Loading...

Jangan Pernah Kalian Mengabaikan Tanaman Hias Yang Satu Ini. Tanpa Kalian Ketahui, Kembang Tabuh Delapan, Bermanfaat Untuk Mengobati Hepatitis, Sakit Tenggorokan dan Sakit Kepala Dan Dibawah Ini Cara Pengolahannya

Sponsored Links
Loading...
Loading...

Jangan Pernah Kalian Mengabaikan Tanaman Hias Yang Satu Ini. Tanpa Kalian Ketahui, Kembang Tabuh Delapan, Bermanfaat Untuk Mengobati Hepatitis, Sakit Tenggorokan dan Sakit Kepala Dan Dibawah Ini Cara Pengolahannya

 Tanaman Portulaka (Bunga Tabuh Delapan) yaitu tanaman bunga dikotil. Tanaman bunga ini sebenarnya lebih familiar juga sebagai tanaman hias yang gampang sekali tumbuh. Tanaman portulaka ini kerap kita temui di sepanjang jalan, halaman rumah serta ladang. Tanaman portulaka ini datang dari daerah amerika latin.

Tanaman Tabuh Delapan mempunyai nama latin Portulaca Grandiflora Hook. Sedang dalam bahasa inggris tanaman portulaka ini mempunyai nama Rose moss. Tanaman ini adalah kerabat dekat tanaman krokot. Tanaman portulaka ini mempunyai ciri-ciri pada bunganya yang berwarna merah dengan daun yang lancip. Fungsi serta kegunaan tanaman tabuh delapan untuk beberapa orang dipakai juga sebagai tanaman hias.

Klasifikasi Kembang Tabuh Delapan


Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo : Caryophyllales
Famili : Portulacaceae
Genus : Portulaca
Spesies : Portulaca grandiflora Hook

Nama Daerah Portulaka
Indonesia : Sutera Bombay, Portulaka, Kembang Tabuh Delapan, bunga pegawai tinggi, apulaka, cantik manis

Tanaman portulaka adalah tanaman terma semusim yang berbatang basah. Tanaman portulaka ini tumbuh merayap atau terlentang di tanah tetapi juga kandang tumbuh ke atas dengan ukuran panjang tanaman 15-30 cm. Tanaman portulaka ini bercabang dari pangkal batangnya. Pada ruas batangnya berstruktur rambut halus. Batang tanaman portulaka berwarna merah atau hijau. Tanaman portulaka berdaun tunggal dengan letak yang menyebar, daunnya tidak bertangkai, di ujung batang daunnya berjejer rapat, kebagian pangkal batang bawah lebih jarang.

Helaian daun tanaman portulaka ini tebal berdaging serta berair. Bentuk daun tanaman portulaka lancip seperti jarum bulat silindris dengan panjang 1- 3, 5 cm berwana hijau. Bunga tanaman portulaka berkelompok 2- 8 di ujung batang. Bunga tanaman portulaka mekar pada pukul 8 pagi lalu layu menjelang sore dengan warna merah. Buah tanaman portulaka berupa bulat telur dengan permukaan memiliki rambut dengan ukuran 5-8 mm.

Biji tanaman portulaka berupa bulat serta jumlahnya yang banyak dengan ukuran biji yang kecil berwarna coklat muda. Tanaman portulak berkembang biak dengan cara stek batang serta biji. Tanaman portulaka habitatnya pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 1. 400 m dpl. Tanaman portulaka hidup pada daerah cahaya matahari yang penuh dengan intensitas hujan yang sedang.

Tanaman portulaka memiliki kandungan zat portulal. Batang serta bunga portulaka memiliki kandungan betacyanin, beranin, serta betanidin.
Bagian Portulaka Yang Digunakan
Semua bagian tanaman portulaka dipakai dalam penyembuhan herbal

Manfaat serta Khasiat Kembang Tabuh Delapan Untuk Kesehatan


Tanaman portulaka bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit radang hati (hepatitis).
Juga sebagai obat penyakit sakit tenggorokan, sakit kepala.
Obat pembasmi nyeri (analgesik).
Tanaman portulaka untuk obat penyakit bengkak akibat terbentur (memar).

Langkah bikin Ramuan Obat Bunga Portulaka

Bagian tanaman yang dipakai juga sebagai obat yaitu semua herba berbentuk segar.

Herba dipakai untuk menangani : sakit tenggorok, sakit kepala, radang hati (hepatitis), serta bengkak gara-gara terbentur (memar).

Cara Pakai :

Penggunaan obat dalam : Rebus semua herba (15--30 g) serta minum sesudah dingin. Dapat pula herba segar dijus, lantas minum.

Untuk penggunaan luar, bersihkan herba segar seperlunya, lantas giling hingga halus. Tempelkan di bagian yang sakit, seperti gigitan serangga, bisul, koreng, atau memar, lantas balut. Air perasan gilingan herba segar dapat juga dipakai untuk membersihkan serta mengompres ekzema, luka bakar, atau tersiram air panas.

Contoh Penggunaan Portulaka Juga sebagai Obat Herbal Untuk Menyembuhkan :


Sakit tenggorokan

Bersihkan herba portulaka segar, lantas giling hingga halus serta peras hingga airnya terkumpul satu cangkir. Imbuhkan sedikit boraks, lantas pakai untuk kumurkumur.

Sakit kepala

Bersihkan semua bagian portulaka segar, kecuali akar (30 g). Imbuhkan dua gelas air, lantas rebus hingga mendidih selama 15 menit. Sesudah dingin, saring serta minum sekaligus. Bila sakit berulang, kerjakan 2--3 kali dalam satu hari.

Hepatitis

Bersihkan herba portulaka segar (30 g), lantas giling hingga halus. Peras dengan sepotong kain, lantas minum air yang terkumpul sekaligus. Kerjakan 2--3 kali satu hari hingga sembuh.

Ekzema pada bayi

Bersihkan herba segar seperlunya, lantas giling hingga halus. Pakai air perasannya untuk mengompres ekzema.

Bisul, koreng

Cuci tangkai segar hingga bersih, lantas giling halus. Tambahkan ke tempat yang sakit, lantas balut. Ganti 2--3 kali dalam satu hari.

Peringatan

Ibu hamil dilarang minum rebusan herba ini.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...