Loading...

HINDARI 5 Kebiasaan Minum Yang SALAH ini!! Nomor 3 Paling Sering Dilakukan Lho, Perbaiki Yuk Cara Minumnya, Begini Caranya !

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Kebiasan Minum Yang Tidak Baik - Setiap hari tentu Anda minum air putih. Tujuannya pun Anda tahu yaitu untuk menghindari dehidrasi dan memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Namun, apakah caranya sudah benar? Belum tentu. Mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan tidak sesederhana itu. Ada beberapa kesalahan yang dilakukan banyak orang dalam rangka mencukupi kebutuhannya akan cairan. Inilah kesalahan-kesalahan itu, plus cara memperbaikinya.
Kebiasan Minum Yang Tidak Baik
Kebiasan Minum Yang Tidak Baik
1. Memaksa diri minum delapan gelas perhari

Anda mungkin sering mendapatkan saran untuk minum air putih sebanyak-banyaknya, yaitu delapan gelas setiap hari. Sekarang saatnya mengubah kebiasaan lama itu. Menurut Institute of Medicine di Amerika Serikat, rata-rata kebutuhan normal tubuh orang dewasa adalah 11,4 cangkir perhari. Angka ini bisa berubah tergantung ukuran tubuh, kegiatan harian, dan jenis makanan Anda. Orang yang rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air tidak perlu minum sebanyak mereka yang hobi makanan kering. Karena kebutuhan airnya akan tercukupi oleh makanan-makanan yang mereka konsumsi. Tidak disarankan juga untuk minum air putih banyak sekaligus, melainkan dicicil sedikit demi sedikit.

2. Minum saat olahraga bukan sebelumnya

Ya! Meski Anda sudah meneguk air putih beberapa kali sepanjang sesi latihan, terkadang Anda tetap merasa kurang cairan dan pusing. Ini terjadi karena sebelum olahraga tubuh Anda tidak cukup cairan. Maka itu, minumlah setidaknya empat gelas air sebelum mulai berolahraga. Setelah olahraga Anda juga disarankan untuk minum untuk menggantikan air yang keluar dalam bentuk keringat selama sesi latihan.

3. Hanya minum saat haus

Tentu Anda harus minum ketika tenggorokan terasa kering, misalnya sesudah berolahraga atau saat udara sedang panas. Tapi, meski Anda sedang menonton TV dan tidak haus, organ tubuh tetap perlu diairi. Demikian kata Keri Gans. Minum hanya ketika tubuh ekstrim dehidrasi dapat menyebabkan gagal ginjal dan infeksi saluran kemih.

4. Tidur tanpa minum

Keri Gans menganjurkan semua orang untuk minum segelas air sebelum dan saat bangun tidur. Itu sebabnya, selalu sedia dua gelas air minum. Satu untuk sebelum tidur dan satu lagi untuk setelah bangun tidur. Air berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat air seni yang biasanya kita keluarkan pagi hari sesaat sesudah bangun tidur.

5. Memusuhi kopi dan teh

Banyak orang percaya kafein di dalam teh dan kopi bisa membuat tubuh dehidrasi. Itu mitos! Lisa Cashman, RD, pakar diet dari New York mengatakan, "Kafein memang bersifat diuretik sehingga bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Tapi di dalam minuman kopi dan teh juga ada air yang membantu hidrasi tubuh. Minum kopi dan teh masih lebih baik dibanding tidak minum apapun sama sekali. Batasi konsumsinya tidak lebih dari dua cangkir perhari."

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...