Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Hijau Dan Merah Bagi Tubuh

Sponsored Links
.

Siapa yang tidak kenal dengan daun sirih? Sejak dari dahulu nenek-nenek kita orang indonesia begitu berkaitan dengan budaya “nyirih”-nya. Sirih sendiri mempunyai banyak type. Ada sirih merah, hijau, serta hitam. Masing-masing dengan faedah tidak sama. Mirip tetapi tidak sama. Sirih sendiri telah dari lama diakui oleh beberapa leluhur kita untuk jadikan penyembuhan alternatif yang dapat untuk semua type penyakit. Ini jugalah yang membuat budaya “nyirih” tersebut untuk menguatkan gigi serta gusi yang nyatanya sukses.

Langkahnya yaitu dengan mencampurkan daun sirih, kapur sirih, kapulaga, pinang, serta gambir. Lalu, semua digulung pada daun sirih serta dikunyah atau digosok-gosokkan di gigi sampai warna gigi berubah. Kemudian, kumur dengan air serta dibuang. Akhirnya yaitu gigi serta gusi yang selalu bagus keadaannya. Walau sebenarnya saat jaman dulu belum ada peralatan moderen seperti saat ini.

Ketidaksamaan mendasar dari sirih-sirih yang populer sebagai tanaman rambat itu yaitu warna daun yang dipunyai. Sirih merah mempunyai warna daun yang kemerahan. Sementara sirih hijau mempunyai warna daun yang hijau fresh. Sementara sirih hitam mempunyai warna daun yang kehitaman. Diantara ketiga type sirih itu, ada dua yang paling popular. Ke-2 yang popular itu yaitu faedah daun sirih hijau serta merah. Pada artikel ini bakal dibicarakan dua type sirih saja : sirih hijau dan sirih merah.

- Manfaat Serta Faedah Daun Sirih Hijau 

Daun sirih hijau mempunyai warna hijau muda jelas. Sirih hijau populer dengan nama latin Piper betle, Linn.. Sirih hijau termasuk juga dalam keluarga Piperaceae. Sirih hijau biasa merambat pada tanaman lain. Walau demikian, sirih hijau dapat juga merambat di tanah. Sirih hijau kaya kandungan minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Kandungan minyak atsiri pada sirih hijau ini dan juga berapa di antaranya jadikan sirih hijau sebagai satu diantara antijamur yang baik.

Sirih hijau mempunyai faedah seperti berikut : 

1. Menyembuhkan keputihan – bentuk menyembuhkan keputihan ini berlangsung karena sirih hijau mempunyai antijamur yang dapat membunuh kuman jahat pada daerah kewanitaan.
2. Menyembuhkan sakit gigi
3. Menyembuhkan gusi bengkak
4. Obat semprot hama
5. Menyembuhkan sariawan
6. Menyingkirkan bau mulut tak sedap
7. Menyembuhkan demam berdarah
8. Membuat lancar haid
9. Menyingkirkan bau tubuh
10. Menyembuhkan eksim serta penyakit kulit
11. Hentikan mimisan
12. Membersihkan mata
13. Menyembuhkan diare
14. Mengobati asma
15. Menyembuhkan radang tenggorokan
16. Menyembuhkan luka bakar
17. Mengusir serangga
18. Memperlambat penuaan lantaran kandungan antioksidan
19. Menangani sembelit
20. Kurangi peradangan
21. Menangani permasalahan penafasan
22. Menyembuhkan batuk
23. Menyembuhkan sakit punggung
24. Menyingkirkan jerawat serta sisa luka


- Faedah Daun Sirih Merah 

Sirih merah umum didapati di rimba yang tidaklah terlalu rapat ekosistemnya. Sirih merah kaya kandungan minyak terbang (betiephenol), atsiri, seskuiterpen, pati, hidroksikavikol, kavibetol, allylprokatekol, tanin, diastase, gula serta zat samak dan kavikol yang mempunyai daya mematikan kuman, aktioksidasi serta fungisida, anti jamur.
Sirih merah mempunyai faedah seperti berikut :


    Sirih merah memiliki manfaat sebagai berikut:
    1. Menanggulangi keputihan
    2. Menyembuhkan diabetes
    3. Menyingkirkan bau tubuh
    4. Menyingkirkan bau mulut

    Besar kemungkinan, ada banyak yang belum di ketahui tentang sirih merah yang daunnya berwujud hati dibagian puncaknya ini. Hal semacam ini karena masih begitu jarangnya riset oleh beberapa pakar yang memakai sirih merah sebagai objek. Tidak sama dengan manfaat serta faedah daun sirih hijau sudah terjabar dengan rapi serta di ketahui secara umum.

    Langkah Memakai Daun Sirih 

    Ke-2 varietas ini mempunyai faedah yang hampir sama. Pengolahan yang diperlukan untuk keduanya juga sama. Tinggal kerjakan tehnik rebusan saja untuk dipakai sebagai obat dalam. Tehnik rebusan yang dikerjakan yaitu dengan memasukkan sebagian lembar daun sirih kedalam sebagian gelas air sampai jumlah air yang di rebus susut. Kemudian, air rebusan yang sudah susut itu diminum. Sesaat untuk obat luar, tehnik yang dipakai yaitu dengan mengoleskan sirih ke bebrapa sisi luar yang sakit. Baik lewat cara sesudah dilumat atau mungkin dengan langkah cuma ditempatkan saja.

    Pemaparan diatas pasti buka wacana baru untuk kita mengenai peluang obat herbal yang bagus didalam faedah daun sirih merah serta hijau. Kita tinggal melestarikannya saja. Terlebih daun sirih populer telah merambat dengan bebas di mana-mana. Saat yang diperlukan juga untuk mempersiapkan semua kepentingan pemakaian daun sirih ini sendiri juga termasuk singkat serta tak mengonsumsi waktu banyak.

    Manfaat daun sirih hijau serta merah hari ini sudah berkembang jadi satu diantara obat alternatif serta herbal yang di proses komersil berbentuk botolan. Namun tetap saja, daun sirih yang sudah di proses itu mempunyai sebagian kekurangan. Kekurangan tersebut di antaranya yaitu kalau daun sirih yang di proses termasuk mahal serta masihlah bercampur dengan bahan kimia yang lain. Alhasil, ekstrak sirih yang dimiliki dalam tiap-tiap botolnya termasuk sedikit.

    Walau sekian, pemakaian sirih berbentuk botolan termasuk tambah baik dibanding memakai bahan kimiawi. Jadi, pastikan kita memakai sirih secara teratur berbentuk apa pun.

    Jika Info Ini Bermanfaat Bagi Anda Silahkan Share Untuk Yang Lainnya, Terimakasih
    Sponsored Links
    loading...
    SHARE
    Sponsored Links

    admin

    admin.

    • Image
    • Image
    • Image
    • Image
    • Image
    Loading...
      Blogger Comment
      Facebook Comment

    Blog Archive