Loading...

Senangnya Bisa Buat Mie Sendiri Walaupun Tak Ada Mesin. Sedap, Bebas Pengawet & Pewarna Buatan!

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Saya hobi makan mie mie an... coba buat sendiri tanpa pengenyal, tanpa telur, dan tanpa cetakan! Enak, kenyalnya pas, cocok dijadiin mie goreng, mi kuah, ato dibentuk jadi adonan pangsit enak jugaa. Isi dengan daging sapi atau udang. 


Ternyata untuk bikin mie bahanya super simple ☺ . Awalnya penasaran karena liat ada Yang posting bikin mie homemade, tapi pake alat pencetak mie . kira2 dapurku bisa gak ya bikin mie tanpa alat ? jangankan pencetak mie , Rolling pin aja ndak punya 😂😂😂 . Setelah inget2... triing inget kalo punya botol sirup . Akhirnya oprek2 dapur 💪💪💪

Sayabikin 2 porsi mie, total waktu pengerjaan kira kira 1 jam 15 menit (kurang lebih yaa). 15 menit untuk nguleni adonan dan 1 jam nya untuk motong2 mie 😣😭😥 . ternyata oh ternyata disini susahnya .

Jadii . ini kurang recommended buat ibu2 Yang super sibuk , karena waktu pengerjaanya cukup lama dan mesti sabaar . tapi kalo punya alatnya gak masalah .

Karena waktu pengerjaanya lama , jadi silahkan dicoba untuk Yang pengen iseng atau mungkin krn kesulitan nyari mie basah , resep ini bisa jadi alternatif .

Bahan Yang Sayatulis diresep ini untuk menghasilkan 2 porsi mie , kalo pengen porsi lebih silahkan tambah tepungnya . ( perbandingan air dan tepung menyesuaikan yaa sampe adonan kalis , tdk terlalu lembek dan tdk terlalu keras).

#tidak ada penambahan penyedap

Selamat mencoba 💪💪💪

Bahan-bahan

8 sendok tepung protein tinggi (Saya pake tepung cakra)
50 ml air putih (Saya siapkan air 1/3 gelas kecil)
1 butir kuning telur (bisa diskip atau ganti minyak goreng)
1/2 sdt garam
secukupnya tepung kanji / aci untuk taburan

Langkah pembuatan

Kocok kuning telur dan masukkan air. kocok sampai telur tercampur

Siapkan tepung dalam mangkok. masukkan air Yang sudah bercampur kuning telur bertahap. setiap kali tuang sambil diaduk, dst. (air nya sesuaikan dgn hasil adonan ya, klo kurang bisa tambah, klo Saya 50 ml itu malah kelebihan dikit)

Uleni sampai kalis. tekan2, tepok2 dan remas adonan. Saya uleni sampai adonan tidak kaku dan tidak terlalu lembek. (lihat gambar)

Diamkan adonan dalam wadah tertutup. bisa ditutup lap makan atau ditutup plastik wrap. Saya pake wrap. diamkan minimal 1 jam (lebih lama adonan lebih empuk, tapi jangan terlalu lama, max. setengah hari diluar kulkas). Yang difoto itu setelah Saya diamkan kurang lebih 2 jam.
Bagi adonan menjadi 2 bagian.
Bulatkan adonan dan tipiskan dengan menggunakan botol sirup. sebelum nya taburkan aci pada tempat penggilasan dan taburkan aci diatas adonan spy tdk lengket. tebal adonan dikira2 saja (saat di rebus mie sedikit melar jadi jangan terlalu tebal)

Setelah adonan tipis, potong2. kl Saya mencoba 2 teknik potong. (1). Gulung adonan Yang sudah tipis, potong2. kemudian bentangkan adonan pelan2
(2) tanpa digulung, potong2 mie sesuai selera. (menurut Saya ini lebih lama pengerjaanya)

Taburi aci / tepung kanji diatas mie Yang sudah dipotong. selanjutnya bisa di simpan dikulkas atau bisa lgsung direbus (untuk rebus mie gunakan air mendidih dan sampe mie tenggelam, saat mie sudah mengapung berarti sudah matang).
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...