10 Tanda Punya Penyakit Ginjal Yang Wajib Diketahui Apa Saja

Sponsored Links
.
Sekarang ini, lebih dari 26 juta orang dewasa di Amerika hidup dengan penyakit ginjal. Mirisnya, kebanyakan dari mereka awalannya tak tahu hal semacam ini. Lebih dari 90 % penderita ginjal tak mengerti akan tanda-tandanya.

Satu-satunya langkah untuk tahu secara pasti apakah Anda mempunyai penyakit ginjal atau tidak, adalah dengan lakukan kontrol ke dokter.

Namun masalahnya, penyakit itu tak menunjukkan tanda-tanda hingga betul-betul telah parah, seperti telah berlangsung gagal ginjal atau ada beberapa besar protein didalam urine. Dan umumnya orang, bakal pergi ke dokter bila mereka telah merasakan sakit di tubuhnya.

Lantas, bagaimana caranya paling baik untuk mengatasinya? Sesungguhnya, terdapat banyak tanda-tanda di tubuh Anda yang dapat dilihat. Berikut tanda-tanda di tubuh yang dapat menjadi indikasi Anda menderita penyakit ginjal.

1. Kerap merasa capek, kurang energi dan susah berkonsentrasi.
Penurunan berat badan pada fungsi ginjal bisa mengakibatkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal semacam ini bisa mengakibatkan Anda mudah capek, lemah dan susah berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal yaitu anemia, yang dapat juga mengakibatkan kelelahan dan lemah.

2. Anda alami kesusahan untuk tidur.
Saat ginjal tak menyaring dengan benar, racun bakal mengendap didalam darah dan bakal meninggalkan tubuh lewat urine. Hal inilah yang mengakibatkan Anda susah untuk tidur.

3. Kulit kering dan gatal.
Kulit kering dan gatal bisa jadi sinyal penyakit mineral dan tulang yang sering mengikuti penyakit ginjal. Keadaan itu berlangsung lantaran ginjal tak akan dapat melindungi keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

4. Kerap buang air kecil.
Bila Anda sering buang air kecil, terlebih saat malam hari, itu dapat jadi tanda penyakit ginjal. Saat filter ginjal rusak, bisa mengakibatkan peningkatan dorongan untuk buang air kecil. Namun, kerap buang air kecil dapat juga jadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

5. Ada darah dalam urine Anda.
Bila ginjal rusak, beberapa sel darah dapat 'bocor' dan keluar lewat urine. Selain tanda penyakit ginjal, darah dalam urine dapat juga jadi tanda-tanda tumor, batu ginjal atau infeksi.

6. Urine Anda berbusa.
Gelembung terlalu berlebih dalam urine, menunjukkan ada protein dalam urine.

7. Bengkak terus-menerus di sekitar mata.
Bengkak di seputar mata karena sebab ginjal Anda sudah bocor dan ada beberapa besar protein dalam urine.

8. Bengkak di kaki.
Fungsi ginjal yang alami penurunan bisa mengakibatkan retensi natrium, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Namun, pembengkakan di kaki dapat juga jadi tanda penyakit jantung, hati, serta permasalahan kaki vena kronis.

9. Nafsu makan alami penurunan drastis.
Itu adalah tanda-tanda yang paling umum, penimbunan racun yang dihasilkan dari penurunan fungsi ginjal dapat juga jadi satu diantara penyebabnya.

10. Kram pada otot.
Ketidakseimbangan elektrolit dan kram bisa dikarenakan oleh masalah fungsi ginjal.

Bila Anda lakukan kontrol ke dokter, yakinkan untuk mengatakan seluruhnya tanda-tanda yang Anda alami pada praktisi kesehatan Anda. Bila Anda berisikio menanggung derita penyakit ginjal, umumnya Anda bakal disuruh untuk melakukan tes urine (ACR) serta tes darah (eGFR).
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive