Kersen, Buah Kaya Manfaat Tapi Terabaikan. Pernah Dengar?

Sponsored Links
.
Sering melihat dan mungkin bisa tumbuh diamana saja, buah yang satu ini siapa sih yang tidak tahu iya buah kersen. Buah ini mudah dijumpai di mana-mana. Saking banyaknya, pohon buah kersen sering kali jadi tempat meneduh orang ketika terik matahari.

Tak hanya di desa, pohon kersen juga banyak dijumpai di tengah-tengah kota. Seperti pohon sejuta umat. Ada di mana-mana.

Namun, buah kersen seperti tak disukai masyarakat. Banyak sekali buah kersen jatuh di jalan dan terinjak-injak karena ketika sudah matang tak ada yang mengambil karena jatuh dari pohon setelah matang berwarna merah.

Nama-nama lain buah kersen di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); mat sam (Vietnam); khoom somz, takhob (Laos); takhop farang (Thailand); krakhob barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Sayangnya, masyarakat tak tahu manfaat yang terkandung di dalam buah kersen. Padahal, manfaatnya sungguh liar biasa bagi tubuh kita.

Informasi dari stuartxchange.org, Rabu (30/12) buah kersen memiliki banyak manfaat, berikut informasinya seperti dirangkum merdeka.com: 

1. Antibakteri

Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

2. Antioksidan

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam buah kersen. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

4. Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5. Anti-tumor

Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

7. Melindungi jantung

Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut

Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

9. Anti-kanker

Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Inilah sembilan manfaat mengejutkan yang dimiliki oleh pohon kersen - yang ditemukan pada buah, batang, daun, dan akarnya. Karena sekarang Anda sudah tahu apa saja manfaat kesehatan dari pohon kersen, Anda bisa mencoba untuk menanamnya sendiri di rumah.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive