AJAIB !! Setiap Kalian Mengolah Singkong Pasti Kulitnya Sering Kalian Buang Begitu Saja, Tanpa Kalian Sadari Ternyata Kulit Singkong Menyimpan Banyak Manfaat. Diantaranya Sebagai Bio Energi, Olahan Makanan, DLL. Yuk Sebarluaskan Artikel Bermanfaat Ini Kepada Yang Lain

Sponsored Links
.

AJAIB !! Setiap Kalian Mengolah Singkong Pasti Kulitnya Sering Kalian Buang Begitu Saja, Tanpa Kalian Sadari Ternyata Kulit Singkong Menyimpan Banyak Manfaat. Diantaranya Sebagai Bio Energi, Olahan Makanan, DLL. Yuk Sebarluaskan Artikel Bermanfaat Ini Kepada Yang Lain

 Untuk masyarakat Indonesia, tidak ada yang tidak mengetahui singkong atau ketela pohon. Bagian-bagian tanaman singkong bisa digunakan juga sebagai bahan makanan. Umbi serta daun singkong, adalah bahan makanan yang lazim dikonsumsi juga sebagai sumber utama karbohidrat serta juga sebagai pelengkap atau sayuran. Tetapi, ada satu bagian lagi yang masih dapat dimanfaatkan dari tanaman ini. Bagian yang sampai kini dikira tidak penting bahkan juga selalu dibuang adalah bagian kulit umbi singkong. Aneh memang, tetapi sebenarnya kulit singkong memiliki kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh serta tentu aman bila dikonsumsi. Nutrisi paling utama yang banyak terkandung dalam kulit singkong adalah karbohidrat.

Memang mengkonsumsi kulit singkong belum bisa diaplikasikan dengan cara maksimal serta sampai kini kulit singkong cuma dibuang begitu saja serta digolongkan juga sebagai sampah organic lantaran bisa membusuk serta hancur dengan sendirinya.

Bila kita mencermati lebih jauh, ada banyak manfaat lain yang dapat didapat dari pemanfaatan kulit singkong, diantaranya :

1. Juga sebagai pupuk organik


Umumnya, kulit singkong cuma dilewatkan membusuk begitu saja. Walau sebenarnya, bila dimanfaatkan, kulit singkong ini bisa dijadikan juga sebagai kompos atau pupuk organik. Pupuk yang ramah lingkungan serta jadi satu diantara nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan suatu tumbuhan serta dapat jadi pembasmi hama pada tumbuhan.

2. Pakan Ternak


Manfaat kulit singkong di sisi lain bisa dijadikan juga sebagai pakan hewan. Kandungan karbohidrat yang tinggi bisa mempermudah petani menghasilkan hewan ternak yang gemuk.

3. Bio energi


Kulit singkong selain bisa dipakai juga sebagai kompos serta pakan ternak, ternyata dapat juga di proses serta dimanfaatkan juga sebagai sumber energi yang bisa menggantikan bahan bakar dari minyak yang sampai kini dipakai oleh masyarakat. Teknologi yang diterapkan untuk membuahkan bioethanol yaitu lewat proses bernama hidrolisa asan serta enzimatis. Satu diantara pemanfaatan limbah kulit singkong ini sekaligus jadi satu diantara program yang mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah berkaitan dengan penyediaan bahan bakar nabati juga sebagai alternatif pngganti bahan bakar minyak seperti bensin.

4. Olahan makanan


Yang paling mengagumkan dari pemanfaatan limbah kulit singkong yang bernilai jual sangatlah tinggi serta bisa dengan cara langsung dikonsumsi oleh manusia adalah kulit singkong di proses juga sebagai makanan. Biasanya, kulit singkong di proses jadi keripik. Tetapi, ada suatu daerah yang ada di provinsi Jawa Barat yang malah dengan sukses merubah kulit singkong jadi dendeng. Dendeng yang biasanya terbuat dari daging, saat ini memakai bahan kulit singkong.

Ide pembuatan dendeng berbahan kulit singkong muncul dari keprihatinan warga yang melihat limbah kulit singkong yang terbuang serta cuma jadi bahan makan ternak. Dengan proses yang sedemikian ulet serta panjang, pada akhirnya mereka dapat menghasilkan dendeng yang berasal dari kulit singkong. Berkenaan dengan rasa, tentu tidak jauh berbeda dengan dendeng yang datang dari daging. Sebaiknya, dendeng kulit singkong sudah bisa di terima dengan baik oleh masyarakat serta jadi satu diantara oleh-oleh yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut .
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive