Deteksi 6 Penyakit Ini Melalui Perubahan Pada Kaki Anda

Sponsored Links
.
.

 

Deteksi Penyakit Melalui Kaki - Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang seringkali diabaikan. kebanyakan dari kita lebih fokus merawat wajah dan jarang sekali merawat kaki, kecuali jika kaki sudah menunjukkan tanda penyakit seperti pegal-pegal atau jamur kulit. Hal tersebut sangat wajar, sebab kaki dianggap sebagai anggota tubuh yang kuat.

Dikutip dari Elite Readers, perubahan pada kaki bisa jadi indikasi bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan. Hal tersebut diungkapkan oleh ahli podiatris dari One Wellnes Clinic di London Inggris, bahwa sebaiknya kita tidak mengabaikan gejala-gejala tak lazim yang nampak pada kaki, karena hal tersebut bisa menunjukkan penyakit tertentu, termasuk penyakit yang serius. Gejala apa saja yang patut diwaspadai?

Jari Kaki Membesar
Deteksi Penyakit Melalui Kaki
Deteksi Penyakit Melalui Kaki
Jika jari kaki terlihat membesar secara tak wajar, terlebih jika disertai warna merah dan nyeri, bisa jadi Anda menderita encok. Hal ini disebabkan oleh pengkristalan asam urat pada sendi kaki yang diakibatkan oleh diet protein ekstrim, atau kelebihan berat badan.

Kaki Terasa Dingin
Jika tangan dan kaki sering terasa dingin, disertai oleh kelelahan, jantung berdebar dan nyeri otot, bisa jadi Anda menderita Hipotiroid atau kekurangan hormon tiroksin. Hal ini sangat berbahaya jika tak ditanggulangi dengan tepat. Segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Penderita biasanya akan diberikan terapi hormon.

Kaki Mati Rasa
Jika kaki sering mati rasa dan terlebih jika disertai benjolan seperti bisul, sebaiknya jangan sepelekan gejala ini. Gejala ini bisa jadi indikasi diabetes tipe 2. Hal tersebut ada kaitannya dengan saraf perifer yang terganggu akibat diabetes. Gejala lain yang menyertai kaki mati rasa akibat diabetes adalah penurunan berat badan, kelelahan, haus terus-menerus, dan sering buang air kecil.

Kuku Melengkung ke Dalam
Deteksi Penyakit Melalui Kaki
Deteksi Penyakit Melalui Kaki
Jika kuku kaki atau tangan terlihat cembung ke dalam dan terlihat tak normal, bisa jadi Anda menderita kelainan paru-paru atau jantung. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen dalam darah hingga kuku terlihat menciut.

Kuku Menebal, Rapuh dan Berubah Warna
Selain indikasi kuku terkena jamur, gejala ini juga menjadi tanda bahwa kekebalan tubuh terlalu kuat, atau dalam istilah medis dikenal sebagai psoriaris. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik, stres atau penggunaan obat tertentu.

Jari Kaki Terasa Sakit

Jika jari-jari kaki terasa sakit, bisa jadi Anda terkena radang sendi atau reumatik. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan sendi hingga jari terasa sakit, sensitif, dan sulit digerakkan.

Itulah beberapa penyakit yang gejalanya dapat terlihat pada kaki. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut dalam jangka waktu lama sebaiknya Anda mulai waspada dan memeriksakan diri ke dokter.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive