Loading...

RESEP SOTO DAGING SAPI BENING ENAK

Sponsored Links
Loading...
Loading...


Resep soto daging sapi bening dengan ciri khas bumbu kuah berkaldu juga bisa menjadi pilihan hidangan istimewa bersama keluarga di akhir pekan. Menghirup kuah bening yang hangat dengan cita rasa kaldu daging sapi yang enak dan gurih akan terasa sangat spesial di saat cuaca masih sering mendung dan hujan seperti sekarang ini.

Cara membuat soto daging sapi kuah bening kali ini adalah masakan khas Bandung, soto yang populer dengan lobak sebagai campuran bahan utamanya serta kacang kedelai goreng sebagai taburan dalam penyajiannya. Persiapan bahan dan bumbu soto daging sapi bening :


250 gram daging sapi
250 gram lobak
2 batang daun seledri dipotong sesuai selera
2 lembar daun salam
1 batang serai digeprek
2 cm lengkuas digeprek
1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap atau sesuai selera
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
1300 ml air
minyak secukupnya untuk menumis bumbu

Haluskan :

4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm jahe

Saran penyajian :

kacang kedelai goreng
1 batang daun bawang diiris tipis
bawang goreng
irisan jeruk nipis


CARA MEMBUAT SOTO DAGING SAPI KUAH BENING

Kupas kulit lobak, potong-potong dan cuci bersih. Rebus lobak sebentar saja dengan air secukupnya hanya untuk menghilangkan bau, angkat dan tiriskan.
Potong-potong daging sapi tanpa lemak atau buang lemak yang menempel, potong berbentuk dadu dan cuci bersih. Rebus dahulu dengan air secukupnya sebentar saja, buang air rebusan pertama apabila masih mengandung banyak lemak.
Rebus kembali daging dengan takaran 1300 ml air beserta daun salam dan lengkuas. Sementara itu, sambil menunggu rebusan mendidih kita tumis bumbu halus dan serai hingga wangi. Setelah tumisan matang, angkat dan masukkan ke dalam rebusan daging lalu aduk rata.
Masukkan lobak, garam, kaldu bubuk, merica dan potongan daun seledri. Aduk rata lalu masak hingga matang dan daging empuk.
Tuang soto dalam mangkuk saji, taburi dengan irisan daun bawang, kacang kedelai goreng dan bawang goreng serta jeruk nipis bila suka kemudian siap untuk dihidangkan bersama nasi putih.

Selamat Mencobi...!


Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...