Loading...

Tips Meredakan Pegal di Kaki

Sponsored Links
Loading...
Loading...


Tips Meredakan Pegal di Kaki - Seharian beraktivitas dengan sepatu bertumit tinggi mungkin sudah menjadi kebiasaan. Namun, jangan abaikan pegal-pegal di kaki Anda. Bila dibiarkan, rasa sakit dan pegal di otot dapat mendatangkan malapetaka. Otot kaki, persendian di tiap pergelangan kaki bisa tertekan dan Anda bisa merasakan rasa nyeri yang membutuhkan penanganan lebih khusus.
Tips Meredakan Pegal di Kaki
Tips Meredakan Pegal di Kaki
Katy Bowman, pakar gerakan manusia dan pencipta serial DVD 'Alligned and Well' menyatakan ada cara mudah untuk meredakan ketegangan pada otot kaki. Dia menyarankan untuk melakukan empat gerakan peregangan tiga kali sehari. Masing-masing gerakan dilakukan selama satu menit. Selain gerakan ada beberapa tips juga untuk menghilangkan pegal di kaki dan itu sangat ampuh menurut saya.silahkan disimak dibawah ini.. :D

Tips Meredakan Pegal di Kaki
Berikut empat gerakannya, seperti dimuat dalam Real Simple.
  • Gerakan 1: peregangan otot kaki. Duduklah di lantai menghadap dinding dengan kaki Anda lurus dan telapak kaki rata di dinding. Duduk di atas bantal agar lebih nyaman. Luruskan tangan ke depan sejauh yang Anda bisa untuk meregangkan dan memperpanjang otot betis dan paha belakang. Sebab, memakai sepatu bertumit tinggi membuat otot kaki mengencang.
  • Gerakan 2: peregangan kaki. Berdiri dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Angkat dan arahkan jari-jari kaki kiri ke bawah sehingga menyentuh lantai. Anda harus merasakan peregangan di bagian atas kaki, tahan semenit. Lalu, lakukan dengan kaki sebaliknya.
  • Gerakan 3: peregangan jari kaki. Duduklah di kursi dengan kaki kanan di atas paha kaki kiri. Masukan jari-jari tangan kiri kanan ke semua celah jari kaki kanan. Fokuskan untuk menyebarkan semua jari-jari kaki sejauh mungkin. Jangan menarik jari-jari kaki ke atas maupun ke bawah. Tahan sebentar. Setelah selesai, ganti ke kaki sebelahnya.
  • Gerakan 4: peregangan dinding. Berbaring telentang dengan tubuh bagian bawah Anda beberapa sentimeter dari dinding dan lengan Anda terentang keluar. Tempatkan tumit di dinding dengan kaki melebar membentuk V. Anda akan merasakan tarikan lembut di paha bagian dalam Anda. Penggunaan sepatu akan membebani lengkungan kaki dan peregangan ini dapat merilekskan mereka. Ditambah, mengangkat kaki mengurangi pembengkakan pada bagian betis.
Berikut Tips Sederhana Untuk Menghilangkan Pegal Dikaki 
  1. Tukarlah sepatu yang biasa Anda gunakan. Setiap jenis sepatu memberikan penyokong kaki yang berbeda-beda, lengkungan dan bentuk sepatu yang tepat bisa mengurangi rasa sakit pada kaki jika digunakan dalam waktu yang lama.
  2. Angkat kaki Anda ke atas untuk menghilangkan tekanan yang ada. Dengan mengangkat kaki setinggi 3 sampai 4 inci (7 sampai 10 cm) dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan sakit di kaki. Anda bisa melakukan ini di kasur sambil tidur.
  3. Rendam kaki dalam air hangat dan tambahkan sedikit garam. Air hangat yang bercampur dengan garam bisa membuat otot-otot kaki menjadi lebih rileks. Jika ingin benar-benar membuat kaki rileks bisa juga ditambahkan daun pepermint beberapa lembar. Sumber lain menyarankan memasukkan beberapa butir kelereng didalam baskom yang berisi air hangat tersebut, lalu putar mutarlah kelereng dengan telapak kaki anda, ini akan memberikan efek memijat, sehingga kaki menjadi lebih rilex.
  4. Pijat telapak kaki untuk menghilangkan rasa lelah. Sebaiknya pemijatan difokuskan pada bagian yang paling sakit agar manfaat dari pijat itu sendiri benar-benar maksimal. Pemijatan ini bisa menggunakan minyak esensial atau pelembab kulit.
  5. Gunakan kaus kaki yang terbuat dari katun. Setelah Anda melakukan beberapa langkah tersebut, gunakanlah kaus kaki yang lembut selama Anda tidur dan saat bangun nanti rasa lelah tersebut akan hilang dan kaki menjadi lebih lembut.
  6. Tips yang terakhir adaah saran dari bu Stefi di jogokaryan. Menggunakan nasi yang diremas-remas, diberi garam sedikit, dan diberi air sedikit. Oles-oleskan bahan-bahan tadi ke bagian kaki yang pegal-pegal. Pakailah menjelang tidur.
Sekian tips meredakan pegal dikaki..semoga bermanfaat.. ^_^
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...