Ingat Ya!! Hindari 5 Kesalahan Berikut Ini Saat Memasak Sayuran Agar kandungan Nutrisinya Terjaga!

Sponsored Links
.
Sayuran memang kaya akan vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, ada beberapa jenis sayuran yang dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih cantik. Mengkonsumsi sayuran juga sangat baik bagi kamu yang sedang menjalani diet karena sayur mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan.


Namun sayangnya kesalahan dalam mengolah sayuran dapat membuat vitamin dan gizi yang terkandung di sayuran tersebut berkurang bahkan hilang loh Toppers. Agar kandungan vitamin dan gizinya tetap terjaga,Toppers perlu menghindari kesalahan-kesalahan berikut saat memasak sayuran.

Terlalu Lama Dimasak

Memasak sayuran memang idealnya tidak boleh terlalu lama. Semakin lama dimasak warna sayuran akan terlihat pucat dan tekstur sayuran pun menjadi sangat lembek.Tak hanya itu saja Toppers, proses memasak yang terlalu lama juga berdampak pada hilangnya sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalam sayur.  Apalagi jika Toppers memasak sayuran dengan cara direbus. Proses perebusan yang terlalu lama akan membuat nutrisi pada sayuran larut bersama dengan air rebusan.

Salah Menggunakan Jenis Minyak

Menumis sebenarnya cara terbaik untuk mengolah sayur karena kandugan nutrisi pada sayuran dapat tetap terjaga, namun sayangnya masih banyak orang-orang yang menggunakan jenis minyak yang salah saat menumis sayuran. Lemak tak jenuh yang terdapat pada jenis minyak tertentu hanya akan membuat sayuran buatan kamu menjadi tidak sehat. Selain itu batasi juga pemakaian minyak saat menumis sayuran. Gunakan minyak satu sendok teh saja saat Toppers ingin menumis sayur-sayuran.

Memanggang Sayuran

Sayuran yang dipanggang tentu akan terasa sangat nikmat apalagi kalau dijadikan tambahan saat membuat barbekyu. Namun Toppers harus hati-hati ya, jangan sampai sayuran yang kamu panggang menjadi gosong karena sayuran yang gosong akan menyebabkan produksi karsinogenik di dalam sayuran tersebut. Karsinogenik sendiri merupakan zat yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu Toppers juga perlu berhati-hati dalam memilih alat panggangan, pilihlah alat panggangan yang terbuat dari stainless steel agar makanan yang kamu panggang dapat terjaga kesehatannya.

Memasak dengan Suhu Terlalu Panas

Tak hanya memasak dalam waktu yang lama, memasak sayur dengan suhu yang terlalu panas juga dapat membuat kandungan nutrisi di dalam sayuran menjadi berkurang. Tak hanya membuat kandungan nutrisi menjadi berkurang, suhu kompor yang terlalu panas akan membuat sayur menjadi cepat layu. Oleh karena itu gunakan api sedang saat kamu sedang memasak sayuran ya.

Mengupas Sayuran Sebelum Dimasak

Kebanyakan orang akan mengupas kulit sayuran sebelum memasaknya padahal kulit sayuran ini juga memiliki nutrisi yang tidak dimiliki oleh daging sayuran tersebut. Salah satu contoh kulit sayuran yang bergizi adalah kulit kentang yang memiliki zat besi lima kali lebih banyak dibandingkan daging kentang itu sendiri dan memiliki zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Buat Toppers yang ingin mengolah sayuran seperti kentang sebaiknya Toppers hanya mencuci bersih kulitnya dan tidak mengupasnya.

Itu dia beberapa kesalahan yang dilakukan saat memasak sayuran. Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Jangan sampai nutrisi penting yang terdapat pada sayuran hilang karena kesalahan kamu dalam mengolahnya.

Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive