Loading...

Sering Gatal di Pangkal Paha? Jangan Dibiarkan Merajalela. Inilah Cara Sederhana Mengatasi-Nya..!!

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Apakah Anda alami gatal di bagian selakangan atau pangkal paha yang umum di sebabkan oleh alergi, maupun karena jamur yang muncul karena kurangnya melindungi kebersihan badan dan baju.


Dan pada keadaan yang telah lumayan parah akan menyebabkan sisa luka garukan berwarna hitam dan kulit akan menebal hingga sulit untuk di obati, sangat dianjurkan untuk segera lakukan penangnan karena bila telah menjadi gatal menahun akan semakinsulit untuk di sembuhkan. 

Tinea cruris atau yang biasa dimaksud dengan jock itch yaitu infeksi fungi atau jamur yang menjangkiti kulit dibagian paha dalam, dan bokong sebagai penyebabnya timbulnya ruam berwarna merah yang umumnya berupa lingkaran dan terasa gatal. 

Tinea cruris biasa menjangkiti orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat, seperti atlet, tetapi banyak terkena juga oleh orang-orang yang alami obesitas. Penyakit ini tidaklah penyakit yang serius, tetapi sering menyebabkan rasa gatal yang mengganggu dan membuat tak nyaman. 
Penyembuhan tinea cruris sebenarnya sangat mudah, yakni cukup dengan memoleskan salep atau obat antijamur dan menjaga sisi pangkal paha untuk tetap dalam keadaan yang kering dan bersih. 

Tanda-tanda Penyakit Gatal Selangkangan 

Biasanya diawali dengan ruang kulit memerah yang menebar keluar dari lipatan di pangkal paha berbentuk setengah bln. ke paha atas. Batas ruam bisa terbagi dalam garis kecil, mengangkat lecet. Ruam sering gatal terkadang perih, dan kulit mungkin saja bersisik atau menebal. 

Penyebab Penyait Gatal Selangkangan 

Gatal diselakangandisebabkan oleh semacam jamur yang bisa menebar dari orang ke orang atau dari pemakaian bersama handuk atau baju yang terkontaminasi. Biasanya infeksi menyebar dari kaki ke pangkal paha, karena jamur bisa menyebar lewat tangan atau handuk. 

Diluar itu, menjaga keadaan fisik tetaplah bersih dan sehat, yaitu salah satu langkah untuk mencegah munculnya gatal-gatal pada selangkangan ataupun daerah lain pada tubuh. Daya tahan tubuh yang lemah mempermudah penyakit menyerang termasuk jamur atau bakteri penyebab gatal. 

Bila memang sudah terlanjur terserang gatal memang agak sedikit susah cara penanganannya, walau tak berarti tak dapat sembuh. Di bawah ini ada cara-cara yang dapat anda coba : 

Tips Menangani Gatal Pada Selangkangan 

1. Pastikan daerah selangkangan selalu bersih dan kering

Berikan perhatian khusus pada kebersihan daerah selangkangananda. Setelah mandi, keringkan daerah selangkangan dengan menggunakan handuk. Lakukan secara lembut hingga selangkangan benar-benar kering.

Begitu juga ketika cebok sehabis buang air kecil atau buang air kecil. Setelah bersuci dengan menggunakan air dan sabun, gunakan tisu lembut untuk menyeka daerah selangkangan sampai kering benar.

2. Gunakan krim, salep atau bedak anti-jamur

Kalau sudah terlanjur menderita gatal pada selangkangan, oleskan salep atau krim yang mengandung hidrokortison pada daerah selangkangan anda, setidaknya 2 kali sehari. Yang bagus adalah setelah mandi. Krim atau anti jamur ini bisa dengan mudah anda dapatkan di apotik atau toko obat biasa tanpa resep dokter. Terapkan pola ini selama seminggu atau lebih, hingga rasa gatal hilang dari selangkangan.

3. Jangan menggaruk kulit yang gatal

Tahan keinginan anda untuk menggaruk selangkangan yang gatal. Menggaruk sembarangan akan menyebabkan iritasi kulit, bahkan bisa menyebabkan infeksi. Jika bisa, untuk meringankan rasa gatal anda bisa menyiram dengan air dingin. Selain itu, potong kuku jari tangan atau gunakan sarung tangan saat tidur, untuk mencegah anda menggaruk tanpa sadar ketika tidur.

4. Tidurlah tanpa memakai celana dalam

Tidur dengan menggunakan celana dalam dapat memperparah iritasi dan ruam di daerah selangkangan. Sebaliknya, tidur tanpa celana dalam memiliki manfaat yang tak sedikit. Yang tidak kalah penting, gunakan pakaian yang longgar untuk menghindari iritasi dan lecet. Sebab, pakaian yang ketat dan sempit membuat selangkangan menjadi panas dan lembab, sehingga jamur semakin berkembang. Ganti jua celana dalam setiap hari agar daerah selangkangan bersih. 

Cara lain untuk menangani perkembangan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda dapat juga mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda. Mandi minimum 2 kali sehari dengan memakai sabun antiseptik untuk kurangi perkembangan bakteri maupun jamur pada selangkangan. Perhatikan selama sistem penyembuhan, pakai celana dalam yang mudah menyerap keringat supaya kulit pada pangkal paha tak lembab. 

Pakai baju bersih dan selalu ganti baju dalam terutama bila pakaian itu dalam kondisi lembab oleh keringat. 

Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh supaya dapat melawan semua mikroorganisme yang bisa merusak kesehatan kulit kita. 

Jauhi makanan atau pantangan yang dapat membuat gatal-gatal pada selangkangan muncul. 
Jangan memakai celana dalam ketat atau sempit, karena hanya akan buat kulit lipatan paha anda panas dan keluarkan keringat 

Menjaga kebersihan kulit terlebih pada selangkangan dan daerah lipatan yang lain.  

Sembukan segera penyakit gatal anda, anda akan semaki percaya diri, karena semua penyakit pasti ada obatnya 

Kapan harus ke dokter? 

Bila tanda-tanda tak membaik setelah dua minggu perawatan, Anda harus kontrol lagi ke dokter. Siapa tahu ada infeksi sekunder yang membuat penyakit jadi lebih jelek hingga membutuhkan pengobatan tambahan. 

Bila diperlukan dokter akan meresepkan obat antijamur yang lebih kuat, seperti : 

Obat antijamur oral bisa mengakibatkan efek samping yg tidak menyenangkan, seperti sakit perut dan sakit kepala. Oleh karenanya, jika Anda alami efek samping ini, pastikan untuk membicarakannya dengan dokter supaya diberikan solusi yang tepat. 

Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...