Tips Praktis Cara Menanam Bunga Hias

Sponsored Links
.

Cara Menanam Bunga Hias - Berkebun, atau lebih spesifiknya ber kebun bunga adalah sebuah hobi yang dapat mengisi waktu luang Anda. Menghiasi halaman rumah dengan menanam bunga menggunakan pot bunga tergolong cukup mudah. Cara menanam bunga dengan media pot bunga dirasa lebih efisien, terutama jika Anda tinggal di kota yang sangat sulit untuk menemukan lahan kosong untuk menanam bunga.

Menanam bunga disamping dapat menjadikan kegiatan baru di tengah kesibukan Anda bekerja, bunga bermekaran semakin mempercantik halaman rumah Anda, serta dapat mengurangi stres bagi siapa saja yang memandang keindahan dari bunga yang sedang mekar.
Cara Menanam Bunga Hias
Cara Menanam Bunga Hias
Beberapa jenis bunga yang sering ditanam di dalam pot diantaranya adalah bunga mawar, bunga bougenvile, bunga matahari, bunga anggrek bulan, bunga melati, dan berbagai jenis bunga yang pengandung nilai estetika tinggi lainnya. Cara menanam bunga sebenarnya hampir sama, meskipun Anda menanam berbagai jenis bunga dalam satu halaman rumah. Hal yang membuat beda adalah media tanam dan cara pemeliharaanya. 

Persiapan Awal Cara Menanam Bunga Hias
Mempersiapkan media tanam sebagai langkah cara menanam bunga adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Berikut ini langkah-langkah persiapan media tanam :
  • Langkah awal cara menanam bunga yaitu Anda siapkan media tanam berupa pot, tanah, pasir/krikil, pupuk kandang dan arang sekam.
  • Isi bagian dasar pot, berikan beberapa kerikil, atau bisa juga dengan pecahan bata yang berfungsi untuk mengikat air setelah Anda menyiram tanaman nantinya.
  • Kemudian selanjutnya isi pot bunga dengan campuran media tanam. Perhatikan jenis tanaman, karena setiap tanaman memiliki media tanam yang berbeda.
  • Komposisi umum cara menanam bunga yaitu dengan mencampur pasir, tanah, serta pupuk kandang yang sudah matang dengan perpandingan 1/3 : 1/3 : 1/3.
  • Cara menanam bunga dimana jenis bunga yang akan Anda tanam menyukai lahan kering, maka campurannya yang sesuai adalah separo pasir halus dan separo pupuk kandang atau pupuk kompos dengan tanpa tanah agar media tanam terjaga kekeringannya.
  • Sedangkan jika Anda hendak menanam bunga yang lebih menyukai kontur yang lembab, maka perbandingan komposisi media tanamnya adalah separo tanah dan separo pupuk kandang dengan tanpa pasir.
Setelah campuran media tanam siap, sistem pengepotan juga penting kaitannya dalam cara menanam bunga dengan media pot bunga. Beberapa cara sistem pengepotan yang benar antara lain :
  • Pilihlah pot bunga dengan bahan dasar tembikar atau tanah liat, tujuannya adalah pot bunga dengan bahan dasar tersebut memiliki lubang pori – pori yang cukup baik bagi aliran oksigen yang dibutuhkan oleh akar tanaman ketimbang pot bunga yang berbahan dasar plastik maupun logam.
  • Mengisi pot bunga dengan media tanam hanya 1/3 bagian dari pot bunga adalah cara menanam bunga lainnya agar pot bunga memiliki ruang yang cukup bagi sirkulasi udara dan tanaman bunga tidak merasa pengap.
  • Tempatkan pot bunga pada tempat yang mudah mendapat akses sinar matahari langsung yang dibutuhkan tanaman. cara menanam bunga yang baik berhubungan juga dengan penempatan pot bunga dimana diatur sedemikian rupa agar cukup mendapat akses sinar matahari pagi.
    Cara Menanam Bunga Hias
    Cara Menanam Bunga Hias
Cara Menanam Bunga Hias
Cara Menanam Bunga Hias
Teknik Cara Menanam Bunga Pada Media Pot
Cara menanam bunga juga harus memperhatikan kecukupan kebutuhan bagi tanaman bunga Anda. Pada tahap ini, Anda harus benar-benar jeli apakah bunga yang Anda tanam lebih menyukai kelembaban atau justru lebih suka media kering untuk pertumbuhannya.

Sebagai contoh untuk cara menanam bunga jenis bunga anggrek bulan, sistem pengairan yang paling baik justru tidak langsung mentirami bunga anggrek tersebut, tetapi dengan cara membuat genangan air di sekitar tanaman untuk menjaga kelembaban lingkungan sekitar tetapi tidak dengan cara menyirami tanaman bunga anggrek secara langsung.

Sedangkan beberapa jenis tanaman bunga yang tidak membutuhkan perlakuan khusus, periode penyiraman dalam cara menanam bunga yang baik adalah setiap pagi dan sore hari. Hindari penyiraman tanaman pada siang hari ketika sinar matahari sedang terik, penyiraman pada waktu tersebut justru dapat membuat tanaman bunga Anda layu.

Nah sedangkan untuk cara menanam bunga dengan media lahan, langkah-langkah yang dilakukan memang tidak sesimpel cara menanam bunga dengan pot bunga. Ada beberapa hal yang harus dilakukan cara budidaya bunga di lahan terutama tahap mengolah lahan agar sesuai dengan kriteria tanaman bunga yang akan Anda tanam.

Sebaiknya cara menanam bunga dengan media lahan terlebih dahulu cek kadar keasaman lahan yang akan Anda gunakan. Cara mengeceknya bisa menggunakan kertas lakmus yang banyak tersedia di toko pertanian. Periksa apakah lahan yang akan Anda gunakan untuk cara menanam bunga bersifat basa atau asam.

PH netral tanah berkisar antara 5 – 7 , jika kadar keasaman dibawah 5 itu berarti lahan bersifat asam, maka untuk menetralkannya perlu dilakukan langkah pengapuran dengan kapur dolomit. Sedangkan jika PH lebih dari 9, itu artinya lahan tersebut bersifat basa, maka lahan perlu ditambahkan belerang untuk mengembalikan lahan menjadi ber PH netral.

Demikan tips cara menanam bunga yang baik dan benar, yang kami rangkum dalam panduan praktis merawat tanaman hias.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive