Bagi Yang Sering Ataupun Pecandu Minum Kopi, Ini Dia BAHAYA DAN MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN

Sponsored Links
.

Kopi termasuk minuman yang disukai oleh pria serta wanita. Minuman konon yang dapat mengurangi rasa kantuk ini begitu umum di orang-orang Indonesia. Bahkan juga, gerai-gerai kopi telah menjamur di beberapa pojok kota, sampai di mall.

Didalam kopi terdapat cafein, yang disebut senyawa kimia alkaloid yang di kenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan cafein dalam kopi yaitu 1-1, 5%, sedang pada teh 1-4, 8%. Cafein bekerja pada badan dengan menggantikan reseptor adenosin dalam sel syaraf yang bakal meningkatkan produksi hormon adrenalin.

Faedah Kopi
Dalam dunia kedokteran, cafein kerap dipakai sebagai perangsang kerja jantung serta meningkatkan produksi ur1n. Dalam dosis yang rendah cafein bisa berperan sebagai bahan pembangkit stamina serta penghilang rasa sakit.

Mekanisme kerja cafein dalam tubuh yaitu menyaingi peranan adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak dapat membuat orang cepat tertidur). 

Di mana cafein itu tak memperlambat gerak beberapa sel badan, tetapi cafein bakal membalikkan semuanya kerja adenosin hingga badan tak akan mengantuk, namun nampak perasaan fresh, sedikit senang, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, desakan darah naik, otot-otot berkontraksi serta hati dapat melepas gula ke aliran darah yang dapat membuat daya ekstra.
Itulah sebabnya beragam type minuman pembangkit stamina biasanya mengandung cafein sebagai bahan intinya.

Bahaya Kopi 
Tidak hanya faedahnya untuk kesehatan nyatanya kopi juga mempunyai kerugian. Salah nya ialah dampak ketergantungan.
Minum kopi nyatanya bisa meningkatkan kemungkinan terserang stroke. Suatu riset yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry th. 2002 menyimpulkan kalau minum lebih dari 5 gelas kopi /hari bakal meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Cafein dapat juga mengakibatkan insomnia, gampang gugup, sakit kepala, merasa tegang serta cepat emosi. 

Pada wanita hamil juga dianjurkan tak konsumsi kopi serta makanan yang memiliki kandungan cafein. Hal semacam ini lantaran cafein bisa meningkatkan denyut jantung. Pada janin bisa menyerang plasenta serta masuk dalam aliran darah janin. Efek terburuknya, dapat mengakibatkan keguguran.

10 Fakta Mengenai Kopi 
Berikut ada 10 fakta mengenai minuman kopi

1. Cafein dapat membunuhmu 
Terlebih bila anda begitu maniak kopi, yaitu menenggak kopi 80-100 cangkir satu hari. Jadi jangan beberapa coba ya.

2. Kopi bisa pula baik buatmu 
Studi menunjukkan kalau kita dapat memperoleh anti-oksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi satu hari, telah berguna. Bila tidak gemar kopi, dapat coba teh hitam.

3. cafein dapat meningkatkan gairah seks perempuan 
Ini baru dapat dibuktikan pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi bisa meningkatkan pengalaman s3ksual tetapi cuma pada mereka yg tidak maniak kopi.

4. Cafein dapat kurangi rasa sakit 
Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, dapat meredakan rasa sakit di otot sesudah olah raga, sekian menurut satu studi kecil. Namun lagi-lagi ini cuma berlaku untuk mereka yang bukanlah pecandu kopi.

5. Cafein dapat buat kita begadang 
Buat yang menginginkan melek semalaman bakal terbantu dengan kopi. Yg tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum saat jam tidur supaya tdk terganggu jam istirahatnya.

6. Kopi yang dekafein pun mengandung kafein 
Meskipun istilahnya dekafein, dengan kata lain bebas cafein, tetap saja kopi itu mengandung cafein. Bila kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama juga dengan minum satu-dua cangkir kopi cafein.

7. kopi dekafein memakai bahan kimia 
Untuk kurangi kandungan cafein pada kopi dekafein, digunakan bahan kimia bernama methylene chloride.

8. Cafein itu bukanlah bagian yang berasa pahit 
Beberapa orang menduga, semakin pahit rasa kopi, semakin banyak kandungan kafeinnya. Tidak, sebab cafein tidaklah komponen yang rasa-rasanya pahit.

9. Kopi yang bagus bergantung pada pembakaran serta peracikannya 
Bila menginginkan kopi bercitarasa nikmat, jadi yang paling memastikan yaitu sistem pembakaran serta racikannya. Sepanjang pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi bakal keluar. Semakin banyak minyak ini keluar, semakin kuat rasa kopinya. Timbulnya kandungan cafein bergantung pada lamanya air ada dibagian basic. Pembakaran yang semakin lama juga membuahkan cafein semakin banyak.

10. Kopi ditemukan oleh kambing 
Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terbangun semalaman sesudah makan biji kopi merah. Sang penggembala mengecek mengapa itu berlangsung serta temukan kalau pemicunya yaitu kopi. Mulai sejak itu manusia mulai ikut-ikutan minum kopi.

Silahkan Share Jika Bermanfaat Bagi Anda, Terimakasih
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive