Sebelum Menyesal kemudian, Kenali Jenis kesalahan kesalahan Financial di masa Muda.

Sponsored Links
.



Kehidupan di masa dewasa penuh dengan keputusan finansial. Jika tidak ditentukan dengan tepat, bukan tidak mungkin hidup Anda jadi kurang nyaman di waktu yang akan datang Perencanaan keuangan memang perlu dipikirkan secara matang dan dimulai sedini mungkin sehingga tak timbul penyesalan di kemudian hari. Berikut adalah tujuh kesalahan finansial yang umum dilakukan orang tapi baru menimbulkan penyesalan 10 tahun kemudian sehingga perlu Anda hindari:

1. Menunda untuk Menabung 

Idealnya setiap orang perlu menabungkan paling tidak 30% dari total penghasilan setiap bulannya. Tabungan tersebut bisa digunakan untuk dana darurat atau mewujudkan target-target keuangan lainnya. Menunggu-nunggu untuk menabung bisa berdampak buruk karena akan menunda tujuan hidup Anda seperti, liburan, beli rumah, bahkan punya anak.

2. Tidak Tepat Bayar Kartu Kredit

Membayar segala tagihan tepat waktu adalah hal baik yang perlu dibiasakan. Jika tidak, denda yang harus dibayar karenanya bisa menghalangi Anda dari tercapainya target finansial yang lebih penting, seperti beli rumah atau menabung pensiun. Jika memang Anda belum bisa bijaksana menggunakan kartu kredit sebaiknya tutup akun itu sementara.

3. Meninggalkan Dana Darurat

Sebaiknya Anda menyiapkan budget sendiri untuk dana darurat. Tidak punya dana darurat bisa menyusahkan Anda saat peristiwa kurang menyenangkan terjadi secara tiba-tiba. Dilansir Time, disarankan Anda menyimpan uang sejumlah pengeluaran selama delapan bulan. Dana tersebut bisa digunakan untuk menutup biaya rumah sakit atau saat terkena PHK.

4. Beli Kendaraan yang Tak Terjangkau

Tak sedikit orang yang memaksakan gaya hidup mewah. Misalnya dengan membeli kendaraan yang sebenarnya tidak mampu dibelinya. Alhasil mereka membayarnya dengan cara menyicil. Hal tersebut tentu perlu dihindari karena berhutang atau menyicil terlalu lama akan menyedot dana Anda untuk hal lebih penting.

5. Tidak Memikirkan Pensiun

Meski Anda masih muda tidak ada salahnya sudah memikirkan masa tua. Dana pensiun akan semakin baik jika dikumpulkan mulai dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang di masa depan nanti.

6. Kurang Cermat Berinvestasi

Berinvestasi juga penting untuk masa depan. Untuk itu, banyak orang yang bermain saham, obligasi, hingga reksadana untuk mengembangkan tabungan. Namun lakukan cara itu dengan informasi yang tepat. Jika merasa belum mengerti dengan benar, cari tahulah atau minta saran dari ahlinya. Jangan sampai tertipu atau malah jadi rugi.

7. Salah Pilih Asuransi

Sebelum memilih asuransi, sebaiknya pikirkan baik-baik jenis mana yang paling cocok dan esensial untuk hidup Anda. Jangan sampai salah memilih sehingga mengganggu masa depan. Seperti berinvestasi, konsultasikan pilihan asuransi dengan orang yang ahli.


Sumber: wolipop.detik.com
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive