7 Cara Membuat Pestisida Nabati Kuat Pemberantas Hama dan Penyakit Tanaman

Sponsored Links
.
.
1. Bawang Putih (Allium sativum)Bawang putih mengandung bahan aktif utama Allisin yang bersifat antibiotik (antibakteri).
Pestisida nabati bawang putih efektif untuk mengendalikan beberapa hama tanaman seperti wereng, walang sangit, dan penggerek batang padi. Selain efektif pada hama kutu-kutuan, bawang putih juga efektif mengatasi penyakit layu akibat jamur Fusarium dan bakteri Ralstonia pada tanaman cabai dan tomat dengan aplikasi pengocoran.
2.Tembakau (Nicotiana tabacum)Daun tembakau mengandung bahan aktif Nikotin. Pestisida nabati daun tembakau efektif untuk mengendalikan hama penghisap seperti Aphis sp, walang sangit, penggerek batang, selain berfungsi sebagai insektisida, tembakau juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit Blast (bercak daun berbentuk belah ketupat pada padi).
3.Mimba (Azadirachta indica)Biji dan daun mimba mengandung bahan aktif Azadirachtin, Salanin, Nimbenen, dan Mellantriol. Pestisida organik mimba efektif untuk mengendalikan ulat, hama penghisap (kutu-kutuan), jamur, bakteri, nematoda, dan sebagainya.sumber : wikipedia.org Pohon Mimba (Neem Tree). Sumber gambar : wikipedia.org. Under Atribution Share Alike LicensePestisida organik mimba dapat dibuat dari biji atau daunnya. Selain sebagai insektisida, ektrak mimba juga berfungsi sebagai fungisida untuk pengendalian layu akibat Fusarium dan Phytophthora, dan bakterisida pengendali bakteri Ralstonia.
4.Sirsak (Annona muricata)Daun sirsak mengandung bahan aktif Annonain dan Resin. Pestisida nabati daun sirsak efektif untuk mengendalikan hama trip, wereng, walang sangit dan penggerek batang.
5.Pepaya (Carcia papaya)Daun pepaya mengandung bahan aktif Papain. Pestisida nabati daun pepaya efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisap seperti Aphis sp
.6.Serai (Andropogan nardus)Serai mengandung bahan aktif Silica (Si02) pada bagian daun dan batang, yang bermanfaat mengendalikan ulat atau kutu daun. Selain itu, bau dari tanaman serai sangat tidak disukai oleh tikus. Oleh karenanya, serai yang ditanam dibedengan sawah dapat menghambat serangan tikus.
7.Gadung (Dioscorea hispida)Umbi gadung mengandung bahan aktif Diosgenin, Steroid Saponin, Alkoloid dan Fenol. Pestisida nabati umbi gadung efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisab.#Cara Pembuatan Pestisida Nabati untuk Pengendali Hama Kutu-kutuanSobat BT, kini anda tau ternyata jenis tanaman di atas bekerja dengan baik sebagai alternatif pengendalian tanaman.
Anda bisa langsung mencampur 7 jenis tanaman di atas atau beberapa saja, tergantung apakah anda bisa memperolehnya semua atau tidak. Hehe..Untuk bisa mengekstrak kandungan bahan aktif di dalamnya, pada proses pembuatannya membutuhkan fermentasi. Proses fermentasi sendiri digunakan dengan memakai mikroorganisme lokal atau EM4 (Effective Microorganisme). Selain agar proses ekstraksi (penguraian) berjalan dengan sempurna, fermentasi bertujuan agar proses penguraiannya berjalan lebih cepat serta menetralisir bau yang ditimbulkan.Ala-alat :Blender atau penumbuk Timbangan Pisau Jurigen Saringan daun-mimba Daun mimba (neem tree).
Bahan-bahan :Daun mimba 1 kg Daun Tembakau 0,5 kg Daun Pepaya 1 kg Daun Sirsak 0,5 kg Bawang putih 2 kg Serai 3 kg Gadung 0,5 kg EM4 100 ml Tetes tebu/gula pasir 100 ml/100 gram Cuka makan 100 ml Air cucian beras 1 liter Air 10 liter
Image result for pestisida nabati #Langkah-langkah Pembuatan Pesnab1. Pastikan alat dan bahan yang diperlukan telah siap2. Jika alat dan bahan sudah siap, anda mulai dengan menghancurkan bahan utama daun mimba, daun tembakau, daun pepaya, bawang putih, serai, gadung dan daun sirsak dengan alat penumbuk atau blender.3. Setelah itu, masukkan cairan sekaligus ampasnya ke jerigen4. Selanjutnya, masukkan EM4, gula/tetes, cuka dan air cucian beras, lalu aduk rata, lalu tutup rapat..!5. Simpan dalam suhu ruangan kira-kira sampai 21 hari6. Lakukan pengocokan pagi atau sore kurang lebih 5 menit7. Sesekali buka tutup jerigen untuk membuang gas hasil fermentasi8. Setelah 14 hari hentikan pengocokan, dan biarkan 7 hari lagi sebelum aplikasi9. Setelah 21 hari, maka pesnab siap untuk digunakan..!#AplikasiEncerkan pestisida nabati yang berhasil kita buat sebanyak 10-20 ml per liter air. Aplikasi selain disemprotkan, juga bisa dikocorkan pada lubang tanam, tergantung kebutuhan anda. Karena sifat pesnab ini tidak tahan panas matahari, maka penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore hari atau malam hari.Jika anda tertarik belajar meramu sendiri pestisida nabati/organik,
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive