HATI-HATI 6 Gejala ini, Bisa jadi Ginjal Anda bermasalah!

Sponsored Links

HATI-HATI 6 Gejala ini, Bisa jadi Ginjal Anda bermasalah!

Gejala ginjal bermasalah mungkin cukup sulit dideteksi secara kasat mata karena seringkali dianggap sebagai gejala penyakit biasa. Barulah pada saat merasakan gejala yang cukup parah, penderita diperiksakan dan kemudian diketahui bahwa ginjalnya bermasalah. Dalam tubuh manusia organ ginjal menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting fungsinya. Bentuk organ tubuh yang mirip seperti kacang ini merupakan organ ekskresi yang dimiliki oleh vertebrata. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring kotoran maupun racun tubuh di dalam darah kemudian membuangnya bersama air dalam bentuk urin..

Karena fungsinya tersebut maka ginjal termasuk organ tubuh yang sangat vital. Saat ginjal Anda bermasalah akan terjadi penumpukan racun dan zat-zat berbahaya di dalam tubuh yang kemudian menyebabkan penurunan kondisi tubuh dan terjadinya berbagai jenis masalah kesehatan. Ginjal juga merupakan organ yang sulit disembuhkan jika sudah mengalami kerusakan. Oleh karena itu sekecil apapun, gejala ginjal bermasalah sebaiknya diwaspadai sebelum terlambat. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai gejala ginjal bermasalah.
HATI-HATI 6 Gejala ini, Bisa jadi Ginjal Anda bermasalah!

Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Anda Waspadai

Selain fungsi utama tersebut diatas, ginjal juga mempunyai beberapa fungsi lain yang tak kalah pentingnya. Ginjal juga berfungsi untuk mengatur pH di dalam tubuh, konsentrasi ion mineral dan juga komposisi air yang ada dalam darah. Maka tak heran saat ginjal bermasalah, kondisi kesehatan penderita akan menurun drastis.

Gejala ginjal bermasalah dan cara mengatasinya

Beberapa penyebab ginjal bermasalah adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes atau kencing manis, dan penyumbatan pada saluran kencing. Menjaga pola makan dan hidup teratur supaya tekanan darah dan kadar gular darah normal dapat mencegah kerusakan pada ginjal. Dan juga jangan suka menahan buang air kecil bila memang sudah saatnya.

Nah, supaya Anda bisa lebih mewaspadai gejala ginjal bengkak ataupun bermasalah lebih dini, Anda perlu mengetahui beberapa gejalanya seperti yang sudah kami rangkum berikut ini.

Wajah Pucat dan Tubuh Lemas

Para penderita gangguan ginjal yang mengalami wajah pucat dan juga tubuh yang lemas biasanya dikatakan sedang tidak enak badan. Mereka yang mengalami kendala ini biasanya tidak terlalu ditanggapi serius dan diminta untuk beristirahat di rumah selama waktu yang tidak ditentukan. Akan tetapi hal ini bisa menjadi salah satu gejala ginjal bermasalah yang harus Anda ketahui sejak dini. Oleh karena itu sebaiknya Anda tetap memeriksakannya ke dokter agar Anda mendapatkan keputusan yang pasti mengenai penyakit yang tengah diderita. Masalah ginjal akan menyebabkan penurunan produktivitas sel darah merah. Oleh karena itu, para penderita gangguan ginjal biasanya akan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.

Merasa Mual dan Sering Muntah

Mual dan muntah lebih sering dikaitkan dengan masuk angin ketimbang dengan gejala ginjal bermasalah atau gejala ginjal bengkak. Akan tetapi saat Anda atau salah seorang keluarga Anda mengalami mual dan sering muntah, segera periksakan ke dokter. Salah satu fungsi ginjal adalah untuk membuang racun. Dan saat ginjal bermasalah, secara otomatis racun tidak akan terbuang secara efektif. Kemudian racun tersebut akan terus menumpuk di dalam tubuh dan hal inilah yang membuat penderita ginjal bermasalah merasa mual dan muntah. Dan tentu saja mual yang dialami oleh penderita sakit ginjal ini akan menurunkan nafsu makan penderita sehingga justru malah memperparah keadaan penderita.

Rusaknya ginjal kadang tidak disadari hingga benar-benar parah padahal organ ini sangat penting sekali dan sulit untuk disembuhkan, oleh karenanya gejala ginjal bermasalah haruslah diwaspadai. Lalu apalagi gejala-gejala tersebut?

Mengalami Sesak Napas

Penumpukan cairan yang terjadi di dalam paru-paru bisa membuat seseorang menjadi sesak napas. Nah, salah satu hal yang bisa menyebabkan penumpukan cairan tersebut adalah karena fungsi ginjal yang sudah tidak normal lagi. Ginjal yang juga berfungsi sebagai pembuang cairan dari dalam tubuh tentu tidak akan bisa bekerja secara optimal saat fungsinya mengalami gangguan. Oleh karena itu cairan akan semakin menumpuk di dalam tubuh dan memungkinkan cairan tersebut masuk ke dalam paru-paru.

Tubuh Membengkak

Masih terkait dengan fungsi ginjal untuk membuang cairan tubuh. Gejala ginjal bermasalah yang selanjutnya adalah tubuh membengkak karena terjadi penumpukan cairan. Fungsi ginjal membuang cairan tidak akan bekerja secara optimal saat ginjal mengalami gangguan. Oleh karena itu biasanya penderita gejala ginjal bengkak atau bermasalah mengalami pembengkakan pada kaki, perut atau jika sudah parah akan bengkak seluruh tubuhnya.

Frekuensi Buang Air Kecil Berkurang

Saat frekuensi buang air kecil Anda mulai berkurang dan bahkan dalam sehari Anda sangat jarang buang air kecil, Anda patut mencurigai ini sebagai salah satu gejala ginjal bermasalah. Keluhan ini biasanya mulai dirasakan oleh para penderita penyakit ginjal tingkat lanjut. Hal ini dikarenakan fungsi ginjal membuang cairan sudah sangat tidak berfungsi dengan baik.

Mengalami Osteoporosis

Masalah yang terjadi pada ginjal juga bisa menyebabkan seseorang lebih cepat mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Seperti yang tadi sudah dibahas di awal penjelasan, salah satu fungsi ginjal adalah menjaga keseimbangan berbagai zat termasuk kalsium di dalam tubuh manusia. Nah, saat kalsium tidak seimbang dan jumlahnya berkurang, hal ini jelas bisa memicu terjadinya osteoporosis.

Kalau sepertinya Anda mengalami beberapa gejala ginjal bermasalah seperti yang tadi sudah dijelaskan, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Ketahui bagaimana kondisi ginjal Anda dan minta saran dari dokter bagaimana cara merawatnya. Lebih baik waspada atau bertambah parah dan sulit diobati. Sakit ginjal tidak selalu bertambah parah dan berakibat rusaknya ginjal. Gejala-gejala sakit ginjal yang diketahui dan diatasi sejak dini dapat mengurangi resikonya.

Tips Mengatasi Gejala Ginjal Bengkak

gejala ginjal bengkakSaat Anda mulai merasakan gejala ginjal bermasalah seperti yang tadi sudah dijelaskan, Anda perlu segera mengatasinya. Selain harus pergi ke dokter, ada beberapa hal sederhana yang harus Anda lakukan sendiri agar tidak memperparah kondisi ginjal.

Pertama, disarankan untuk rutin mengontrol tekanan darah karena pada dasarnya salah satu sebab terjadinya gagal ginjal adalah hipertensi kronis, waspadai ciri-ciri tekanan darah tinggi. Kedua, konsumsilah suplemen atau makanan kesehatan yang terbuat dari bawang putih. Masih terkait dari alasan pertama, bawang putih mampu mengontrol tekanan darah dengan cepat. Ketiga, hentikan kebiasaan merokok dan juga minum alkohol. Kebiasaan buruk ini sangat berisiko terjadinya gagal ginjal dan hipertensi. Dengan meninggalkan dua kebiasaan buruk tersebut Anda sudah bisa mencegah kondisi ginjal yang lebih parah.

Kemudian jangan minum terlalu banyak air putih. Minum terlalu banyak ataupun terlalu sedikit dapat merusak ginjal kita. Minumlah secukupnya saja, karena jika terlalu banyak air putih yang dikonsumsi, ginjal akan mengalami hiperfiltrasi, atau penyaringan yang melebihi kemampuan, yang membuat ginjal bengkak, selain itu juga dapat membuat kerja jantung kepayahan.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai gejala ginjal bermasalah dan sedikit cara mengatasinya. Semoga setelah membaca penjelasan dari artikel tadi Anda bisa lebih mewaspadai gejala-gejala sakit ginjal yang harus segera ditangani. Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive