Jaga Kesehatan, Hindari Bahaya..!!! Jangan Isi Ulang Botol Bekas Dengan Air Minum, Bisa fatal Akibatnya.!!!

Sponsored Links
.
Banyak botol air minum yang terbuat dari plastik mencantumkan kode label yang menginformasikan jika botol itu tak disarankan untuk di isi lagi. Hal sejenis ini perlu di perhatikan karena paket plastik yang disebut di buat hanya untuk sekali pakai serta jangan sempat digunakan berulang-kali untuk wadah minuman.

botol-bekasBeberapa orang tak mengerti serta tak peduli dengan label itu. Biasanya label pada botol paket plastik itu berupa logo serta angka-angka yang memanglah sedikit di ketahui oleh sebagian orang juga sebagai customer. Berikut ini berbagai tipe tipe plastik yang perlu di kenali.

Biasanya plastik paket mempunyai kode seperti berikut ini, serta pada paket berbentuk botol kode itu umumnya ada dibagian bawah.

1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) labelnya berbentuk angka 1 dalam segitiga umum digunakan untuk botol plastik yang transparan/tembus pandang seperti botol air mineral. Botol-botol dengan bahan ini direferensikan cuma untuk sekali gunakan. Jangan sempat digunakan untuk menyimpan air hangat terutama panas.

2. HDPE (high density polyethylene) labelnya berbentuk angka 2 dalam segitiga umum digunakan untuk botol susu yang berwarna putih susu. Direferensikan cuma untuk sekali pemakaian.

3. V atau PVC (polyvinyl chloride) labelnya berbentuk angka 3 dalam segitiga yaitu plastik yang paling susah di daur lagi. Plastik ini dapat di ketahui pada plastik pembungkus (cling wrap), serta botol-botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang ada pada plastik pembungkus bisa bocor serta masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC memiliki potensi mempunyai kemungkinan untuk ginjal, hati serta berat badan.

4. LDPE (low density polyethylene) labelnya berbentuk angka 4 dalam segitiga umum dipakai untuk tempat makanan serta botol-botol yang lembek. Barang-barang dengan berkode ini bisa di daur lagi serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas namun kuat. Barang ini dapat disebut tidak bisa di leburkan namun selalu baik untuk tempat makanan.

5. PP (polypropylene) labelnya berbentuk angka 5 dalam segitiga yaitu pilihan terbaik untuk bahan plastik terlebih untuk yang berkenaan dengan makanan serta minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum serta terlebih botol minum untuk bayi. Karakteristik botol ini transparan yg tak jernih atau berawan.

6. PS (polystyrene) labelnya berbentuk angka 6 dalam segitiga umum digunakan sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dsb. Bahan Polystyrene dapat membuka bahan styrine ke pada makanan saat makanan itu bersentuhan. Bahan Styrine mempunyai kemungkinan untuk otak serta sistem syaraf. Bahan ini harus dijauhi serta banyak negara sisi di Amerika telah melarang pemakaian tempat makanan memiliki bahan styrofoam termasuk juga negara China.

7. Other (biasanya polykarbonat) labelnya berbentuk angka 7 dalam segitiga bisa didapat ditempat makanan serta minuman seperti botol minum olahraga. Polykarbonat dapat mengeluarkan bahan intinya yaitu Bisphenol-A ke pada makanan serta minuman yang memiliki potensi menyebabkan rusaknya sistem hormon.

Lalu kenapa botol plastik sisa air mineral tidak bisa di isi lagi? Lantaran botol minuman itu biasanya memiliki loabel PET atau PETE dengan logo segitiga dengan angka satu di dalamnya.

Disini kita akan membahas lebih jauh tentang plastik polyethylene terephthalate (PETE atau PET) serta kemungkinan bahayanya. Menurut American Chemistry Council, PETE sudah dinyatakan aman oleh FDA serta International Life Science Institute (ILSI). Tetapi American Chemistry Council memperingatkan bahwa product yang di buat dari PET cuma bisa digunakan sekali pakai.

Studi yang dikerjakan beberapa waktu terakhir tunjukkan bahwa pemakaian lagi botol yang terbuat dari PET nyatanya mempunyai resiko. Dijumpai bahwa PET bersamaan berjalannya saat akan luruh serta meresap ke pada minuman saat botol itu di pakai lagi. Racun yang dimaksud DEHA ini dapat dibuktikan bisa menyebabkan masalah di hati, persoalan kelenjar endoktrin, kesulitan memperoleh keturunan, dan dicurigai dapat mengakibatkan kanker pada manusia. Karenanya, yang terbaik yakni mendaur lagi botol-botol ini, jangan sampai memakainya berulang-kali.

Mulai sekarang ini, anda yang miliki kebiasaan menggunakan botol bekas air mineral untuk wadah air minum baiknya tinggalkan rutinitas terebut. Saat air mineral yang anda beli sudah habis diminum, remaslah botolnya serta buanglah ditempat sampah. Bentuk botol yang sederhana serta ringan memang menarik untuk jadikan wadah air minum, tetapi bahaya yang meneror lebih lebih mengerikan.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive