Loading...

WASPADALAH...!!! Siapapun anda,Merokok atau Tidak, Waspadai 8 Gejala Awal Kanker Paru-paru ini

Sponsored Links
Loading...
Loading...

WASPADALAH...!!! Siapapun anda,Merokok atau Tidak, Waspadai 8 Gejala Awal Kanker Paru-paru ini

Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit ganas yang bisa menyebabkan kematian. Dikatakan bahwa penyakit ini adalah penyebab kematian tertinggi di dunia, sekitar 1.560.000 orang di seluruh dunia meninggal karena kanker paru-paru setiap tahunnya.
WASPADALAH...!!! Siapapun anda,Merokok atau Tidak, Waspadai 8 Gejala Awal Kanker Paru-paru ini

Berdasarkan data dari International Agency for Reasearch on Cancer (IARC), pada tahun 2012 di Indonesia terdapat 25.322 pasien kanker paru-paru pria dan 9.374 pasien kanker paru-paru wanita. Penyebab utama kanker paru-paru ini adalah kebiasaan merokok.

80-90% kasus kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sisanya disebabkan oleh radiasi, polusi udara dan arsenik. Orang yang berusia lanjut juga rentan terkena kanker paru-paru.

Tidak ada gejala atau tanda yang jelas saat kanker paru-paru mulai menimpa seseorang. Namun berikut ini ada 8 tanda tahap awal terjadinya kanker paru-paru yang harus Anda waspadai.

1. Napas yang pendek

Biasanya kita mengalami napas yang pendek jika kita melakukan olahraga seperti berlari. Namun jika Anda bangun dari tidur dan mengalami napas pendek yang tersengal-sengal, bisa jadi Anda mengalami masalah pernapasan yang serius. Napas yang pendek adalah gejala awal dari kanker paru-paru

2. Merasa kelelahan

Jika Anda merasakan kelelahan yang luar biasa padahal tidak melakukan pekerjaan berat, hingga membuat Anda sulit tidur, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Kelelahan adalah salah satu tanda bahwa tubuh telah menggunakan energi cadangan saat mencoba menyembuhkan diri.

3. Batuk yang terus menerus

Batuk yang terus menerus dan tidak kunjung sembuh meski telah diobati bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami gejala awal kanker paru-paru. Batuk adalah mekanisme tubuh dalam bereaksi saat sistem pernapasan mengalami masalah.

4. Punggung dan bahu terasa sakit

Perempuan cenderung mengalami kanker paru-paru jenis adenocarcinoma. Kanker jenis ini tumbuh di lapisan terluar paru-paru sehingga menekan tulang rusuk dan punggung. Karenanya anda harus waspada jika merasakan sakit di
bagian punggung dan tulang belikat.

5. Suara serak

Kanker pada sistem pernapasan menyebabkan pita suara menjadi iritasi bahkan bengkak, sehingga membuat suara menjadi serak dan gatal. Bila Anda mengalami suara serak secara tiba-tiba dan bertahan hingga lebih dari tiga minggu. Segera periksakan tenggorokan dan paru-paru anda ke rumah sakit.

6. Penurunan berat badan

Saat berat tubuh menurun secara drastis padahal tidak sedang melakukan diet apapun, maka Anda perlu waspada. Saat tubuh sakit, tubuh akan membakar cadangan lemak lebih cepat.

7. Susah menelan

Iritasi dan pembengkakan di saluran pernapasan memang membuat susah menelan. Jika ini terjadi setelah Anda mengalami flu, tentu tak perlu khawatir. Tapi jika keadaan ini terus berlangsung, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

8. Sakit di bagian dada

Adecarcinoma yang menyebabkan sakit di bagian dada dan punggung juga bisa mengarah pada efusi pleura, sebuah kondisi menyakitkan yang membuat garis paru-paru menjadi bengkak. Jika Anda mengalami sakit di bagian rusuk yang terus menrus di satu area, Anda harus segara mencari pertolongan.

Seorang ahli onkologi dari Rumah Sakit Kanker Modern di Gangzhou, China, mengatakan, bagi Anda yang aktif merokok sejak lama dan berusia 40 tahun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Dan bagi Anda yang memiliki riwayat kanker dalam keluarga, sebaiknya melakukan pemeriksaan X-ray setiap 6 bulan sekali.

Sebagai tindak pencegahan, Anda harus menghindari atau mengurangi kebiasaan merokok. Gunakan masker setiap kali Anda bepergian untuk mencegah polusi masuk ke dalam saluran pernapasan.

Semoga informasi ini bermanfaat!



Fitriyani Penulis yang menggemari dunia anak dan concern terhadap isu tentang perempuan.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...