Resep Klapertart Kukus sederhana

Sponsored Links
.


Klapertart adalah sejenis makanan khas dari Indonesia tepatnya di daerah Manado. Dimana makanan yang satu ini sedikit banyaknya dipengaruhi oleh makanan khas Belanda ketika zaman penjelajahan. Proses pengolahan klapertart sendiri ada yang di kukus dan ada juga yang dipanggang. Namun kali ini kita akan membahas Resep Klapertart Kukus Mudah dan Praktis. Dimana bahan-bahan pembuatan klapertart sendiri dari tepung terigu, susu, kelapa dan telur. Ciri khas dari klapertart kukus sendiri adalah teksturnya yang lebih lembut.

Makanan yang satu ini memang banyak digemari sebab rasanya yang manis dan gurih di lidah. Klapertart kukus tentunya lebih nikmat dibandingkan di panggang sebab lebih gampang meleleh dengan bagian bawahnya yang tidak gosong berbeda dengan di panggang. Resep klapertart kukus juga sangat mudah dipraktekkan. Dengan membuat kue klapertart ini, Anda bisa menyajikannya bersama keluarga tercinta. Selain itu, hidangan makanan khas Manado ini juga sangat cocok untuk disajikan saat ada acara.

Klapertart adalah sejenis Jajanan Pasar atau hidangan dengan kalori cukup tinggi. Akan tetapi, ada pengusaha kue klapertart dengan menggunakan adonan atau bahan-bahan berkalori rendah. Dimana beberapa jenis dari klapertart sendiri memakai lemak yang rendah kalori, dengan susu berkalsium tinggi serta pemanis yang rendah kalori untuk dijadikan bahan adonannya yang menggantikan susu dan juga gula secara umumnya. Dengan begitu membuat kue klapertart mengandung kalori yang rendah.

Hal ini tentunya berlaku bagi Anda yang membuatnya di rumah. Dimana dengan membuat kue klapertart sendiri di rumah tentunya Anda bisa memilih bahan-bahan untuk pembuatan adonannya. Dengan begitu Anda pun bisa menyajikan kue klapertart yang rendah kalori dan higienis sehingga aman dikonsumsi untuk semua keluarga di rumah. Kue klapertart tentunya banyak digemari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena rasanya yang begitu gurih, manis dan nikmat untuk di santap.

Nah, bagi Anda yang belum pernah mencicipi kue klapertart kini saatnya mencoba mempraktekkan resep klapertart kukus yang mudah dan praktis. Sehingga Anda tak perlu mencari penjual kue klapertart di toko kue. Kue klapertart bisa dijadikan pilihan sebagai hidangan di waktu senggang bersama keluarga tercinta. Selain itu, Anda juga bisa melakukan variasi hidangan kue klapertart dengan tambahan bahan yang disukai.

Jika Anda sudah bisa membuat makanan yang satu ini, maka Anda pun tak perlu khawatir jika ada acara atau ada tamu ke rumah. Cukup dengan membuat kue klapertart sebagai hidangan para tamu. Seiring dengan perkembangan zaman, kini ada banyak variasi kue klapertart dengan beraneka macam rasa diantaranya rasa keju, cokelat, durian, rum raisin, original dan juga blueberry. Anda bisa memilih varian rasa yang digemari keluarga untuk dijadikan hidangan saat berkumpul.


Bahan / Bumbu :

Bahan-bahan yang digunakan:

225 gram kelapa muda
700 cc susu cair
¾ sdt garam
225 gram gula pasir
75 gram tepung maizena
250 gram susu kental manis
3 butir telur ayam, ambil kuningnya
3 sdm tepung terigu
250 gram mentega
¼ sdt esens vanilla
Bahan untuk toping klapertart:
150 gram kismis
60 gram kenari, lalu cincang kasar
Secukupnya kayu manis bubuk

Cara Memasak :

Pertama-tama untuk membuat kue klapertart kukus yaitu dengan mencampurkan susu kental manis bersama susu cair terlebih dulu lalu aduk hingga merata.
Kemudian campurkan bahan tepung terigu bersama air sedikit saja lalu encerkan. Pastikan tidak terlalu banyak air sebab bila adonan tersebut terlalu encer, dengan begitu hasilnya pun tak akan maksimal.
Langkah berikutnya kocok telur bagian kuningnya saja sampai mengembang.
Sesudah ketiga adonan tadi siap, maka masukkan adonan dari bahan telur, mentega, gula dan tepung terigu pada campuran susu. Lalu rebus adonan tadi pada api yang kecil sampai adonan matang sempurna.
Jika adonan sudah mendidih, diamkan sebentar sampai adonan mengental. Kemudian tambahkan dengan vanili esens dan kelapa muda pada rebusan adonan klapertart, kemudian aduk adonan hingga merata serta matang. Lalu angkat kemudian dinginkan.
Selanjutnya siapkan loyang dengan alas pelapis dari alumunium foil kemudian masukan semua bahan adonan tadi pada loyang.
Kemudian tambahkan kenari, kismis serta taburi kayu manis sebagai bahan toping.
Selanjutnya kukus loyang berisi adonan kue klapertart sekitar 30 menit. Klapertart kukus pun siap disajikan untuk keluarga.


Selamat mencobi...!

Image : Bukuresep
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive