Loading...

Diluar Dugaan....Ternyata Bunga Melati Baik Bagi Kesehatan Kita.. Berikut Penjelasannya... Yuk di Share!!

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Melati (Jasminum sambac, Ait.) adalah bunga yang terkenal lantaran baunya yang harum. Di Indonesia, pohon bunga melati sering didapati di pekarangan rumah atau sebagai pembatas pagar. Bunga melati mempunyai banyak manfaat serta sudah dipakai untuk berbagai kepentingan mulai sejak jaman dahulu. Baunya yang wangi menjadikan melati sebagai bunga yang wajib untuk hajatan serta ritual-ritual tertentu. Dari yang berbau kebiasaan, agamis, sampai mistis, Advertisement



Tetapi hanya sebagian saja yang tahu manfaat bunga melati untuk kesehatan serta pengobatan tradisional. Padahal, nenek moyang kita telah menggunakan manfaat dari bunga melati ini untuk obat tradisional. Salah satunya menghentikan keluarnya ASI berlebihan, obat sakit mata, sakit kepala, demam serta sesak nafas.

Manfaat bunga melati sebagai obat tidak terlepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Kandungan kimia yang ada itu diantaranya indol, benzyl, serta livalylacetaat. Sisi yang dipakai untuk penyembuhan yaitu daun, akar serta bunganya.

Di bawah ini langkah pengobatan tradisional memakai bunga melati :

1. Sesak Nafas
Rebus 20 lembar daun melati serta garam seperlunya dengan memakai 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan daun melati itu disaring. Minum airnya 2 x sehari setiap pagi serta sore.

2. Demam serta Sakit Kepala
Bila Anda atau keluarga Anda ada yang alami demam, janganlah cemas. Ambil segenggam daun melati serta 10 kuntum bunga melati, lalu diremas-remas dengan tangan. Sesudah layu serta agak hancur, rendam di air. Air rendaman ini dipakai untuk mengompres dahi. Langkah tersebut dapat juga dikerjakan untuk menyembuhkan sakit kepala enteng.

3. Disengat Lebah atau Serangga Lain
Bila Anda tiba-tiba disengat lebah, ambil satu genggam bunga melati, lalu diremas-remas hingga halus. Tempelkan bunga melati yang sudah diremas itu ke sisi badan yang digigit serangga atau disengat lebah.

4. Sakit Mata
Anda pernah alami sakit mata, seperti mata merah lantaran iritasi maupun belekan? Sesungguhnya kondisi itu dapat diatasi dengan daun melati. Caranya, ambillah satu genggam daun melati, lalu dipipis halus. Tempelkan pada dahi di atas mata, bila kering ubah dengan ramuan baru.

5. Hentikan ASI Berlebihan
Kadang-kadang, ada ibu menyusui yang ASI-nya keluar sangat banyak. Bahkan juga waktu sang bayi tak menyusu juga ASI tetaplah keluar. Hal semacam ini pasti cukup merepotkan, tetapi bisa diatasi dengan ramuan bunga melati. Caranya, satu genggam daun melati dipipis halus, kemudian ditempelkan pada sekitaran buah dada. Kerjakan setiap pagi sebelumnya mandi.

Bunga melati memiliki banyak nama serta sebutan. Orang sunda menyebutnya malati, orang jawa menyebutnya melur. Di madura, orang menyebutkan melati dengan malate dan orang Bali menyebutnya menuh. Sementara orang luar, seperti di Inggris, merek menyebutnya Jasmine, orang arab menyebutnya Yasmin

Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...