Wow Begini Manfaat Tahu Untuk Kesehatan

Sponsored Links
.


Manfaat Tahu Untuk Kesehatan - Tahu Merupakan makanan yang terbuat dari bahan kedelai dan makanan ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Tahu merupakan salah satu makan yang baik untuk kebutuhan sumber protein bagi tubuh kita agar kesehatan jantung kita tetap terjaga. Tahu sangat familiar di masyarakat indonesia bahkan di negara-negara asia lainnya. Tahu di indonesia sangat mudah ditemui di pasar kampung dan supermarket perkotaan. Tahu diproduksi dengan bahan baku kedelai yang dihaluskan hingga menjadi seperti jus dan diperas dari dari kacang kedelai sehingga dapat di cetak sesuai dengan ukuran.
Manfaat Tahu Untuk Kesehatan
Manfaat Tahu Untuk Kesehatan
Kandungan Gizi Pada Tahu
Kandungan gizi dari tahu harus kita ketahui sebelum mengkonsumsinya, nah apa saja kandungan yang terdapat pada tahu.
  • Sumber gizi makro karbohidrat, protein, lemak.
  • Sumber gizi mikro vitamin B kompleks yang terdiri dari riboflavin dan thiamin, vitamin B12, vitamin E, mineral, phosphor, kalsium, serta kalium.
 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan
  •  Kandungan protein tahu yang tinggi. Tubuh manusia membutuhkan protein agar dapat berfungsi dengan baik. Protein tak hanya bisa didapat dari daging, banyak protein nabati yang bisa kita dapat seperti pada tahu. Vegetarian bisa mendapatkan protein dalam jumlah yang tepat tahu, atau produk kedelai dan sayuran lainnya. Juga mengandung asam amino yang dibutuhkan agar kesehatan menjadi optimal. Mengkonsumsi daging merah dapat memiliki implikasi kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Namun dengan mengkonsumsi tahu, kondisi tersebut dapat dihindari.
  • Sumber protein untuk penderita asam uratPenelitian yang dilakukan untuk mempelajari pengaruh tahu menunjukkan bahwa,  tahu adalah sumber protein yang baik,  terutama untuk penderita rematik gout atau memiliki kadar  asam urat yang tinggi. Namun, orang-orang dengan rematik gout tidak boleh mgnkonsumsi tahu secara berlebihan, maupun hasil dari olahan kedelai lainnya.
  • Rendah kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu  penyebab penyakit yang terkait jantung. Banyak orang mencoba untuk menghindari jenis makanan berlemak, seperti  minyak goreng dan atau lemak banyak digunakan pada hidangan keluarga. Tahu dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh,  karena tahu akan menyerap minyak goreng dan cairan lain yang terakumulasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki tingkat yang rendah asam lemak jenuh daripada kadar asam lemak tak jenuh. Tahu juga merupakan sumber lesitin dan asam linoleat yang yang baik, yaitu yang membantu metabolisme tubuh dan mengikis  kolesterol yang tersimpan dalam tubuh.
  • Mencegah anemia. Manfaat tahu bagi kesehatan termasuk mengurangi resiko anemia. Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang  menyelidiki hubungan antara anemia dan tahu menunjukkan,  bahwa tahu terbukti menurunkan risiko anemia pada golongan orang dewasa.
  • Tahu memiliki Sifat antikanker. Tahu mengandung isoflavon yang bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena kanker. Penelitian tentang asupan kedelai dan kanker endometrium menunjukka,  bahwa konsumsi  produk seperti tahu yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Studi lain menunjukkan bahwa perempuan pasca-menopause yang menderita kanker paru-paru,  dapat hidup lebih lama dengan memasukkan tahu kedalam diet mereka.
  • Tahu bermanfaat baik bagi kardiovaskular. Asupan makanan yang tepat akan memberikan peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi rutin produk kedelai seperti tahu dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh,  sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Sumber kalsium. Tahu merupakan sumber kalsium yang baik. Kalisum merupakan bahan kunci untuk pembentukan tulang. Hal ini tidak mudah untuk mendapatkan nutrisi ini atau mineral dalam jumlah yang tepat. Inilah sebabnya mengapa asupan Tahu dianjurkan,  karena memiliki kandungan tinggi kalsium. Kurangnya kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, efek penuaan lebih cepat karena tulang rapuh dan minim pembentukan tulang baru. Setiap orang rentan terhadap efek penuaan pada beberapa hal dalam hidup mereka,  tetapi efek dari penuaaan ini dapat diperlambat dengan melakukan beberapa langkah, salah satunya adalah dengan memakan Tofu, yaitu yang akan membuat tulang kuat.
  • Tahu mengandung banyak zat besi. Zat Besi adalah salah satu zat yang berperan penting dalam memasok oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ini secara tak langsung adalah kegunaan dari hemoglobin, yang bertugas  untuk mengangkut oksigen ke setiap bagian dari tubuh . Hemoglobin ada dalam darah yang terbentuk oleh zat besi yang ada dalam tubuh. Tahu merupakan sumber zat besi yang baik,  dan dengan demikian akan membantu dalam melaksanakan sirkulasi oksigen dalam tubuh.
  • Memasukkan tahu dalam makanan, Kebanyakan orang merasa tida berselera terhadap makanan yang bernama tahu ini. Padahal tahu, seperti kedelai atau bahan olahan kedelai lainnya manfaatnya penting bagi kesehatan. Dan kita membutuhkan tahu dalam jumlah cukup setiap hari untuk mendapatkan banyak nutrisi penting didalamnya. Kreatifitas atau cara memasak tahu mungkin bisa dilakukan dengan membuat banyak Inovasi masakan tahu, agar semua anggota keluarga menjadi doyan makan tahu.
Manfaat Tahu untuk Terapi Kesehatan
  • Menyembuhkan Kolesterol JahatMengkonsumsi tahu seperti yang sudah secara singkat disebutkan dapat menyebuhkan penyakit kolesterol memang benar. Kolesterol jahat yang secara sengaja maupun tidak sengaja masuk ke tubuh maka mampu diberantas ketika Anda mengkonsumsi tahu. Tidak tanggung-tanggung hampir setengah keberadaan kolesterol jahat yang ada akan diberantas oleh tahu. Sehingga Anda tidak akan khawatir mengalami gangguan aliran darah akibat penumpukan kolesterol jahat.
  • Menyembuhkan Penyakit DiabetesPenderita diabetes tentu akan semakin tidak terkontrol gula darahnya ketika sudah memerlukan suntik insulin. Penyakit diabetes sebenarnya tidak dapat disembuhkan namun dapat dikurangi. Kadar gula darah yang tinggi dapat diturunkan dengan Anda mengkonsumsi olahan tahu. Sebab kandungan dalam tahu yang paling banyak adalah sumber gizi protein.
  • Menyembuhkan Penyakit OsteoporosisSiapa yang sudah lanjut usia maka dianjurkan untuk tertaur mengkonsumsi tahu. Kesehatan tulang yang mulai tidak terkendali karena semakin rapuh perlu dijaga dengan konsumsi tahu. Manfaat tahu juga berpotensi untuk menyembuhkan penyakit osteoporosis. Lebih tepatnya meminimalisir gangguan yang diakibatkan penyakit tersebut. Sumber gizi kalisum di dalam kedelai itulah yang bermanfaat dalam penyembuhan.
Demikianlah ulasan tentang kandungan gizi yang terdapat dalam tahu, semoga bermanfaat bagi anda dan semoga menambah wawasan anda.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive