13 Fakta Penting seputar Stres

Sponsored Links
.
Semua orang pernah stres dalam hidupnya. Banyak dampak negatif dari stres, seperti perubahan fisik dalam tubuh. Tidak hanya itu, kondisi mental kita juga dapat terpengaruh karena stres. 
Berikut ini ada 13 fakta menarik tentang stres lainnya yang mungkin belum kita ketahui:

1. Dalam bahasa Latin, “stres” disebut “stringere”. Stres dalam tegangan normal memang dialami semua orang dalam hidup, namun jika stres bersifat kronis, maka itu akan menyebabkan berbagai masalah di dalam tubuh.
2. Ketika stres, pupil akan membesar karena tubuh mendapatkan sinyal tentang semua yang terjadi di sekitarnya dan reaksi setelahnya.
3. Stres menyebabkan rambut rontok. Meski demikian, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan mengenai hal ini.
4. Stres memengaruhi kulit kita, yang akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Hal ini tebukti dalam sebuah survei yang membuktikan, bahwa stress akan menyebabkan keausan kulit.
5. Stres dapat diturunkan dengan tertawa. Hal ini karena tertawa dapat membantu menurunkan adrenalin hormon stres. Jadi, ketika tertawa maka stres di dalam tubuh akan berkurang, sehingga membantu meningkatkan kesehatan dan hormon tubuh.
6. Stres akan menyebabkan jerawat, karena stres menimbulkan masalah peradangan yang meningkatkan produksi sebum sehingga memengaruhi jerawat.
7. Stres juga dikenal sebagai silent killer. Banyak orang yang terkena berbagai penyakit akibat dari stres, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.
8. Ketika stres, maka diyakinin bahwa darah akan lebih lengket yang kemudian akan menyebabkan kerusakan pada tubuh, termasuk dalam masalah pembekuan darah di dalam tubuh.
9. Tingkat gula darah juga akan terpengaruh karena stres. Hal ini kemudian menyebabkan kondisi perubahan suasana hati yang ekstrim, serta rasa lelah yang tinggi. Penyebab utama meningkatnya kadar gula darah adalah stres.
10. Tingkat aliran darah dalam tubuh juga akan terpengaruh karena stres. Seseorang yang stres, akan sakit kepala karena ketegangan yang terjadi, yang disebabkan oleh kondisi stres kronis.
11. Bila kita sulit tidur atau menderita gangguan tidur, termasuk insomnia, maka stres kemungkinanan besar menjadi penyebabnya. Oleh karenanya, kita harus bebas dari stres agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
12. Ternyata stres juga akan menurunkan libido serta gairah s*ks seseorang. Stres memengaruhi hormon yang menyebabkan perubahan tersebut di dalam tubuh.

Bila mendapati pasangan kita yang sedang tidak ingin berc*nta, mungkin kita bisa memastikan bahwa ia sedang stres dan membutuhkan sesuatu untuk mengembalikan suasana hatinya kembali baik.
13. Stres juga telah diklasifikasikan ke dalam pekerjaan. Dalam survei terbaru, ada kategori pekerjaan yang paling inggi tingkat stresnya di dunia, yaitu pilot, jurnalis, dan eksekutif akuntansi. Apakah Anda adalah salah satunya?
Sumber : Kompas.com
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive