2 kali setiap harinya setelah makan. Di daerah Sunda orang menyebut mengkudu dengan Cangkudu, Keumeudu di Aceh, dan masyarakat di Jawa juga lain lagi menyebutnya yakni kudu.

5. Daun Dewa

tanaman obat dan khasiatnya

Tanaman obat dan khasiatnya yang selanjutnya perlu anda ketahui yaitu tanaman yang memiliki nama Latin Gynura Divaricata. Daun dewa yang memiliki kandungan minyak saponin dan atsiri yang bermanfaat untuk mengobati juga percegahan terhadap stroke. Selain itu juga mampu menurunkan hipertensi dan mengobati luka memar.

6. Asam

tanaman obat dan khasiatnya

Cara memanfaatkan tanaman obat yang memiliki nama Latin Tamarindus Indica ini biasanya dijadikan minuman. Asam berkhasiat untuk mengobati batuk, sariawan dan juga mampu sebagai pelangsing.

7. Lidah buaya

tanaman obat dan khasiatnya
Manfaat dari lidah buaya telah menjadi rahasia umum. Sejak jaman dulu, lidah buaya sudah digunakan untuk kecantikan seperti mengobati jerawat, menghilangkan noda hitam di wajah dan menghitamkan rambut. Tanaman berwarna hijau ini memiliki nama Aloe barbadensis dalam bahasa Latin dan disebut juga Aloe Vera.

8. Jarak

tanaman obat dan khasiatnya
Jarak di dalam bahasa Latin disebut Ricinus Communis. Jarak berfungsi sebagai anti rematik. dan menenangkan dengan memanfaatkan akarnya. Biji jarak yang memiliki rasa manis dan pedas juga bermanfaat untuk mengobati Hernia, kanker rahim, TBC, dan Rematik. Namun anda perlu waspada dalam mengkonsumsinya sebagai obat, karena jika terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan.

Semoga informasi tanaman obat dan khasiatnya beserta gambarnya di atas bisa bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive