Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua ! Ridho Allah Tergantung kepada Ridho Orang Tua !!

Sponsored Links
.
Ini Dia Keutamaan Berbakti pada Orang Tua serta Pahalanya 

 DALAM Islam, posisi orangtua sangat mulia. Tiap-tiap Muslim diharuskan berbakti pada ke-2 orang tuanya. Terdapat banyak keutamaan masalah berbakti pada orangtua ini, seperti di uraikan dalam hadist-hadist di bawah ini. 

Merupakan Amal Yang Paling Utama. 

Abdullah bin Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu berkata. “Aku ajukan pertanyaan pada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, ‘Amal apakah yang paling penting? ’ Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Shalat pada waktunya (dalam kisah lain dijelaskan shalat dimuka waktunya). ’ Saya ajukan pertanyaan lagi, ‘Kemudian apa? ’ Nabi menjawab : ‘Berbakti pada ke-2 orangtua. ’ Saya ajukan pertanyaan lagi : ‘Kemudian apa? ’ Nabi menjawab, ‘Jihad di jalan Allah’ 

Ridha Allah Tergantung Pada Ridha Orang Tua* 

Sesuai sama hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dijelaskan : “Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiyallaahu ‘anhuma, kalau Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ridha Allah tergantung pada keridhaan orangtua serta murka Allah tergantung pada kemurkaan orang tua” 

Berbakti Pada Orang Tua Bisa Menyingkirkan Kesusahan Yang Tengah Dialami 

Yakni, lewat cara bertawassul dengan amal shalih itu. Dalilnya yaitu hadits kisah dari Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhuma tentang cerita tiga orang yang terjerat dalam gua, serta salah seseorangnya bertawassul dengan bakti pada ibu bapaknya.  

Bakal Diluaskan Rizki Serta Dipanjangkan Usia. 

Sesuai sama sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam “Barangsiapa yang mau diluaskan rizkinya serta di-panjangkan umurnya, jadi sebaiknya ia menyam-bung silaturrahimnya. ” 

Dalam bersilahturahmi, yang perlu diprioritaskan yaitu bersilahturahmi pada orangtua sebelumnya pada yang lain. Banyak diantara saudara-saudara kita yang kerap bertandang pada beberapa rekannya, namun pada orang tuanya sendiri tidak sering, bahkan juga tak pernah. Walau sebenarnya saat masih tetap kecil, dia senantiasa berbarengan orang tuanya. Sesulit apapun mesti tetaplah diupayakan untuk bersilaturahmi pada ke-2 orangtua, lantaran dekat pada keduanya insya Allah bakal dimudahkan rizki serta dipanjangkan umurnya. 

Bakal Dimasukkan Ke Surga Oleh Allah ‘Azza wa Jalla. 

Berbuat baik pada orangtua serta patuh pada keduanya dalam kebaikan adalah jalan menuju Surga. Sedang durhaka pada orangtua bakal menyebabkan seseorang anak tak masuk Surga. Serta diantara dosa-dosa yang Allah ‘Azza wa Jalla segerakan adzabnya didunia yaitu berbuat zhalim serta durhaka pada orangtua. 

•Dengan demikian, bila seseorang anak berbuat baik pada orang tuanya, Allah bakal meng-hindarkannya dari beragam petaka, dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla serta bakal dimasukkan ke surga
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive