Wow Hebat !! 10 Manfaat Daun Salam Yang Belum Anda Ketahui

Sponsored Links
.

Manfaat Daun Salam Yang Belum Anda Ketahui - Salam merupakan tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah maupun kebun. Kegunaannya sudah dikenal dari jaman dulu yaitu sebagai bumbu masakan khas indonesia. Sedangkan manfaat daun salam bagi kesehatan juga sudah banyak dibuktikan melalui penelitian resmi maupun independent.

Manfaat Daun Salam Yang Belum Anda Ketahui
Manfaat Daun Salam Yang Belum Anda Ketahui
Kandungan zat gizi maupun zat non-gizi yang disebut fitonutrien merupakan kontributor utama khasiat daun salam untuk obat asam urat, diabetes, kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi sampai membantu menurunkan berat badan.

Khasiat daun rempah yang satu ini dapat digunakan sebagai obat diare, sakit perut, kolesterol, maag akut sampai dibuat pasta gigi tradisional. Jadi, sudah terbukti dan teruji pemanfaatan daun tanaman salam tidak sebatas bumbu masakan saja.

Manfaat olahan daun salam untuk mengobati penyakit

Bagi anda yang hobi masak, manfaat daun salam kering untuk penyedap makanan tidak perlu diragukan lagi. Namun, tahukah anda jika jenis daun salam liar memiliki rasa pahit serta bau kurang harum?


Kandungan daun salam yang penuh manfaat kesehatan
  • Minyak esensial mengandung eugenol dan metil kavikol
  • Ekstrak etanol sebagai anti-jamur serta anti-bakteri
  • Ekstrak metanol sebagai anti-cacing
  • Kandungan kimia daun salam meliputi flavonoida, tannin dan minyak atsiri
  • Vitamin B kompleks dan vitamin C berguna sebagai penurun kadar asam urat
Cara memilih daun salam untuk diolah sebagai obat tradisional
  • Pilih yang daunnya lebar, warnanya hijau cerah dan terlihat segar.
  • Untuk daun kering, pilih yang tidak mudah patah dan tidak berlubang.
10 Khasiat Dan Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

1. Mengharumkan masakan

Campurkan daun segar maupun kering ke dalam masakan seperti daging, ikan, nasi atau sayur mayur agar aroma masakan lebih harum. Kandungan zat-zat alami di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengikutsertakan salam pada masakan anda.

2. Membuat gigi putih bersih
Pasta gigi tradisional yang terbuat dari bahan herbal terbukti mampu memutihkan gigi kuning secara alami dan aman. Jemur daun salam dan kulit jeruk sampai kering. Haluskan dengan ditumbuk kemudian campurkan keduanya bersama air. Aduk rata hingga berbentuk pasta seperti odol. Rasakan khasiat daun salam kering untuk memutihkan gigi secara alami melalui olahan pasta gigi tradisional.
manfaat daun salam kering

3. Menurunkan kolesterol dan diabetes
Sediakan 10 – 15 lembar daun yang masih segar, cuci sebentar kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin lalu saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara teratur agar kolesterol maupun diabetes cepat sembuh.

4. Manfaat daun salam untuk diet
Bagi anda yang memiliki masalah berat berlebih, ramuan diet dari daun salam bisa anda coba untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Cuci 20 – 30 lembar daun kemudian rebus bersama 4 gelas air. Setelah tersisa 2 gelas, angkat dan tunggu hingga dingin. Minum 2 kali sehari pagi dan malam masing-masing 1 gelas agar berat badan turun secara alami.

5. Mengobati kencing manis
Rebus 7 – 15 daun dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan tunggu sampai dingin kemudian minum sekaligus sebelum makan. Lakukan dua kali dalam sehari supaya khasiat daun salam diserap oleh tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah
Sediakan 7 – 10 lembar daun yang masih segar, rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum rebusan daun salam sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.
7. Mengobati maag akut
Untuk anda yang menderita maag, manfaat daun salam dapat menjadi obat alami penyakit tersebut. Cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Rebus dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau (aren) secukupnya. Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

8. Mengatasi mabuk alkohol
Kegunaan tanaman salam yang satu ini tidak memanfaatkan daunnya melainkan buahnya. Cuci satu genggam buah salam masak, tumbuk dan peras airnya. Saring air perasan buah salam kemudian minum agar mabuk akibat alkohol cepat hilang.

9. Mengobati diare secara alami
Selain menggunakan buah jambu biji yang masih muda, daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare. Sediakan 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tunggu sampai dingin. Minum air tersebut sekaligus agar diare cepat sembuh.

10. Manfaat Daun Salam Untuk Asam Urat
Sediakan 10 lembar daun salam kering atau jemur daun yang masih segar di bawah sinar matahari. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel dipermukaan sebelum mengolahnya menjadi obat tradisional.

Cara merebus daun salam untuk asam urat sebaiknya memakai panci, ketel, atau ceret. Rebus 10 gelas air bersih memakai api sedang, setelah mendidih kemudian kecilkan api. Masukkan 10 lembar daun salam kering lalu rebus lagi hingga air tersisa 7 gelas saja.

Agar ramuan obat tradisional daun salam ini bisa efektif menurunkan kadar asam urat dalam darah, minum teratur 1 - 2 kali sehari. Simpan air rebusan pada wadah tertutup yang kedap udara agar khasiatnya bisa bertahan selama 2 - 3 hari. Pada hari berikutnya, rebus (panasi) sebentar sebelum diminum.

Hindari makanan yang tinggi zat purin seperti ikan sarden, makanan laut (kerang, cumi, udang), daging unggas (bebek, angsa, burung), jeroan (hati, ampela, usus, otak, paru dll), ekstrak daging (kaldu instan), dan jenis makanan yang dibuat dengan bahan tambahan ragi seperti tapai, brem, donat, roti, dan beragam makanan fermentasi lainnya.

Agar penyajian daun salam sebagai obat herbal lebih menarik dan menggugah selera, kami sajikan resep jus pilihan yang tentunya enak dan berkhasiat.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive